Berita Sumber informasi Tips dan Trik

Tidak Ada Tukang Tambal, Ban Motor Bocor Diisi Rumput

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Ban kempis atau bocor saat berkendara tentu sangat menjengkelkan karena menggangu aktivitas. Yang membuat tambah jengkel lagi adalah apabila disekitar jalan yang hendak dilalui tidak terdapat tukang tambal dan pompa ban. Bila itu sudah terjadi mau tidak mau pengendara harus mendorong sepeda motornya sampai menemukan bengkel atau tukang tambal ban pinggir jalan.

Tapi ada satu pengendara sepeda motor yang punya solusi sangat unik untuk mengatasi ban bocor di tengah jalan tanpa harus pusing mencari tukang tambal. Solusinya adalah mengisi ban dengan rumput. Kejadian ini diceritakan langsung oleh pemilik akun @agoezbandz lewat instagram.

Tidak diketahui pasti ban sepeda motor yang diisi rumput tersebut miliknya atau bukan. Dirinya hanya memperlihatkan foto ban motor yang sedang diisi rumput dan dilengkapi dengan caption singkat. “kepepet saat touring, ban motor bocor diisi pakai rumput,” tulisnya.

Dari foto tersebut terlihat jelas pemilik motor menggunakan linggis untuk mencongkel ban dan memasukkan rumput yang ada disekitarnya. Ban yang digunakan pada motor tersebut bukan asli bawaan pabrikan artinya sudah diganti dengan dengan ukuran yang lebih kecil atau dikenal dengan ban cacing.

Merek sepeda motor yang digunakan tidak tampak begitu jelas. Namun berdasarkan potongan stiker di bodi motor kemungkinan besar motor tersebut adalah Suzuki Satria model lawas berwarna hitam.

Komentar Netizen

Umumnya ban diisi oleh angin atau nitrogen supaya mengembang dan bisa menahan beban dari bodi motor. Tapi jika diisi oleh rumput adalah sebuah keanehan yang mungkin tidak banyak orang yang melakukannya. Gambar yang posting oleh @agoezbandz di instagram itu langsung mendapat beragam komentar dari netizen.

Ada beberapa netizen yang sudah pernah mencoba hal tersebut, ada juga yang sudah mengetahui cara itu sejak lama berdasarkan cerita dari orang terdekatnya.

“Babeh gw juga pernah ngelakuin kayak gini waktu jaman dulu, karena dulu gk ada tukang tambal ban,” tulis @yosep.habibie.iskandar.

Akun @[email protected]_48 menuliskan, “bener bukan micin, klo kepepet bocor di tengah hutan mau gimana, salah satunya cara ya kaya gini . Temen saya pake vespa dari kalimantan ke Jogja katanya pernah alamin hal gini,”

Sedangkan @dhamarrahardian berkomentar, “Sering kayak gini nih kalo touring luar jawa, apalagi kalimantan yang banyak hutannya,”

Tidak hanya itu saja, ada juga sebagian netizen yang baru tahu bahwa rumbut bisa dipakai sebagai pengganti angin untuk ban.

“Kok saya se umur umur baru tau yah,kalau bisa di ganjel pake rumput,” tulis @muhammad_haikal_ridho di kolom komentar.

“Emng bisa? Kalo bisa thanks dah ilmunya??,” tulis @ilhmsgr27

Lewat akun @irwan_aryana, dirinya menyebut “Bagus idenya ??????, tapi masalah nya klo mau congkel ban nya gmn min…???? kan ga ada alat2 nya”.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/