Berita Modifikasi Sepeda motor

Soal Motor Custom, Ini Kata Menperin Airlangga

motor custom

Motor Chopperland Jokowi (Foto: Istimewa)

Jakarta – Selera orang terhadap sepeda motor memang berbeda-beda. Namun bagi pemilik kendaraan yang mempunyai dana lebih biasanya mereka memilih untuk melakukan custom. Tujuannya supaya sepeda motor miliknya terlihat beda dari yang lain. Selain itu juga untuk menyalurkan hobi. Meng-custom sepeda motor boleh saja, namun ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto sepeda motor custom itu harus dilengkapi dengan sejumlah perangkat utama yang mendukung keselamatan pengendaranya dan yang paling terpenting adalah bisa berjalan dengan baik.

“Industri sepeda motor chopper itu kan industri yang custom made. Artinya kalau custom made selama komponen yang digunakan itu adalah komponen-komponen yang memenuhi safety (keselamatan) dan juga kendaraan itu dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan, antara lain lampu sein, kaca spion dan tentunya itu (sepeda motor custom) bisa layak jalan,” kata Airlangga baru-baru ini di Jakarta.

Meski diharuskan mementingkan keamanan dan keselamatan, Airlangga mengaku tidak ada regulasi khusus untuk sepeda motor custom. Namun yang terpenting baginya, builder dan bengkel motor custom itu masuk dalam kategori industri kecil dan menengah. Oleh karena itu dirinya mendukung segala bentuk kreativitas yang dilakukan oleh anak bangsa.

“Motor custom itu kan sifatnya tailor made (membuat sendiri). Semua dibangun berbasis keamanan. Sebagai contoh, Royal Enfield itu kan motor modifikasi bukan produk standar. Nah maka daripada itu kita mendorong kreativitas dan inovasi anak-anak muda,” terang Airlangga.

Motor Chopperland Jokowi

Pekan lalu Menperin Airlangga melakukan kegiatan Jogging bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut Jokowi memperlihatkan motor custom yang baru dibelinya awal tahun ini. Motor yang didominasi oleh warna kuning emas itu ditunjukkannya ke Airlangga.

“Mau lihat sepeda motor sebenarnya, beliau kan (Airlangga) dari perindustrian,” kata presiden.

Melihat motor yang diberi nama Chopperland itu, Airlangga nampaknya sangat tertarik dan kagum. Apalagi hampir seluruh bagian di motor tersebut diberi warna kuning emas yang mirip seperti simbol warna partai Golongan Karya (Golkar) yang mana Airlangga menjadi ketua umum.

Motor chopper Jokowi dibeli dengan harga Rp140 juta. Berbasis motor Royal Enfield Bullet 350cc, motor ini telah mengalami perubahan sangat ekstrem yang dikerjakan oleh Elders Garage dan Kickass Choppers.

Sumber tenaga sepeda motor asal Inggris berasal dari mesin 350 cc yang diklaim mampu memproduksi tenaga sekuat 19,8 hp pada 5.250 rpm dan torsi puncak 28 Nm pada 4.000 rpm.

Sepeda motor ini telah mengalami perubahan sangat ekstrem dengan lama pengerjaan motor sekira 1,5 bulan. Komponen lokal dari Chopperland diklaim sudah mencapai 75 persen. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/