Home » Berita » Akibat Pilpres 2019 Penjualan Mobil Low-MPV Turun, Avanza Masih Unggul

Akibat Pilpres 2019 Penjualan Mobil Low-MPV Turun, Avanza Masih Unggul

Jakarta – Pelaksanaan Pemilu 2019 sangat berdampak dalam penjualan kendaraan roda empat diantaranya di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Ya, hampir semua merek mengalami penurunan penjualan, meskipun begitu persaingan makin ketat.

Seperti diketahui di segmen Low-MPV ada beberapa merek yang bermain. Diantaranya Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, Nissan dan Honda saling bersaing merebut hati konsumen.

Namun kondisi lapangan terlihat hanya dua model yang bersaing merebut pasar Low-MPV yaitu Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Mobil keluarga kapasitas tujuh penumpang merek Jepang ini, saling susul untuk menjadi yang paling laris setiap bulannya.

Avanza Masih Memimpin

Akan tetapi menurut data yang dikeluarkan Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), untuk wholesale (pabrik ke dealer) Toyota Avanza masih mendominasi. Dengan catatan angka terdistribusi sebanyak 8.538 unit sepanjang tiga tahun ini (Januari-Maret).

Mitsubishi Xpander yang pamornya saat ini tengah tinggi, justru harus rela berada berada di posisi ke dua. Yaitu dengan penjualan sebanyak 8.115 unit di periode yang sama.

Sedangkan Daihatsu Xenia yang bersaing di papan tengah untuk LMPV hanya mampu menjual sebanyak 3.663 unit. Di susul pada posisi ke empat ada Suzuki Ertiga dengan 2.893 unit.

Menariknya ada pergantian posisi diurutan ke lima, yaitu Nissan Livina dengan penjualan sebanyak 2.435 unit. Sementara Honda Mobilio tergeser menempati posisi keenam dengan penjualan 1.558 unit.

Bila melihat catatan penjualan di kuartal pertama 2019 mengalami penurunan (Januari-Maret) dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kontribusi penjualan terbesar berhasil diberikan merek Toyota dengan penjualan mencapai 77.266 unit dengan market share mencapai 30,4 persen. Berada di posisi ke dua, Daihatsu berhasil mendistribusikan kendaraannya di angka 47.490 unit dengan market share 18,3 persen tiga bulan awal tahun ini.

Peringkat ketiga berhasil ditempati Mitsubishi karena mampu melakukan distribusi kendaraan ke dealer sebanyak 35.580 unit. Sementara peringkat empat ditempati Honda dengan angka 28.845 unit dan posisi kelima dihuni Suzuki dengan penjualan wholesale 22.869 unit.

Bila melihat tren yang ada sekarang memang sangat dipengaruhi suhu politik yaitu adanya Pilpres 2019. Namun kita lihat apakah pameran otomotif IIMS 2019 yang akan berlangsung minggu ini akan memberikan dampak positif. Apalagi saat ini jelang bulan puasa dan mudik lebaran yang pastinya akan menambah pasar penjualan.

Toyota C-HR Hybrid
Previous post
Harga C-HR Hybrid Bisa Turun, Asalkan Peraturan Pemerintah Jelas
Next post
Wuling Confero Pakai Transmisi e-Clutch, Tren Baru di Low MPV