Berita

Bosch Kampanyekan Mendukung Sebuah Perubahan

Bosch, perusahaan penyedia layanan dan teknologi terkemuka, secara perdana meluncurkan kampanye merek multi-channel di Asia Tenggara guna meningkatkan kesadaran bagaimana Bosch membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik setiap harinya. Bertajuk ‘Kami mendukung sebuah perubahan’, kampanye tiga tahun ini berupaya menghubungkan masyarakat dengan bagaimana portofolio produk dan solusi Bosch yang beragam selalu dihadirkan sebagai ‘Teknologi untuk kehidupan’ atau ‘Invented for life’, mulai dari sensor terkecil hingga pemanas air, suku cadang yang menggerakkan kendaraan, dan komponen mesin yang menggerakkan mesin.

Kampanye Mendukung Sebuah Perubahan Sebagai Upaya Bosch Dekati Masyarakat Indonesia

“Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara dengan masyarakat kelas menengah yang sedang tumbuh, Indonesia menjadi salah satu pasar utama di kawasan ini yang memiliki pertumbuhan potensial bagi Bosch. Lewat kampanye ini, kami berupaya untuk lebih dekat dengan masyarakat Indonesia, caranya dengan memperlihatkan bagaimana Bosch mendukung sebuah perubahan pada kehidupan,” ujar Dr. Ralf von Baer, managing director Bosch di Indonesia.

mendukung sebuah perubahan

Dr. Ralf von Baer, dalam sambutannya di kampanye Bosch mendukung sebuah perubahan

Beberapa inisiatif yang telah dilakukan hingga saat ini antara lain dengan cara penempatan busi Bosch raksasa di ITC Fatmawati, yang merupakan salah satu sentra otomotif ternama di Jakarta dan pengaplikasian merek serta logo Bosch pada shelter bus di fX, yang berada dekat jalan protokol Sudirman, Jakarta.

mendukung sebuah perubahan

Model busi Bosch di ITC Fatmawati sebagai bagian dari kampanye mendukung sebuah perubahan

Pada 15 dan 22 Mei 2016 lalu, Bosch menggelar karnaval #SMILEFIE di zona Car Free Day Jakarta. Di ajang ini pengunjung bisa berpose untuk secara otomatis diambil gambarnya oleh kamera CCTV Bosch yang dilengkapi fitur pengenal wajah (face recognition). Gambar-gambar tersebut kemudian ditayangkan melalui layar LED besar dan selanjutnya disusun menjadi mosaik foto. Lebih dari 800 swafoto terkumpul selama dua hari karnaval, atau hampir 3 foto setiap dua menit. Aktor dan atlet bela diri pencak silat kenamaan Indonesia, Iko Uwais, turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kampanye Mendukung Sebuah Perubahan Dikembangkan Secara Khusus untuk Pasar Asia Tenggara

Kampanye ‘Kami mendukung sebuah perubahan’ memang dikembangkan secara khusus untuk pasar Asia Tenggara, dengan fokus utamanya pada media digital. Selain memiliki microsite sendiri dan aplikasi Facebook yang terintegrasi, kampanye ini juga didukung oleh channel lain seperti publikasi cetak, broadcast, dan media luar ruang. Kampanye ‘Kami mendukung sebuah perubahan’ diluncurkan di sembilan negara tempat Bosch beroperasi di wilayah Asia Tenggara, dengan penekanan pada pasar yang sedang berkembang, yakni Indonesia, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

“Asia Tenggara menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat untuk Bosch. Karenanya kami meningkatkan upaya branding bersamaan dengan ekspansi bisnis Bosch untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang perusahaan di wilayah ini. Bosch telah mendukung perubahan dalam kehidupan masyarakat di Asia Tenggara sejak awal 1920-an, bahkan tanpa mereka sadari kalau Bosch sebenarnya lebih dari mesin bor, wiper kaca depan mobil, atau peralatan rumah tangga,” papar Karoline Tonn, senior brand manager untuk Bosch di Asia Pasifik yang juga mengepalai kampanye.

mendukung sebuah perubahan

Model busi Bosch di ITC Fatmawati sebagai bagian dari kampanye mendukung sebuah perubahan

Khususnya di wilayah ini, Bosch mempekerjakan sekitar 6.800 karyawan yang turut terlibat membangun masa depan Asia Tenggara. “Melalui kampanye ini, kami ingin menampilkan jajaran produk yang luas, termasuk yang tak tampak dari luar atau bekerja di “belakang layar” seperti komponen kecil, sistem operasional, sensor, dan sebagainya, yang dihadirkan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup, lingkungan dan masyarakat di Asia Tenggara yang dinamis,” cetusnya.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts