Berita

Suzuki Klaim Teknologi SHVS Mampu Mengurangi Emisi Gas Buang

Bogor – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki di Indonesia menyematkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) pada beberapa produknya. Langkah ini diambil sebagai upaya mendukung pemerintah menuju kendaraan karbon netral di masa mendatang.

Saat ini ada tiga model mobil Suzuki di pasar Indonesia yang sudah mengadopsi teknologi SHVS. Ketiganya adalah All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid.

Teknologi SHVS

Suzuki Ertiga Hybrid resmi meluncur. (Foto: Carmudi/Mada)

Penyematan teknologi SHVS pada setiap mobil Suzuki diklaim mampu mengurangi emisi gas buang sampai dengan 15 persen jika dibandingkan dengan model non-hybrid.

Teknologi SHVS bekerja lewat dukungan dari dua komponen yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang melengkapi keberadaan mesin pembakaran internal (ICE).

Baca Juga: Dibanderol Mulai Rp166 Jutaan, Berapa Banyak Suzuki New Carry Terjual Pada Oktober 2023?

Harold Donnel, 4W Marketing Director SIS, mengungkapkan bahwa Suzuki berusaha menjawab isu karbon netral yang saat ini tengah berkembang melalui berbagai strategi untuk menciptakan kendaraan dengan emisi gas buang yang rendah.

Teknologi SHVS

(Foto: Carmudi)

“Melihat data mengenai peningkatan volume emisi gas rumah kaca Indonesia, kami menyadari bahwa perlu adanya langkah pengurangan penggunaan energi untuk mengatasi berbagai persoalan lingkungan yang terjadi. Jika dilihat dari sumbernya, sektor transportasi menjadi salah satu penyumbang emisi yang cukup besar,” ungkap Harold.

“Dengan mempertimbangkan ketersediaan infrastruktur dan kemampuan pasar secara umum, Suzuki berinisiatif untuk mengurangi penggunaan bahan bakar serta meminimalisir emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan melalui teknologi hybrid. Selama dua tahun terakhir, kami telah menyematkan teknologi SHVS pada beberapa kendaraan seperti All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid sebagai langkah awal Suzuki,” sambungnya.

Tak berhenti sampai di teknologi SHVS, saat ini Suzuki global tengah mengembangkan kendaraan listrik di beberapa negara seperti Jepang, Eropa, dan India.

Ke depannya Suzuki berkomitmen untuk konsisten dalam memberikan berbagai model baru yang rendah emisi kepada masyarakat.

Suzuki XL7 Hybrid di Yogyakarta

“Melihat adanya sebuah cita-cita kendaraan karbon netral di masa mendatang, kami tidak tinggal diam dan berusaha mulai mewujudkannya sejak saat ini. Kami berharap masyarakat pun dapat mendukung dengan lebih bijak dalam memilih kendaraan. Melalui berbagai jenis kendaraan hybrid yang Suzuki tawarkan, kami berharap dapat membawa dampak yang positif untuk keberlanjutan pelestarian lingkungan,” tutup Harold.

Baca Juga: Suzuki Grand Vitara 2023 Versi Bekas Sudah Ada Yang Jual, Cek Harganya

Teknologi SHVS

Test drive Suzuki XL7 Hybrid. (Foto: Carmudi)

Harga All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid

Total ada 11 model mobil yang saat ini dipasarkan oleh SIS di Tanah Air. Tiga di antaranya, yaitu All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid, sudah menggunakan teknologi SHVS.

Harga termurah dari tiga model tersebut berada di angka Rp200 jutaan.

Berikut daftar harga On The Road (OTR) Jakarta untuk ketiga model tadi sebagaimana dikutip dari situs web resmi Suzuki Indonesia per Desember 2023.

Suzuki Grand Vitara di GIIAS 2023

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

All New Ertiga Hybrid

  • Ertiga Hybrid SS – AT Rp295,6 juta
  • Ertiga Hybrid GX – AT Rp284,7 juta
  • Ertiga Hybrid SS – MT Rp284,6 juta
  • Ertiga Hybrid GX – MT Rp273,7 juta

Grand Vitara

  • Grand Vitara GL Rp359,4 juta
  • Grand Vitara GX Rp384,4 juta
  • Grand Vitara GX Two Tone Rp387,4 juta

New XL7 Hybrid

  • XL7 Hybrid Beta MT Rp283,9 juta
  • XL7 Hybrid Beta AT Rp294,9 juta
  • XL7 Hybrid Alpha MT Rp293,9 juta
  • XL7 Hybrid Alpha AT Rp304,9 juta.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts