Sepeda motor

Spesifikasi Lengkap Honda Scoopy 2022 dan Harganya

Honda Scoopy termasuk salah satu motor matik yang diklaim unggul di segmennya. Motor tersebut telah mengalami penyegaran beberapa kali yang membuatnya kini terlihat lebih modern. Selain spesifikasinya, Carmudi juga telah rangkum harga Honda Scoopy di tahun 2022.

Adapun salah satu alasan utama motor ini banyak diminati konsumen hingga kini, yaitu tampilannya yang mengandalkan tema retro modern.

Honda Scoopy bisa dibilang mempunyai ciri khas tersendiri di antara model motor matik yang beredar di Tanah Air.

Jika sebagian besar motor sejenis memiliki desain sporty yang mengedepankan bentuk tajam, Scoopy sendiri terlihat punya desain ‘manis’ dengan desain serba membulat.

Vespa Jepang adalah julukan yang dimiliki motor ini karena desainnya sekilas mirip dengan motor khas Italia tersebut.

Tentang Honda Scoopy

Honda Scoopy ternyata punya sejarah yang terbilang menarik. Sebelum dihadirkan di Indonesia, motor tersebut dijual di Thailand terlebih dahulu dengan emblem Scoopy-i.

Tampilan Honda Scoopy yang terlihat modern dan berbeda dari motor lain yang sejenis. (Foto: AHM)

Honda Scoopy baru hadir di Tanah Air pada 2010 lalu. Motor ini menggunakan basis mesin yang sama dengan Beat generasi pertama di mana masih bertipe karburator.

Di tahun 2013, Scoopy generasi kedua masuk ke Indonesia dengan dibekali sistem injeksi. Selain itu, para pengguna dapat menyimpan helmnya di bagasi motor tersebut.

Sebagai informasi, bagasi motor ini mencapai sekitar 15 liter. Besarnya volume bagasi Scoopy disebabkan boks filter udara pada motor tersebut dipindahkan ke atas CVT yang sebelumnya berada di bagian depan ban belakang.

Scoopy generasi ketiga pun hadir pada 2015. Jika melihat tampilan luarnya, motor ini seperti tidak mengalami pembaruan apapun karena desain bodinya memang masih sama dengan model sebelumnya.

Pembaruan yang signifikan pada motor tersebut bisa terlihat di bagian mesinnya yang sudah dilengkapi teknologi eSP.  Scoopy generasi ketiga pun sudah disematkan fitur ACG Starter yang dapat membuat membuat mesin beroperasi dengan suara halus.

Pada 2017, Scoopy generasi keempat hadir di Tanah Air dengan tampilan yang terlihat berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya.

Scoopy ini mengalami ubahan yang tidak hanya meliputi bodinya, tapi juga di bagian peleknya. Sebelumnya, motor tersebut menggunakan pelek berukuran 14 inci. Kini, ukuran peleknya jadi 12 inci.

Honda Scoopy punya sejarah yang terbilang menarik. (Foto: AHM)

PT AHM (Astra Honda Motor) kembali menghadirkan Scoopy generasi terbaru pada akhir 2020. Di tahun 2021, PT AHM merilis Scoopy dengan berbagai pilihan warna yang lebih segar dan menarik.

Harga Honda Scoopy 2022

Bagi yang tertarik membelinya, berikut ini adalah daftar harga Honda Scoopy 2022 On The Road (OTR) DKI Jakarta dilansir dari situs resmi AHM.

  • Scoopy Fashion Rp21,353 juta
  • Scoopy Sporty Rp21,353 juta
  • Scoopy Prestige Rp22,115 juta
  • Scoopy Stylish Rp22,115 juta

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, harga Scoopy kini jauh lebih mahal. Berdasarkan catatan Carmudi, harga Scoopy di awal peluncuran pada 2010 Rp13,5 juta OTR DKI Jakarta.

Daftar Honda Scoopy Terbaru

Warna yang ditawarkan untuk Honda Scoopy 2022 terbilang banyak. (Foto: AHM)

Selain itu, calon pembeli motor ini punya banyak opsi warna, mulai dari prestige white (smart key type), prestige black (smart key type), stylish brown (smart key type), stylish red (smart key type), fashion black, fashion blue, sporty red, dan sporty black.

Spesifikasi Mesin Honda Scoopy 2022

Soal dapur pacu, Honda Scoopy 2022 dibenamkan mesin dengan kapasitas 109,5 cc. Mesin yang sudah dilengkapi teknologi dengan SOHC dan eSP ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 8,8 hp pada putaran 7.500 rpm dan torsi maksimum 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm.

Sebagai informasi, output yang dihasilkan mesin Scoopy ini sama dengan milik Genio maupun Beat karena mesin ketiganya serupa.

Untuk transmisi Scoopy, tersedia dua pilihan, yaitu otomatis dan V-Matic. Tak ketinggalan, motor ini turut dilengkapi sistem bahan bakar PGM-FI yang dapat membuat konsumsi bahan bakarnya lebih irit dan efisien.

Mesin Honda Scoopy 2022
Mesin 4-langkah
Teknologi Mesin SOHC, eSP, pendingin udara
Kapasitas mesin 109,5 cc
Tenaga Maksimum 8,8 hp @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi Otomatis dan V-Matic

Eksterior Honda Scoopy 2022

Jika melihat tampilan Honda Scoopy, kini memang terlihat lebih modern dibandingkan model sebelumnya sebagai motor matik dengan gaya retro modern.

Dimensi

Scoopy 2022 mempunya ukuran panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, dan tinggi 1.075 mm. Dengan dimensi ini, motor tersebut dinilai pas dibawa berkendara oleh konsumen Indonesia.

Selain itu, Scoopy ini juga punya ground clearance 145 mm dan jarak sumbu roda 1.251 mm, serta tinggi tempat duduk 746 mm. Ini cukup ideal bagi yang memiliki tinggi badan sekitar 160 cm.

Desain Bodi

Eksterior Scoopy memiliki siluet S yang terkesan tegas pada bodi samping depan sampai belakang.

Ciri khas Scoopy masih dipertahankan di bagian depan, namun bagian headlamp-nya mendapat ubahan di mana bentuknya kini cenderung oval dengan dilengkapi teknologi LED.

Dengan menggunakan teknologi tersebut, lampu motor ini dapat memberikan pencahayaan yang terang saat dibawa berkendara di malam hari.

Pada bagian samping, terlihat penggunaan pelek dengan ukuran 12 inci yang membuat tampilan Scoopy terkesan membulat.

Di bagian dek, didesain dengan tampilan rata untuk memberikan kemudahan bagi setiap pengguna agar dapat membawa barang di motornya secara lebih fleksibel.

Beralih ke bagian belakang, terdapat stoplamp yang sudah mengusung desain membulat beserta penanda sein di sampingnya.

Rangka dan Kaki-Kaki Honda Scoopy 2022

Scoopy sudah menggunakan rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame).

Rangka ini sudah lebih dulu diaplikasikan pada Beat dan Genio. Dengan menggunakan eSAF, bobot motornya turun sekitar delapan persen yang tentu mempengaruhi kestabilan berkendara bagi pengguna.

Scoopy sendiri saat ini memiliki bobot 95 kg dan 94 kg untuk yang menggunakan smart key type.

Sementara itu, Scoopy mengandalkan suspensi teleskopik pada bagian depan dan lengan ayun dengan peredam kejut tunggal pada bagian belakang.

Dengan suspensi-suspensi tersebut, motor ini dapat dibawa berkendara secara nyaman karena dapat menahan beban pengemudi serta penumpang dengan baik.

Kedua suspensi tersebut juga dapat mengurangi goncangan jika motornya dibawa berkendara di jalanan yang bergeronjal atau penuh bebatuan.

Tak ketinggalan, Scoopy turut disematkan rem mumpuni berupa cakram hidrolik dengan piston tunggal di bagian depan dan tromol untuk bagian belakang.

Fitur Honda Scoopy 2022

Honda Scoopy punya beragam fitur canggih dan mumpuni. (Foto: AHM)

Honda Scoopy terbaru telah disematkan berbagai fitur handal untuk menjamin kenyamanan serta keselamatan setiap pengguna.

Motor tersebut sudah dilengkapi Smart Key khusus varian stylish dan prestige. Fitur tersebut memudahkan pengguna untuk mengoperasikan motornya tanpa kunci manual.

Selain itu, terdapat fitur canggih berupa Answer Back System yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menemukan posisi motornya di parkiran luas.

Fitur tersebut bisa bekerja pada jarak sekitar 20 meter dari posisi motornya. Terdapat juga panel instrumen yang dapat memberikan berbagai informasi penting, antara lain indikator tegangan aki, trip penggantian oli mesin, trip meter, hingga konsumsi bahan bakar dalam bentuk digital.

Tak hanya itu saja, Scoopy juga sudah disematkan USB Charger yang pastinya berguna bagi pengguna. Saat habis, pengguna dapat menambah daya ponselnya di motornya tanpa menggunakan socket adaptor.

Tak ketinggalan, Scoopy turut dilengkapi fitur pengereman CBS (Combi Brake System). Fitur tersebut adalah kombinasi rem depan dengan rem belakang.

Fitur CBS diklaim dapat mengoptimalkan pengereman bagi pengemudi selama berkendara. Pihak Honda juga menyematkan fitur lainnya pada Scoopy berupa Parking Brake Lock.

Hampir sama dengan rem tangan pada mobil, fitur ini bisa membantu pengguna untuk mengunci motornya saat di jalanan menanjak ataupun menurun.

Ada pula Anti Theft Alarm yang berguna untuk mencegah adanya pencurian motor.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Scoopy 2022

Carmudi telah rangkum beberapa kelebihan dan kekurangan pada Honda Scoopy 2022.

Kelebihan

  • Pilihan Warna Banyak

Para calon pembeli bisa membeli Scoopy sesuai warna kesukaan. Motor tersebut ditawarkan dalam opsi warna yang banyak.

Warna-warnanya mulai dari prestige white, prestige black, stylish brown, stylish red, fashion black, fashion blue, sporty red, dan sporty black.

  • Suara Mesin Halus

Mesin Scoopy sudah dilengkapi dengan teknologi eSP serta fitur ACG Starter yang bisa membuat suara mesinnya halus saat dihidupkan.

  • Konsumsi Bahan Bakar Irit

Scoopy juga sudah dilengkapi dengan sistem PGM-FI yang dapat membuat irit konsumsi bahan bakarnya.

  • Punya Berbagai Fitur Canggih dan Mumpuni

Khusus varian stylish dan prestige, Scoopy telah disematkan Smart Key. Turut disematkan Answer Back System pada Scoopy yang memudahkan pengguna untuk menemukan motornya di parkiran.

Motor ini juga sudah disematkan USB Charger untuk mengisi daya ponsel tanpa socket adaptor.

Scoopy turut dilengkapi dengan fitur CBS yang bisa membuat pengereman jadi optimal bagi pengemudi saat berkendara. Terdapat juga Parking Brake Lock untuk membantu pengguna mengunci motornya saat di jalanan menanjak atau menurun.

Tak ketinggalan, disematkan pula Anti Theft Alarm untuk mencegah pencurian motor.

Kekurangan

  • Harga Lebih Mahal Dibandingkan Kompetitor

Harga Honda Scoopy saat ini Rp21,353-22,115 juta OTR DKI Jakarta. Harga ini lebih mahal jika dibandingkan dengan kompetitornya, Yamaha Fino.

Berdasarkan situs resmi Yamaha, Fino kini seharga Rp19,585 juta untuk varian terendah, sedangkan varian tertingginya Rp20,725 juta OTR DKI Jakarta.

  • Tenaga Mesin Lebih Kecil dari Kompetitor

Tenaga mesin Scoopy nyatanya lebih kecil dibandingkan Fino. Jika mesin Scoopy mengeluarkan tenaga hanya 8,8 hp, Fino punya tenaga mesin yang mencapai 9,3 hp.

Kompetitor Honda Scoopy

Di segmennya, Honda Scoopy bersaing kuat dengan Yamaha Fino.

FAQ

modifikasi honda scoopy

Tampilan Honda Scoopy terbaru. (Foto: AHM)

  1. Berapa harga Honda Scoopy 2022?

Honda Scoopy 2022 kini seharga Rp21,353 juta untuk varian terendah dan Rp22,115 juta untuk varian tertinggi OTR DKI Jakarta.

  1. Apa saja warna Honda Scoopy 2022?

Warna Honda Scoopy 2022 yaitu prestige white, prestige black, stylish brown, stylish red, fashion black, fashion blue, sporty red, dan sporty black.

  1. Berapa harga harga Honda Scoopy 2022 varian prestige?

Harga Honda Scoopy 2022 varian prestige kini Rp22,115 juta OTR DKI Jakarta.

  1. Apa varian tertinggi Honda Scoopy 2022?

Varian tertinggi Honda Scoopy 2022 adalah stylish.

  1. Berapa harga Honda Scoopy 2022 termahal?

Harga Honda Scoopy 2022 termahal yakni Rp22,115 juta OTR DKI Jakarta.

 

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/