Berita Mobil

C-Class Masih Andalan Mercedes-Benz, Sedan Terlaris di Indonesia

c-class

C-Class Laris Manis (Foto: Carmudi)

Penulis: Yongki Sanjaya

Jakarta – Sedan mewah segmentasi pasarnya kecil di Indonesia. Sedan mewah hanya digemari oleh kalangan menengah atas atau eksekutif. Di segmen premium, C-Class berhasil jadi sedan terlaris Mercedes-Benz.

Sepanjang 2017 lalu, Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) selaku agen pemegang merek, mencatat penjualan mobil penumpang sebesar 3.386 unit kendaraan. Dari jumlah itu, sedan terjual 1.795 unit atau lebih dari setengahnya.

“Kalau untuk penjualan kendaraan penumpang, bisa saya sampaikan bahwa segmen sedan masih tetap menjadi backbone kami. Di 2017, sedan memberikan kontribusi sebanyak 53%,” ungkap Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management MBDI di Jakarta, Jumat (26/1).

Pria dengan panggilan Keri menjelaskan, C-Class berkontribusi terhadap penjualan tahun lalu sebesar 28%. Jumlah terbesar berikutnya disusul model E-Class sebanyak 22% dari total unit Mercedes yang terjual di Indonesia. SUV premium juga tidak kalah diminati dan termasuk model terlaris.

“Di posisi kedua, E-Class yang kami luncurkan versi CKD bulan Mei tahun lalu, mendapat penerimaan yang bagus dari market sehingga bisa memberikan kontribusi 22%. SUV dari berbagai macam varian, memberikan kontribusi 29% sedangkan segmen compact car atau kendaraan anak muda memberikan kontribusi 17%,” jelas Keri saat peluncuran E200 Avantgarde Line dan GLC 200 AMG Line.

SUV Masuk Kategori Terlaris Mercedes-Benz, MPV Minim Peminat

Mobil dengan kemampuan offroad tetap jadi idola konsumen Indonesia. Mulai dari merek Jepang hingga Eropa penjualannya cukup memuaskan.

Mercedes-Benz sebagai merek premium memiliki beragam model SUV. Dari sekian banyak model, yang banyak dibeli kalangan mapan di Indonesia adalah mid-size SUV.

“SUV kami yang paling unggulan masih GLC dan GLE. Itu masing-masing memberikan kontribusi sebesar 13% terhadap penjualan kami di tahun lalu,” tambahnya.

Sebaliknya, segmen Multi Purpose Vehicle atau MPV yang merajai penjualan mobil secara nasional, ternyata peminatnya tidak besar pada segmen premium. Mercedes-Benz hadir di segmen ini mengandalkan model V Class. Penjualannya hanya meningkat sedikit sepanjang 2017.

“Segmen MPV kami memberikan kontribusi sebesar 1,5% pada 2017,” tutup Keri. (dna)

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: wahyu.perdana@carmudi.co.id
Follow Me:

Related Posts