Tips dan Trik

4 Ciri Busi Sepeda Motor Rusak, Apa Aja?

Busi sepeda motor ternyata juga bisa rusak seiring pemakaian, bahkan memiliki ciri yang bisa diketahui oleh para pemilik.

Komponen satu ini juga termasuk ke dalam kategori vital pada sepeda motor.

Tanpa adanya busi, mesin sepeda motor bisa dipastikan tidak dapat dihidupkan.

ciri busi motor rusak

Ilustrasi ganti busi motor (Foto: YouTube)

Busi berfungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh koil untuk menghasilkan percikan api yang nantinya akan membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar.

Seiring pemakaian, busi juga bisa rusak.

Ciri Busi Sepeda Motor Rusak

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan beberapa ciri busi sepeda motor yang rusak seperti di bawah ini.

Mesin Sulit Dihidupkan

Ciri busi sepeda motor rusak yang pertama adalah mesin akan sulit dinyalakan.

Carmudian bisa melihat tanda ini ketika hendak menyalakan motor menggunakan elektrik starter maupun starter kaki.

Pada umumnya, penyebab utama terjadinya hal tersebut karena percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak mencukupi untuk memicu pembakaran di dalam mesin.

Artinya, itu tanda bahwa busi harus segera diganti.

Boros BBM

Ciri kedua dari busi motor yang rusak adalah konsumsi BBM terasa lebih boros dari biasanya.

Ketika busi mengalami keausan dan menghasilkan kondisi misfire akan membuat proses pembakaran tidak sempurna.

ciri busi motor rusak

Banyak bahan bakar yang terbuang sia-sia saat kondisi tersebut terjadi, pada akhirnya akan menyebabkan endapan kotoran terbentuk pada ujung insulator busi atau elektroda.

“Jika busi dibiarkan dalam kondisi buruk, kinerjanya tidak akan sempurna sehingga mengganggu performa sepeda motor dan mengurangi efisiensi bahan bakar,” ujar Ade Rohman.

Performa Mesin Turun

Kondisi busi yang aus dapat mempengaruhi performa mesin sepeda motor secara keseluruhan, seperti penurunan tenaga atau sulit berakselerasi dengan cepat.

Selain itu, mesin juga akan terasa lebih lemah saat menanjak atau saat berakselerasi di kecepatan tinggi.

Hal ini terjadi karena terdapat perubahan jarak antara elektroda dan massa (ground) pada busi.

Suara Mesin Lebih Berisik

Ciri terakhir dari busi yang mulai rusak bisa didengar dari suara mesin.

Umumnya suara pada mesin akan terdengar tidak halus atau kasar dan muncul getaran yang tidak biasa.

Motor matik jalan turunan dan tanjakan

Menghadapi Jalan Turunan dan Tanjakan dengan Motor Matik (Foto: Yamaha)

Bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada busi yang sudah mulai rusak.

Maka dari itu pemilik sepeda motor diimbau melakukan penggantian busi secara periodik setiap 8 bulan sekali atau 8.000 km.

“Seperti seluruh komponen motor lainnya, busi juga memerlukan perhatian dan perawatan agar kondisi dan kinerjanya tetap optimal,” sambung Ade.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts