Berita Mobil Sumber informasi

Arus Balik Lebaran, Jalan Tol Cikampek Berlakukan One Way Arah Jakarta

Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Jakarta – PT Jasa Marga bersama pihak kepolisian pada hari ini, Sabtu (8/5) memberlakukan rekayasa lalu lintas one way di tol Cikampek untuk arus balik Lebaran 2019. Tidak hanya itu, Kepolisian akan menutup sementara rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada pukul 12.00-24.00. Rest area yang akan ditutup yaitu ke arah Jakarta antara lain Km 62B, Km 52B, Km 42B, dan Km 32B.

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk dapat beristirahat, mengisi penuh bahan bakar kendaraan serta melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Ini bisa dilakukan baik di rest area maupun di jalan nasional/non tol,” jelas Agus Setiawan Corporate Secretary Jasa Marga.

Untuk pengguna jalan dari arah Timur (Semarang/Cirebon) yang menuju Jakarta, dapat beristirahat serta mengisi penuh BBM di sepanjang GT Kalikangkung hingga GT Cikampek Utama. Pengemudi bisa memilih salah satu rest area berikut untuk beristirahat: Km 389B, Km 360B, Km 282B, Km 260B, Km 229B, Km 208B, Km 166B dan Km 102B.

Rest Area Dari Bandung

SPBU Tol Trans Jawa

SPBU Tol Trans Jawa/photo: Monitor.co

Himbauan juga diberikan kepada pengguna jalan tol Cipularang. Untuk pengguna jalan dari arah Cileunyi/Bandung yang menggunakan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dapat menggunakan rest area Km 149B, Km 125B, Km 97B, Km 88B dan Km 72B sebelum memasuki ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Secara teknis, one way akan diberlakukan dengan menerapkan contraflow terlebih dahulu. Rekayasa lalu lintas contraflow akan diberlakukan pada Km 61 s.d Km 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. untuk selanjutnya, rekayasa lalu lintas one way diterapkan mulai KM 263 Brebes s.d KM 69 Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 14.00 — 22.00 WIB.

Masyarakat antusias untuk melakukan perjalanan mudik via darat. Sebab, kini Jalan Tol Trans Jawa telah tersambung dari Merak hingga Probolinggo Timur  sepanjang 977 Km pada mudik Lebaran 2019.

Pada kesempatan yang sama, Jasa Marga memberikan diskon sebesar 15%. Ini berlaku untuk seluruh ruas tol di Indonesia pada tanggal 27–29 Mei 2019 dan 10–12 Juni 2019.

“Tetap hati-hati berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan saldo uang elektronik dan BBM cukup sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman,” sambungnya.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts