Sumber informasi

Alur Tes Kesehatan dan Psikologi Saat Perpanjangan SIM via Aplikasi Sinar

Korlantas Polri baru saja meluncurkan aplikasi Surat Izin Mengemudi (SIM) Nasional Presisi atau yang disingkat Sinar untuk mempermudah pemohon perpanjangan SIM A dan C.

Lewat aplikasi Sinar masyarakat dapat mengurangi aktivitas di luar rumah, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini.

Aplikasi Sinar dapat diakses melalui smartphone dengan cara diunduh lewat Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Perpanjangan SIM Aplikasi Sinar

Perpanjangan SIM bisa dilakukan via aplikasi Sinar (Foto: Regnews)

Ada banyak sekali fitur di aplikasi Sinar yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya bagi permohon perpanjangan SIM.

Dua di antaranya fitur untuk melakukan pendaftaran pemeriksaan kesehatan dan tes psikologi. Di mana keduanya menjadi syarat wajib bagi pemohon perpanjangan SIM.

Pendaftaran Tes Kesehatan Melalui Aplikasi Sinar

Setelah mengunduh aplikasi Sinar, pemohon terlebih dahulu melakukan registrasi dan mengisi data-data yang diminta. Jika berhasil, proses selanjutnya klik E-Rikkes pada aplikasi, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu registrasi
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan foto selfie
  3. Pilih dokter dan jadwal pemeriksaan kesehatan
Perpanjangan SIM Aplikasi Sinar

Pendaftaran tes kesehatan saat perpanjangan SIM dapat dilakukan lewat aplikasi Sinar (Foto: Finansialku)

Jika semua data telah lengkap pemohon perpanjangan SIM akan mendapatkan kode booking yang kemudian ditunjukkan saat kunjungan ke dokter. Usai pemeriksaan kesehatan, pemohon melanjutkan tahap berikutnya, yaitu melakukan pembayaran.

Dokter akan mengirimkan hasil pemeriksaan langsung ke E-Rikkes, apabila pemohon memenuhi syarat tes kesehatan. Jika tidak memenuhi syarat, maka proses perpanjangan SIM tidak dapat dilanjutkan.

Tes Psikologi

Buka aplikasi Sinar, lalu klik E-PPsi kemudian ikuti langkah berikut ini:

  1. Pilih menu registrasi
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan foto selfie
  3. Lakukan pembayaran
  4. Jawab soal-soal yang diberikan

Selanjutnya pemohon menunggu hasil tes psikologi yang akan terkirim secara otomatis pada aplikasi Sinar.

Jika tidak memenuhi syarat maka akan dilakukan konseling secara online dan diberikan kesempatan sebanyak satu kali untuk melaksanakan tes ulang.

Perpanjangan SIM Aplikasi Sinar

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (FotoKorlantas Polri)

Tujuan Pembuatan Aplikasi Sinar

Aplikasi Sinar merupakan salah satu terobosan baru, sekaligus mendukug program kerja 100 hari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi Sinar, yaitu untuk mempermudah pelayanan ke masyarakat dalam pembuatan SIM, di mana saja dan kapan saja.

“Selain itu dengan aplikasi ini masyarakat juga dapat terlayani melalui jasa pengiriman dokumen SIM yang sudah terbit untuk diantar sampai ke alamat pemohon,” ungkap Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts