HomeMobilSimak 11 Mobil Keluarga Terbaik di Indonesia

Simak 11 Mobil Keluarga Terbaik di Indonesia

mobil keluarga terbaik di Indonesia
Mitsubishi Kuda. Foto/Wikipedia.

Jakarta – Mobil keluarga terbaik di Indonesia memang sulit ditentukan. Karena untuk menentukan hal tersebut terdapat banyak faktor yang menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah kenyamanan.

Untuk mobil keluarga terbaik yang ada di Indonesia, kenyamanan hal utama. Bukan mobil keluarga namanya jika tak mengutamakan kenyamanan penumpangnya.

Karena judulnya saja mobil keluarga terbaik, otomatis penumpang harus merasa nyaman saat di dalam kabin. Namun uniknya konsumen Tanah Air, memilih mobil keluarga paling utama adalah bisa memuat penumpang banyak.

Hingga akhirnya masalah kenyamanan biasanya sebagai urutan nomer dua dan setelah itu keiritan konsumsi BBM menjadi urutan ketiga untuk dipertimbangkan.

Namun disisi lain, mobil keluarga yang boleh menerima predikat terbaik ini biasanya harus mengandung kedua unsur tersebut. Tapi, masih banyak juga yang bingung untuk membeli mobil keluarga apa yang kira-kira oke.

Karena tidak semua mobil keluarga punya kedua aspek yang disebutkan di atas. Kira-kira, mobil keluarga terbaik apa saja ya yang ada di Indonesia? Simak terus artikel berikut ini.

Suzuki Ertiga

Mobil yang menurut kami layak dijadikan mobil keluarga terbaik yang ada di Indonesia adalah Suzuki Ertiga. Mobil ini punya kenyamanan yang luar biasa. Paduan suspensi depan dan belakang terasa sangat nyaman.

mobil keluarga terbaik di Indonesia
All New Suzuki Ertiga mendapatkan pembaruan. Foto/dok. Suzuki

Bahkan, Suzuki Ertiga generasi terbaru juga dibekali mesin yang sangat irit. Tak heran kalau Suzuki Ertiga ini layak disebut sebagai salah satu mobil keluarga terbaik yang ada di Indonesia. Dua aspek di atas ada di mobil ini.

Nissan Livina

Mobil lain yang cocok dijadikan mobil keluarga terbaik adalah Nissan Livina. Nissan Livina ini merupakan mobil yang punya basis serupa Mitsubishi Xpander. Tapi soal kenyamanan, Nissan Livina bisa dibilang lebih nyaman dipakai dibanding Xpander.

mobil keluarga terbaik di Indonesia
Menguji kelincahan Nissan Livina. Foto/dok. Nissan.

Kabin dari mobil ini juga termasuk salah satu yang lega. Dibanding dengan Toyota Avanza, Nissan Livina punya dimensi lebih panjang dan lebar. Sehingga kabinnya lebih lega dan luas.

Wuling Cortez

Bermain di segmen medium MPV, Wuling Cortez menawarkan kenyamanan yang cukup baik. Terutama saat duduk di baris kedua. Posisi duduk yang ditawarkan sangat memanjakan penumpang.

mobil keluarga terbaik di Indonesia
Wuling Cortez CT Type S. Foto/Wuling Motors.

Kapasitas mesin Wuling Cortez awalnya mempunyai dua varian mesin yaitu 1.800 cc 1.5 liter turbo. Sayangnya untuk kapasitas Wuling Cortez 1.8 liter Wuling Indonesia memutuskan untuk menyudahi penjualan.

Saat ini Wuling Motors Indonesia hanya fokus meniagakan varian 1.5 liter turbo, karena dianggap menjadi mesin yang paling baik. Selain itu, dengan perpaduan transmisi CVT, menjadikan mobil ini lebih menjadi pilihan konsumen di Indonesia.

Honda Mobilio

Mobil keluarga satu ini juga jadi salah satu rekomendasi bagi pengguna mobil keluarga. Salah satu yang utama dari Mobilio adalah kelegaan kabin yang cukup baik. Ruang kaki dan kepala penumpang baris kedua lumayan oke.

mobil keluarga terbaik di Indonesia
Honda Mobillio dipercaya sebagai armada taksi konvensional. Foto/Carmudi.

Selain itu, desain dari Honda Mobilio juga terlihat lebih sporty. Tapi, untuk kenyamanan suspensi lebih baik tidak membeli tipe RS yang tertinggi. Karena tipe RS di set punya karakter suspensi lebih keras untuk rasa sport. Namun ini hanya berdasarkan asumsi, tergantung calon konsumen yang merasakannya.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Salah satu mobil keluarga terbaik yang ada di Tanah Air nggak boleh lupa menyebut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Kedua mobil ini bisa dibilang jadi Indonesian Finest, salah satu yang terbaik nih.

Soal kapasitas, performa, ruang kabin, harga spare part sampai harga jual tak ada yang bisa menandingi mobil ini. Tapi, jangan berharap punya nilai eksklusifitas kalau naik mobil ini. Karena banyak banget yang punya.

mobil keluarga terbaik di Indonesia
Toyota Avanza dan Veloz (Foto: Toyota)

Walaupun mobil keluarga lain jumlahnya juga banyak, tapi tidak sebanyak populasi kedua mobil ini . Hingga ada sebuah gurauan kalau sangat susah untuk menyalip Avanza dan Xenia. Karena di depan selalu ada terus, saking banyak populasinya.

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Bagi mereka dengan bajet terbatas, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra jadi salah satu rekomendasi paling masuk akal. Calya dan Sigra memang masuk ke kategori mobil keluarga dalam skema low cost green car (LCGC).

Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.

Bodinya kompak, mesin kecil, dan konsumsi bahan bakarnya irit. Ketiga hal tersebut merupakan salah satu nikmat yang ditawarkan oleh Toyota dan Daihatsu kepada konsumen Tanah Air. Mau mobil keluarga yang kecil?

Wuling Confero

Salah satu mobil keluarga yang layak masuk kategori terbaik adalah Wuling Confero. Mobil asal China yang punya pabrik di Karawang ini punya kabin lega.

Wuling menyediakan total hadiah berupa 9 unit mobil, yang terdiri dari 3 Almaz , 3 Cortez CT, dan 3 Confero S ACT (Foto: Wuling Motors)

Sayangnya, Wuling Confero ini tidak dijual dengan transmisi otomatis. Semua Wuling Confero yang dijual hanya ditawarkan dengan transmisi manual. Dari segi harga, lumayan oke juga sih Confero ini.

Toyota Kijang Innova

Bagi mereka dengan bajet lebih besar, bisa pilih Toyota Kijang Innova. Kenyamanan yang ditawarkan oleh Kijang Innova ini jadi salah satu yang terbaik.

Toyota Kijang Innova

Tapi, konsumsi bbmnya bisa dibilang lebih boros dari semua LMPV yang ada di atas. Karena kapasitas mesinnya paling besar. Tapi menariknya mobil ini dijual dengan pilihan mesin bensin dan Diesel.

Mitsubishi Xpander

Kontestan lain yang wajib masuk dalam daftar mobil keluarga terbaik adalah Mitsubishi Xpander. LMPV ini termasuk ke dalam mobil yang punya desain segar. Desainnya berbeda dari LMPV di atas.

Interiornya pun bisa dibilang cukup mewah, sehingga kenyamanan kabin juga tak perlu diragukan lagi. Bicara soal fitur dan spesifikasi, Mitsubishi Xpander juga dibekali dengan spesifikasi oke dan beragam fitur canggih didalamnya.

Mitsubishi Xpander Cross sangat direkomendasi sebagai kendaraan untuk perjalanan jauh dan medan jalan dinamis. (Foto: Carmudi/Rizen)

Nah, beberapa mobil di atas merupakan  daftar mobil keluarga terbaik yang ada di Indonesia menurut redaksi. Dari semua mobil di atas, mana yang jadi kesukaan kamu? Sampaikan alasannya di kolom komentar!

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
SUV Underrated, Nissan X-Trail 2020 Ternyata Banyak Fitur Ajaib
Spesifikasi Toyota Urban Cruiser mirip Suzuki Vitara Brezza
Next post
Spesifikasi Singkat dan Harga Toyota Urban Cruiser Kembaran Suzuki Vitara Brezza