MobilSumber informasi

Spesifikasi Lengkap Honda City Hatchback RS yang Baru Meluncur

honda city hatchback rs

Honda City hatchback RS.

JakartaHonda Jazz akhirnya resmi digantikan oleh Honda City hatchback RS. Hal tersebut ditandai dengan adanya peluncuran model baru oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada hari ini, Rabu (3/3/2021).

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM memberikan pernyataan tersebut. “Untuk saat ini kami memang tidak memproduksi lagi Honda Jazz di Indonesia. Kami tidak menutup kemungkinan kalau kedepannya memproduksi lagi Honda Jazz buat konsumen,” katanya kepada media.

Honda City hatchback yang dijual nantinya akan terdiri dalam 1 varian saja, yakni RS. “Kenapa di Indonesia cuma ada 1 varian. Padahal Jazz ada banyak. Jazz itu 90% yang terjual adalah varian RS, Civic hatchback juga RS. Segmen ini lebih diminati yang dinamis sporty. Semuanya berdasarkan hasil studi yang dilakukan,” sambung Yusak.

Honda Jazz resmi menghembuskan napas terakhir pada akhir bulan Februari 2021 lalu. Produksinya kini digantikan oleh City hatchback RS yang berstatus completely knock down (CKD).

Pakai Mesin Baru

Yang cukup menarik adalah Honda City hatchback RS memakai mesin dengan kapasitas mesin yang sama dengan Honda Jazz. Tetapi pihak Honda mengatakan jika mesin yang tertanam pada City hatchback RS ini adalah mesin yang benar-benar baru.

honda city hatchback rs

“City hatchback RS ini mesinnya pakai yang sama sekali berbeda. Secara spesifikasinya berbeda dengan mesin Honda Jazz. Perubahan signifikannya ada di sistem SOHC jadi DOHC yang berpengaruh pada torsi dan tenaga. Selain itu konsumsi bahan bakarnya jadi lebih baik 3%,” tambah Satoru Azumi, Large Project Leader of Honda City Hatchback Honda Motor Co.,Ltd Monozokuri Center, Automobile Business Division kepada Carmudi.

Mesin yang dipasang berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, DOHC, drive by wire, i-VTEC. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 119 hp @6.600 rpm dengan torsi maksimal di 145 Nm @4.300 rpm.

Mesin Honda City Hatchback RS

Kapasitas mesin1.500 cc
Isi silinder4 silinder segaris
TeknologiDOHC, drive by wire, i-VTEC
Tenaga 119 [email protected] rpm
EmisiEuro4
Torsi 145 [email protected] rpm
Transmisi Otomatis CVT dan manual 6 percepatan

Yang cukup menarik adalah transmisi yang ditawarkan. Salah satu perbedaan antara Honda City hatchback RS versi Indonesia dengan Thailand adalah transmisi.

Versi Thailand hanya tersedia transmisi otomatis CVT. Sedangkan di Indonesia dijual dengan transmisi otomatis CVT dan manual 6 percepatan.

Fitur Honda City Hatchback RS

Mengusung konsep ‘elevate your move’, mobil kapasitas 5 penumpang ini juga dibekali banyak fitur. Mulai dari lampu depan yang sudah full LED dengan DRL, Led fog light dan rear combi light Led.

Lalu ada juga antena model sirip hiu serta penggunaan pelek ukuran 16 inci. Tampilan sporty juga diperkuat dengan adanya diffuser, fog garnish, bumper depan dengan lower mesh grille, dan kombinasi aerokit pada area bumper.

Salah satu fitur unggulan dari mobil ini adalah remote engine start. Pemilik mobil bisa menyalakan mesin mobil dari jauh lewat anak kunci saja. Saat mesin menyala, AC juga otomatis menyala guna mendinginkan kabin.

Fitur Entertainment

Di bagian head unit, City hatchback RS juga dibekali layar sentuh ukuran 8 inci. Head unit ini sudah terintegrasi bluetooth, Android Auto, Apple Car Play, radio, USB dan navigasi.

Masih ada lagi fitur kekinian seperti multi angle rear view camera. Saat memasukkan gigi mundur pengemudi bisa melihat tampilan dari normal, wide dan top view.

honda city hatchback rs

Masih kurang? Tenang, ada juga fitur cruise control, smart key, start/stop button, audio steering switch dan handsfree telephone with voice recognition.

Interior Mewah

Desain interiornya juga dibuat lebih mewah dari Honda Jazz. Karena City hatchback menggunakan material kulit dengan jahitan merah pada bagian pintu samping, setir dan shift knob.

Joknya sudah dibubuhi dengan material suede yang dikombinasi dengan fabric dan kulit. Sehingga kenyamanan pengemudi dan penumpang menjadi bertambah.

honda city hatchback rs

Salah satu konsep yang dipakai pada Honda City hatchback RS adalah menerapkan fungsi Ultra seat. Ultra Seat ini memungkinkan penumpang mengatur 4 mode berbeda pada kursi.

Yang pertama ada utility mode, tall mode, refresh mode dan long mode. Kedua jok depan bisa direbahkan sampai ke jok belakang. Efeknya, penumpang dan pengemudi bisa merasakan sensasi tiduran seperti di sofa yang ada di rumah.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Honda City Hatchback RS

Gimana fitur keselamatan dan keamanannya? Lumayan banyak fitur keamanan yang ada di mobil ini.

Bisa dilihat dari adanya perlindungan rangka G-CON+ACE, airbag 6 titik, rem ABS+EBD, brake assist, brake override system, vehicle stability assist (VSA), hill start assist, sensor parkir, seatbelt reminder, pretensioner load limiter, emergency stop signal, dan APAR atau alat pemadam kebakaran.

Sistem keamanan dari mobil ini juga sudah memakai kunci immobilizer, smart key, keyless entry dan alarm system. Sayang, pihak HPM tidak menyertakan harganya saat peluncuran hari ini.

Pilihan Warna Honda City Hatchback RS

Buat konsumen berjiwa muda yang tertarik, Honda menyediakan hatchback ini dalam beberapa varian warna. Mulai dari Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl dan Meteoroid Gray Metallic.

Aksesoris modifikasinya juga tersedia dari Modulo. Antara lain berupa door visor, front under spoiler, side under spoiler dan rear under spoiler.

Mobil yang saat ini dirakit di pabrik Karawang, Jawa Barat diakui sudah bisa dipesan sejak hari ini. Sayang, harga jualnya baru bisa diinfokan saat pengiriman unitnya kepada konsumen.

“Mobil ini produksi CKD di Karawang. Soal harga, nanti kami umumkan harganya secara detail di bulan April 2021 mendatang,” pungkas Yusak Billy.

Salah satu alasan Honda City hatchback RS ini cocok menggantikan Honda Jazz adalah karakter. Pihak HPM menilai karakter City hatchback ini sesuai untuk menggantikan Jazz.

Karakter tersebut adalah sporty, desain elegan serta performa mesin baik yang melekat dengan Honda Jazz.

Galeri Foto

honda city hatchback rshonda city hatchback rsvideo teaser honda city hatchback

Honda City Hatchback Indonesia

Tampilan depan Honda City Hatchback (Foto: Pultan)

Honda City Hatchback Indonesia

Honda City Hatchback (Foto: Paultan)

Honda City Hatchback Indonesia

Honda City Hatchback belum tentu diluncurkan di Indonesia (Foto: Paultan)

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts