Sepeda motor

Spesifikasi Ducati XDiavel 2016 di Indonesia

SEBAGAI motor cruiser anyar, Indonesia mendapatkan hak istimewa untuk menjadi negara pertama Ducati XDiavel diperkenalkan untuk kawasan Asia Pasifik. Selain keutamaan motor itu di Indonesia, ada banyak hal lain yang menjadikan Ducati XDiavel menjadi motor yang istimewa di hati konsumen motor besar Tanah Air.

Berikut performa dan spesifikasi Ducati XDiavel yang dibawa ke Indonesia ini. Pertama dari sisi mesin, mengadopsi dapur pacu dari Ducati Testastretta DVT 1262 twin-cylinder merupakan mesin baru dengan persetujuan Euro 4 dan sistem DVT (Desmodromic Variable Timing).

Pertama kali diperkenalkan di Multistrada 1200, mesin ini telah dikalibrasi ulang untuk menghasilkan torsi tinggi walaupun dalam rpm rendah untuk memastikan power deliver rpm rendah dan kurva torsi lengkap kepada rpm tinggi. Ducati Testastretta DVT 1262 memiliki performa sebesar 156 dk @9.500 rpm dan torsi 13,1 kgm @5.000 rpm.

Secara independen, sistem DVT merubah pengaturan tempo intake valve camshaft dan exhaust valve camshaft dengan menggunakan valve timing adjuster yang berada di ujung dua overhead camshafts. Sistem DVT dibagi dengan dua bagian yaitu bagian eksternal yang terhubung dengan katrol dikendali dari timing belt dan bagian internal yang terhubung ke camshaft, koaksial kepada bagian pertama untuk memutar lebih cepat atau lambat tergantung tekanan oli di dalam ruang khusus. Tekanan oli ini disesuaikan dengan dedicated valves dan timing dari setia cam dikendali secara dinamis dengan sensor di cam covers.

Spesifikasi Ducati XDiavel Dibandingkan dengan Ducati Testastretta

ducati xdiavel

Kemudian secara spesifik, mesin Ducati twin-cylinder di XDiavel memiliki kapasitas 1,262 cm3 dengan bore-stroke 106 x 71,5 mm, atau lebih besar  dari Ducati Testastretta DVT 1200 yang memiliki bore 106 x 67,9 mm. Tidak hanya itu, dibandingkan dengan mesin Multistrada 1200, mesin XDiavel menghasilkan compression ratio lebih tinggi yaitu 13:1 (12:5:1 untuk Multistrada 1200); namun dua sepeda motor tersebut menggunakan sistem electronic injection Bosch yang memiliki elliptical throttle bodies dengan 56 mm-diameter dan sistem Ride-by-Wire yang direkalibrasi.

Varian tinggi Ducati Testastretta DVT 1262 telah mengalami beberapa perubahan. Dua kepala silinder memiliki frame attachment dan pada bagian horizontal telah didesain ulang untuk mendukung bagian depan dari footpeg. Crankshaft memiliki sistem keimbangan baru, dimana sebelumnya menggunakan classic pads, sekarang ground steel plates.

DVT dilengkapi dengan sistem Dual Spark (DS) (dua plug per cylinder) dan tertanam dengan sistem udara sekunder untuk mendorong udara ke dalam exhaust duct untuk melengkapi oksidasi dari hydrocarbons yang tidak terbakar serta mengurangkan polutan seperti HC dan CO tanpa mempengaruhi performa mesin.

Ducati Testastretta DVT 1262 juga menggunakan sistem mesin closure valve Desmodromic yang membuat Ducati terkenal diseluruh dunia. Dengan sistem tersebut, intake dan exhaust valve telah ditutup dengan ketilitian dan cara yang mirip dengan ketika valve terbuka.

Spesifikasi Ducati XDiavel Banyak Ubahan

Asian Premiere - Ducati XDiavel (3)

Insinyur Ducati telah berkolaborasi dengan desainer di Style Centre untuk mengubah posisi pompa air. Semua mesin Ducati liquid-cooled, komponen tersebut telah di tempatkan ditutup alternator pada bagian kiri dari mesin. Solusi tersebut mencakup perutan perpipaan yang kompleks yang menutupi bagian penting silinder. Mesin yang berada di XDiavel, dibuat untuk menjadi karakteresitik utama, dan oleh karena itu pompa air telah diposisikan didalam ‘L’ antara dua silinder. Insinyur dan desainer berupaya untuk membuat mesin yang bersih dari sisi estetik untuk mudah dilihat di bagian tengah.

Water pump digerakan oleh auxiliary belt yang diberdayakan oleh salah satu katrol timing belt. Ukuran dari waterpump telah disesuaikan untuk meningkatkan performa dari model sebelumnya, aliran dioptimalkan untuk memastikan arus coolant flow dan seimbang antara silinder vertical dan horizontal.

Pipa dan selang yang menghubungkan satu komponen ke komponen lainnya telah disembunyikan serta silinder yang menahan pump coupling memiliki sirkuit internal baru. Perhatian terhadap detail yang menginspirasi para insinyur dan desainer untuk merancang Ducati Testastretta DVT 1262 dapat ditemukan pada pipa blow-by. Untuk sepeda motor Ducati yang lain, pipa tersebut keluar dari dasar di belakang silinder vertikal. Namun, di XDiavel, pipa tersebut terintegrasi di penutupan belt. Sebagai tambahan, finishing untuk semua parts mesin diselesaikan dengan cermat.

Spesifikasi Ducati XDiavel dan Harga

XDiavel dirancang dengan transmisi 6-pecepatan dan memiliki gear sensor yang pertama kalinya berada di 1299 Panigale, tetapi koplingnya tipe oil bath dengan fungsi slipper. Pertama kalinya untuk Ducati adalah transmisi tipe belt. Untuk memasang katrol depan, penutup mesin telah mengalami perubahan. Rasio final 28/80 bersusaian dengan rasio drive 15/43.

Knalpot dari XDiavel merupakan sistem 2-in01 dengan bodi chamber-type dan dua tail pipes. Perutean pipa knalpot secara sengaja membuat mesin mudah dilihat seperti posisi tengah bodi di depan roda belakang. Ducati XDiavel memiliki banderol harga Rp 799 juta (off the road) sedangkan XDiavel S memiliki banderol harga Rp 899 juta (off the road).

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts