Tips dan Trik

Bantingan Mobilmu Keras? Begini Cara Membuat Suspensi Jadi Lebih Empuk

Mengubah suspensi mobil agar menjadi lebih empuk memang memiliki cara tersendiri. Pasalnya tidak semua mobil yang ada di Indonesia memiliki bantingan yang nyaman.

Mayoritas mobil di Indonesia memiliki bantingan cukup keras. Hal tersebut membuat para pemilik mencari cara untuk membuat suspensi mobil mereka agar menjadi lebih empuk.

Berbagai cara pun dilakukan, salah satunya dengan melakukan modifikasi. Namun, untuk mengubah suspensi mobil yang keras menjadi empuk ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan.

membuat suspensi mobil empuk

Dibutuhkan proses dan uang yang cukup besar untuk membuat mobil menjadi lebih nyaman. Pada artikel berikut kami akan membeberkan beberapa cara membuat suspensi mobil supaya jadi lebih empuk dibanding aslinya.

Namun harus diingat, beberapa hal yang akan kami beberkan di bawah ini hanyalah referensi saja. Daripada penasaran, langsung saja yuk dibahas bersama.

>>>>> Cek deretan mobil bekas dari penjual terpercaya di Carmudi!

Kenali Jenis Suspensi Mobil

Sebelum mencari cara untuk membuat suspensi mobil jadi empuk, ketahui dulu beragam jenis suspensi mobil yang ada. Setidaknya Anda harus tahu dulu basic suspensi yang dimiliki mobil yang ada di rumah.

MacPherson Strut

Jenis suspensi yang pertama adalah MacPherson Strut. Suspensi ini memakai bagian atas peredam teleskopik yang digunakan sebagai poros kemudi bagian atas.

Biasanya suspensi jenis ini banyak digunakan pada MPV, city car, hatchback, dan SUV compact. Mobil yang memakai suspensi jenis ini biasanya punya travel suspensi yang lebih panjang dan tidak diperuntukkan untuk melaju di kecepatan tinggi.

Double Wishbone

Suspensi ini bekerja dengan menggunakan ayunan yang diposisikan tegak lurus dengan posisi chamber yang tidak berubah.

membuat suspensi mobil empuk

Biasanya suspensi jenis ini banyak digunakan pada mobil sedan, hatchback mewah, dan mobil yang memiliki pengendalian tinggi ketika melaju di kecepatan tinggi.

Secara karakter, double wishbone akan terasa lebih kaku daripada MacPherson Strut. 

Multi Link

Suspensi jenis ini adalah hasil pengembangan dari double wishbone. Secara konstruksi, multi link memiliki desain yang lebih kompleks dan rumit secara komponen.

Hal tersebut lantaran suspensi multi link punya bagian terpisah yang disatukan sendi-sendi. Di bagian ujung komponen ia juga memiliki poros yang bekerja di dua bagian arm.

Torsion Beam

Suspensi jenis ini ada dari hasil pengembangan jenis rigid. Biasanya torsion beam digunakan pada kaki-kaki bagian belakang.

Banyak juga orang yang mengatakan jika suspensi jenis ini merupakan semi independent karena punya karakter yang empuk dan cukup baik. 

membuat suspensi mobil empuk

Kenyamanan torsion beam pun tak diragukan lagi. Makanya, suspensi jenis ini banyak digunakan pada mobil penumpang.

Rigid / Per Daun

Suspensi jenis ini sering disebut sebagai per daun. Biasanya digunakan pada jenis mobil niaga dan karakternya cukup kaku dan keras.

Per daun ini sering digunakan pada bagian belakang mobil. Umumnya SUV model jadul menggunakan suspensi jenis ini lantaran punya daya tahan yang sangat tinggi.

Per Keong

Kemudian ada suspensi jenis coil spring atau sering disebut per keong. Biasanya suspensi jenis ini digunakan pada mobil dengan bobot yang ringan dan berpenggerak roda belakang.

Beberapa di antaranya adalah LMPV yang banyak di Indonesia. Jenis peredamannya pun tergolong baik

Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk

Setelah mengetahui jenis suspensi, kini saatnya mengupas cara membuat suspensi mobil agar jadi lebih empuk. Apa saja yang bisa dilakukan?

>>>>> Cek deretan mobil bekas dari penjual terpercaya di Carmudi!

1. Mengganti Suspensi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat suspensi mobil menjadi empuk adalah dengan mengganti suspensi. Cek terlebih dahulu apakah suspensi mobil kesayangan Anda sudah rusak atau bocor.

Jika sudah rusak, sebaiknya diganti dengan yang baru. Ketika hendak mengganti biasanya Anda akan ditawarkan pada beberapa pilihan merek suspensi dari toko.

membuat suspensi mobil empuk

Salah satu model suspensi pada kendaraan

Tanyakan mana suspensi yang punya karakter lebih empuk dari merek bawaan pabrik. Jangan lupa juga untuk menanyakan bagaimana kualitas dari suspensi tersebut. 

Banyak dari merek aftermarket menawarkan suspensi yang lebih oke dari standarnya. Soal harga, semua tergantung dari konsumen mau memilih merek dan tipe apa.

2. Mengganti Bushing

Mobil yang sudah berumur biasanya mengalami kerusakan komponen seperti bushing. Agar lebih nyaman dan empuk, ganti bushing tersebut secara berkala.

Mengapa harus diganti secara periodik? Hal tersebut lantaran bushing menjadi salah satu komponen kaki-kaki yang sering lupa diganti oleh pemilik mobil.

Bushing sendiri terbuat dari bahan karet yang lama kelamaan akan hancur seiring pemakaian kendaraan. 

3. Mengganti Mounting

Cara membuat mobil menjadi empuk lainnya bisa dengan cara mengganti mounting shock atau support shock. Komponen satu ini berada tepat di atas sokbreker yang berfungsi tahanan atau dudukan sokbreker.

Jika sudah rusak, karet ini bisa merusak kaki-kaki. Kasus terburuk yang bisa dialami salah satunya adalah kaki-kaki yang ‘ambrol’ ketika mobil sedang digunakan.

membuat suspensi mobil empuk

Mitsubishi New Triton punya suspensi yang baik

Karet yang sudah keras juga bisa mempengaruhi kenyamanan, sehingga pantulan sokbreker akan menjadi keras. Jika diganti dengan karet baru, pantulan sokbreker bisa menjadi lebih empuk.

4. Mengganti Ban

Siapa yang menyangka jika mengganti ban menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat suspensi mobil jadi lebih empuk. Hal tersebut dikarenakan kompon yang digunakan oleh setiap ban berbeda-beda.

Ada yang menggunakan material hard compound, medium, dan soft. Sehingga keempukan mobil juga dipengaruhi oleh ban yang digunakan.

Umumnya ban yang memiliki kenyamanan yang baik punya harga yang tidak murah. Jika Carmudian ingin membuat mobil empuk, maka bisa dengan berinvestasi di ban mobil dengan merek terpercaya.

Jangan lupa untuk menggunakan angin nitrogen sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh pabrikan. Nggak percaya? Silakan dicoba dulu aja ya gaes.

5. Modifikasi Suspensi Mobil Supaya Empuk

Hal terakhir yang bisa menjadi ‘jalan pintas’ untuk membuat mobil jadi empuk adalah dengan melakukan modifikasi. Modifikasi ini sering dilakukan oleh para pemilik mobil dengan cara berkonsultasi dengan bengkel spesialis suspensi.

Biasanya bengkel suspensi memiliki racikan tersendiri untuk membuat suspensi mobil yang tadinya keras menjadi empuk. Seperti yang dilakukan oleh Hasan Per di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

membuat suspensi mobil empuk

Bengkel kaki-kaki tersebut menyanggupi keinginan konsumen untuk membuat mobil jadi lebih nyaman. “Bisa dengan ganti per keongnya atau modifikasi sokbrekernya. Istilahnya itu custom sokbreker lah,” ujar Hasan, mekanik sekaligus pemilik tempat.

Biasanya ia menggunakan per keong dan sokbreker dari mobil lain. Kemudian per dan sokbreker tersebut disesuaikan dengan keinginan dari pemilik mobil.

Kelebihan dari per custom ini tentu ada pada hasilnya. Pemilik mobil bisa meminta kadar empuk dan kerasnya suspensi sesuai keinginan.

“Ukurannya nanti kita sesuaikan dengan mobilnya. Jadi memang nggak bisa asal, itu nanti dihitung dulu mau seperti apa empuk dan kerasnya, tingginya semana, dan seringnya buat bawa berapa orang,” sambungnya.

Menurutnya per custom ini sangat cocok untuk pemilik mobil yang ingin melembutkan bantingan mobil yang keras. Cara ini pun sudah banyak dilakukan oleh para pemilik mobil yang ada di Indonesia.

Honda HR-V

Kaki-kaki belakang Honda HR-V ada bunyi aneh (HCI)

Soal biaya, modifikasi per dan sokbreker ini tentu bervariasi sesuai dengan permintaan dan kesulitan dari jenis mobil. Tapi harus diakui, modifikasi suspensi ini jadi cara tercepat membuat suspensi mobil jadi lebih empuk.

Setelah mengetahui caranya di atas, Carmudian bisa langsung memutuskan mau menggunakan cara apa. Menurut kami, sesuaikan dengan bujet yang dimiliki agar tidak memberatkan. 

>>>> Cek deretan mobil bekas dari penjual terpercaya di Carmudi!

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts