Berita

Berkenalan dengan DMV, Kendaraan yang Bisa Berjalan di Aspal dan Rel Kereta

Tokyo – Perusahaan Kereta Api Asa Coast belum lama ini memperkenalkan kendaraan mode ganda atau Dual Mode Vehicle (DMV).

Kendaraan tersebut secara tampilan memang terlihat seperti bus pada umumnya, hanya saja di bagian depan dan belakang terdapat roda baja yang bisa membuatnya melaju di rel kereta.

Dilansir dari laman Reuters, butuh waktu sekira 15 detik saja untuk mengeluarkan roda baja dari bagian bawah bus.

dmv bus kereta

DMV bus yang bisa menjadi kereta di Jepang

Kendaraan ini mengusung desain seperti bus sekolah klasik.

Menurut Asa Coast Railway bus tersebut dibekali mesin diesel.

Sayangnya tidak disebutkan berapa silinder dan kapasitas mesin yang digunakan. Hanya saja mereka berpendapat jika bus tersebut mampu melaju hingga 60 km/jam saat digunakan di atas rel dan lebih dari 100 km/jam di jalan beraspal atau dalam mode bus.

Kendaraan DMV ini nantinya akan melayani trayek dari kota Tokushima menuju Kochi, Shikoku, dan beberapa kota kecil lainnya.

Shigeki Miura, CEO Asa Coast Railway mengatakan keberadaan DMV untuk mempermudah kaum lansia bepergian dan sebagai transportasi umum di kota-kota kecil.

dmv bus kereta

DMV bus yang bisa menjadi kereta di Jepang

“Di Jepang ada banyak kaum lansia yang sulit naik transportasi umum. Kami berharap kendaraan ini bisa menjadi alat transportasi yang sangat ramah untuk kaum lansia yang ada di kota kecil,” ujarnya.

“Kami sudah mempersiapkan hal ini selama 10 tahun, dan ini benar-benar sangat emosional bagi saya dan tim,” pungkas Shigeki.

Bus bermesin diesel ini mampu membawa hingga 21 penumpang dalam satu kali jalan. Untuk membedakan rute, kendaraan DMV diberi tiga warna eksterior yang berbeda, seperti biru, merah, dan hijau.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts