Tips dan Trik

Bayar Pajak Motor Bekas, Masih Bisa Nembak KTP?

Bayar denda pajak mobil

Bayar pajak motor bisa nembak KTP. Foto/ Ilustrasi.

Jakarta – Zaman sekarang, penjualan motor bekas cukup laris karena harganya yang cukup terjangkau. Namun, pembeli motor bekas harus menghadapi kendala saat akan bayar pajak. Apakah bayar pajak motor masih bisa nembak KTP pemilik sebelumnya?

Apabila motor tersebut kalian beli dari tetangga atau teman dekat mungkin bisa pinjam KTP atau minta tolong membayarkan pajaknya. Tapi agak sulit kalau motor bekas itu beli di dealer, atau istilahnya beli putus.

Perlu kamu ketahui, salah satu syarat yang wajib dibawa saat ingin bayar pajak motor yaitu dengan melampirkan KTP asli. Data di KTP baik nama dan alamat harus sama dengan yang tertera di STNK mau pun BPKB. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 5 Tahun 2012.

Kondisi di masyarakat, peraturan ini kadang menyulitkan bagi mereka yang ingin bayar pajak motor tapi nembak KTP .Ada kalanya kondisi tidak memungkinkan untuk membawa KTP asli saat bayar pajak. Misalnya saja, pajak motor yang baru dibeli sudah mendekati jatuh tempo.

Sialnya, jika sudah terlanjur beli motor bekas tapi STNK-nya sudah terblokir, pembeli mau tidak mau harus mengurusnya. Artinya, pembeli harus balik nama sesuai data di KTP yang ia miliki.

Bayar Pajak Motor Nembak KTP, Jadi Solusi Mudah Daripada Balik Nama

STNK

Bayar pajak kendaraan bisa dilakukan setelah lebaran. Foto/Ilustrasi.

Apabila ternyata data di STNK atau BPKB belum diblokir, kita mungkin masih bisa bayar pajak motor bekas dengan cara nembak KTP. Untuk urusan seperti ini, serahkan pada biro jasa spesialis surat-surat kendaraan.

Sebab, bila dihitung-hitung, ongkos tembak KTP masih lebih murah dan cepat daripada balik nama. Memang, ada tindak percaloan dari petugas biro jasa untuk mengurus di SAMSAT demi memudahkan pemilik kendaraan bayar pajak.

Solusi nembak KTP untuk bayar pajak motor ini sebaiknya hanya sekali dua kali saja sebelum kalian sempat untuk balik nama. Kalian juga perlu menyiapkan fee di luar nilai pajak untuk biaya nembak KTP.

Cara Nembak KTP Saat Bayar Pajak Motor Bekas

loket-samsat

Mengurus balik nama mobil tidak rumit, tapi butuh berhari-hari. Foto/Samsat Online.

Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan bila ingin nembak KTP yaitu meminta bantuan biro jasa. Datangi biro jasa perpanjangan STNK, kadang biro jasa ini diurus oleh orang rumahan biasa.

Biasanya, kamu disuruh untuk melakukan pembayaran di muka untuk pajak dan fee. Pihak biro jasa tersebut akan menyampaikan detail biaya yang harus dibayarkan dengan melihat rincian pajak kendaraan yang tertera di STNK.

Proses mengurus pajak kendaraan dengan nembak KTP ini bisa beberapa hari. Setelah STNK jadi, nantinya kamu akan dihubungi melalui SMS atau WA untuk pengambilan.

Saat STNK sudah di tangan, cek dan periksa kembali kebenarannya, baik dalam data diri ataupun pengesahan pajaknya.

Bayar Pajak Nembak KTP Akan Dihapus

Karena kondisi di lapangan banyak orang yang nembak KTP, beberapa pemerintah provinsi mewacanakan tidak mewajibkannya lagi. Nantinya tidak ada pelampiran KTP dalam pengurusan pajak kendaraan bermotor. Rencana ini bertujuan semakin mempermudah masyarakat dan meningkatkan pendapatan dari sektor pajak.

Dengan demikian, potensi percaloan di kalangan internal pegawai SAMSAT juga bisa dihindari. Masyarakat tidak perlu lagi nembak KTP dan pemasukan dari pajak kendaraan bisa semakin lancar.

Pihak kepolisian juga berharap bila wacana bayar pajak motor tanpa KTP ini nantinya tidak akan menjadi celah penyelewengan surat-surat kendaraan.

Bayar Pajak Motor Bekas via Online, Bukan Solusi Tanpa KTP Asli

pemblokiran dokumen

Pembayaran pajak kendaran sekarang bisa melalui SAMSAT online untuk wilayah DKI Jakarta

Bentuk implementasi pembayaran pajak kendaraan bermotor yang tidak harus menunjukkan KTP asli yaitu melalui online. Pastikan terlebih dahulu data belum terblokir dan bisa meminjam data KTP pemilik sebelumnya.

Pembayaran pajak kendaraan yang bisa dilakukan melalui SAMSAT online di Jakarta dan beberapa provinsi lainnya hanyalah untuk pajak tahunan.

Sayangnya perpanjangan STNK lima tahunan tidak bisa dilayani secara online. Begitu juga dengan denda untuk kendaraan yang terlambat membayar pajak. Pihak kepolisian lalu lintas di beberapa daerah kini pun bisa tahu saat melakukan patroli, mana saja kendaraan yang sudah bayar pajak, termasuk via online.

Layanan SAMSAT Online tersedia melalui beberapa cara, bisa melalui kantor perwakilan SAMSAT di mall, melalui aplikasi e-commerce yang tersedia untuk beberapa provinsi, atau jaringan e-SAMSAT yang kini terintegrasi di seluruh Indonesia. Pembayaran via online ini juga mengakomodir pemilik kendaraan yang sedang berada di luar kota.

Hal yang perlu diperhatikan, kalian hanya bisa membuka alamat web e-SAMSAT sesuai dangan kota asal dari alamat yang tercantum di STNK. Cara ini jadi alternatif misalnya kalian membeli kendaraan milik teman atau saudara di luar kota.

Untuk prosedur pembayaran pajak via online lebih lengkapnya bisa melihat artikel ini:

https://www.carmudi.co.id/journal/bayar-pajak-mobil-online-hemat-waktu-dan-praktis/

Pengambilan Lembar Pajak di SAMSAT

Batas waktu penukaran struk pembayaran untuk pengesahan dari ATM maksimal 30 hari setelah transfer dilakukan. Kemudian untuk pembayaran dari minimarket maksimal enam hari untuk pengesahan dari tanggal bayar.

Bila melebihi tanggal yang ditentukan dan tidak melakukan pengesahan STNK, maka kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional. Perlu diingat bahwa pada saat melakukan pengesahan di SAMSAT, kalian harus membawa bukti pembayaran, KTP dan STNK yang asli untuk diserahkan ke loket pembayaran.

Petugas kemudian melakukan verifikasi dengan mencocokkan data dari KTP berikut STNK dengan data yang ada saat mencetak lembar pajak kendaraan. Setelah verifikasi, petugas akan memberikan lembar pajak yang baru sekaligus membubuhi stempel berikut paraf pengesahan di lembar STNK.

Khusus wilayah Jawa Tengah, kita juga bisa melakukan pencetakan melalui mesin cetak SKPD Mandiri di SAMSAT di provinsi tersebut. Batas waktu penukaran SKPD dan/atau SKKP untuk wilayah Jawa Tengah adalah maksimal 14 (empat belas) hari kalender setelah pembayaran melalui Situs/Aplikasi telah terverifikasi.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts