Sepeda motor

BMW Motorrad Indonesia Luncurkan S1000XR di Tengah Pandemi Covid-19

BMW S1000XR

BMW S1000XR. (Foto: Dok. BMW)

Jakarta – BMW Motorrad Indonesia telah resmi meluncurkan 1 produk terbarunya untuk pasar Tanah Air. Motor tersebut hadir dalam genre sport touring bernama BMW S1000XR yang sebelumnya meluncur lebih dulu di ajang EICMA 2019.

Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia mengatakan jika BMW S1000XR ini merupakan generasi kedua dari sepeda motor adventure. Mesinnya 999 cc, 4 silinder, berpendingin radiator.

“Ubahan yang terjadi pada model ini ada di beberapa bagian. Salah satunya adalah fokus kepada pengurangan bobot hingga 10 kilogram. Motor ini memiliki bobot total 206 kg, atau 10 kg lebih ringan dibanding generasi terdahulunya,” ujarnya.

Dengan pengurangan berat tersebut, rasio, power dan berat kendaraan menjadi lebih baik. Sehingga menambah handling. Sedangkan penyempurnaan lain adalah kapasitas tangki bahan bakar.

Tampilan belakang BMW S1000XR

Tampilan belakang BMW S1000XR (Foto: Dok. BMW)

Kapasitas bahan bakar BMW S1000XR ini bertambah hingga 20 liter. BMW S1000XR dibekali mesin 999 cc, 4 silinder segaris berpendingin radiator. Mesin ini menggunakan basis sama dengan S1000RR  yang merupakan motor sport di keluarga BMW Motorrad. Tenaga yang bisa dikeluarkan dari mesin ini mencapai 165 hp dengan torsi 112 Nm.

Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi constant-mesh 6 percepatan. Kopling yang digunakan bertipe multiplate clutch in oil bath. Ada juga fitur gearshift assistant pro yang memungkinkan pengendara bisa memindahkan transmisi tanpa harus menarik tuas kopling.

Kaki-kaki BMW S1000XR

Sebagai sepeda motor sport touring, S1000XR dibekali dengan suspensi upside down di bagian depan. Suspensi depan berukuran 46 mm yang bisa diatur tingkat kekerasannya. Sementara bagian belakang menggunakan alluminium double-sided swing-arm yang juga bisa diatur tingkat kekerasan dan empuknya.

Kaki-kaki BMW S1000XR

Kaki-kaki bisa diatur melalui cara manual dan elektronik memakai tombol (Foto: Dok BMW)

Pengaturan suspensi belakang hanya dilakukan melalui tombol Dynamis Electronic Suspension (Dynamic ESA Pro) di bagian setang. Sementara untuk casis yang dipakai disebut Flex-Frame. Rangka tersebut didukung dengan ban 120/70-R17 pada roda depan dengan lebar velg 3,5 inci. Sedangkan di belakang, memakai 190/55-R17 dengan lebar velg 6 inci.

Fitur Pengereman Maksimal

Sebagai sepeda motor bertenaga buas, BMW pun tak lupa memberikan pengamanan pada pengendara S1000XR. Di bagian depan dipasangkan 2 buah cakram berukuran 320 mm dengan kaliper 4 piston. Sementara di belakang memakai 1 cakram berukuran 265mm dengan kaliper twin piston model floating.

Ada juga fitur ABS Pro yang berfungsi mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman ketika menikung. Sistem pengereman ini juga didukung dengan Dynamic Traction Control (DTC). Fitur lain yang tak kalah adalah hill start control pro (HSC Pro) untuk membantu pengendara start and go ketika motor berhenti pada kondisi jalan menanjak.

Fitur Andalan BMW S1000XR

Selain fitur di atas yang sudah disebutkan, motor ini masih memiliki banyak fitur andalan. Seperti adaptive headlight Pro yang merupakan teknologi LED dan mampu mengikuti arah belok motor. Layar TFT berukuran 6,5 inci dengan navigasi, bluetooth, dan berbagai indikator sepeda motor. Dan Engine Drag Torque Control (MSR) yang mencegah roda belakang tergelincir akibat perlambatan mendadak atau downshifting.

Layar TFT berukuran 6,5 inci dilengkapi fitur canggih

Layar TFT berukuran 6,5 inci dilengkapi fitur canggih

Dengan fitur yang ditawarkan tersebut, BMW Motorrad Indonesia menawarkan sepeda motor ini dengan harga Rp719 jutaan off the road. Tertarik memelihara sepeda motor bertampang keren dan sangar ini?

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts