BeritaMobilSumber informasi

Datsun Coba Peruntungan Segmen Crossover di Indonesia

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Berbagai macam strategi terus dilancarkan oleh produsen mobil di Tanah Air untuk mendapat respons dari konsumen dan penjualan yang positif. Seperti yang dilakukan oleh PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) Agen Pemegang Merek (APM) Nissan dan Datsun di Indonesia yang akan mendatangkan satu model baru.

Model tersebut akan melengkapi jajaran produk Datsun yang sudah ada sebelumnya yaitu Datsun Go dengan Datsun Go+ Panca. Model terbaru sekaligus ketiga bagi Datsun ini akan diberi nama Datsun Cross.

Dua model sebelumnya mengisi segmen low cost green car (LCGC) dengan kendaraan jenis hatchback dan Multi Purpose Vehicle (MPV). Sementara itu Datsun Cross bakal berada di segmen yang berbeda.

Berdasarkan rumor yang beredar Datsun Cross tidak disiapkan untuk bermain di segmen LCGC. Itu artinya bisa jadi mesin yang digunakkan mobil jenis crossover itu ada di atas 1.200 cc.

Bagi NMI, Datsun Cross merupakan semangat baru dan bentuk nyata Datsun dalam menawarkan produk berkualitas sebagai pilihan baru untuk calon konsumen di Indonesia.

“Datsun Cross akan mengawali perjalanan baru dari segmen baru Datsun di Indonesia. Mobil ini adalah wujud semangat baru brand value Datsun yang ‘unstoppable’. Serta juga komitmen Datsun kepada pelanggan di Indonesia,” kata Eiichi Koito, Presiden Direktur NMI dalam keterangan resminya.

Datsun Cross Didesain Khusus untuk Indonesia

Sebagai mobil crossover, tentunya tampilan Datsun Cross akan memiliki nuansa sporty baik di sektor eksterior maupun interiornya. Menguatkan karakter crossover, ground clearance (jarak body ke aspal) mobil ini sudah dapat dipastikan akan tinggi layaknya mobil lain di kelas yang sama.

Tidak cuma tampilan saja yang bakal menjadi fokus NMI, fitur-fitur yang dipasangkan ke Datsun Cross merupakan yang terbaru dan canggih.

“Datsun Cross merupakan generasi baru compact cross-over. Dengan desainnya yang stylish dan fitur-fitur canggih, Datsun Cross akan menjadi partner yang sesuai untuk gaya hidup pelanggan baru kami, ungkap Koito.

Menariknya desain kukuh yang diterapkan ke Datsun Cross sudah dirancang khusus untuk pasar di Indonesia. “Kata Cross mendefinisikan karakter kendaraan ini, yang mendukung berbagai gaya hidup pemiliknya. Desain keseluruhan bodinya yang smart dan compact membuat Datsun Cross bergerak lincah, layaknya seorang atlet profesional,” tambah Koito.

Mirip dengan Versi Konsepnya

Bersamaan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2016, NMI secara resmi memperkenalkan mobil konsep Datsun GO-cross untuk pertama kalinya di Indonesia. Mobil konsep tersebut pertama kali diperlihatkan di Tokyo pada 2015.

Pada saat perkenalan Datsun GO-cross, NMI membawa sang desaineryaitu Kei Kyu selaku Datsun Executive Design Director Nissan Motor Co. Menurutnya mobil konsep Datsun GO-cross didesain dengan harapan untuk memberikan gaya, kesenangan, dan petualangan dengan rasa baru di jajaran produk Datsun.

Mobil ini secara spesifik dibuat untuk mewujudkan mimpi serta memenuhi preferensi generasi baru pengendara mobil muda, ambisius, dan gemar menjelajah. Datsun GO-cross memberikan tampilan yang kuat dan agresif, kesan tersebut terlihat dari fender-nya menjalar hingga bumper. Juga dilengkapi dengan velg berukuran 17 inci.

Bagian bawah Datsun GO-cross terlihat kuat dan kokoh, sedangkan bagian atasnya terkesan halus dengan karakter garis yang mengalir di panel bagian samping. Untuk dapat mencerminkan pribadi pemiliknya dengan lebih baik, tampilan luar mobil dapat disesuaikan melalui personalization programme.

Kei Kyu mengatakan, “Secara keseluruhan, Datsun GO-cross adalah simbol dari usaha kami yang berkelanjutan untuk menawarkan mobilitas yang modern dan dapat diandalkan, serta untuk membuat pengalaman berkendara yang lebih dinamis dan menyenangkan,”

Berdasarkan gambar yang ditunjukkan oleh NMI, tampak jelas bagian depan Datsun Cross mirip sekali dengan versi konsep. Grille yang didesain sesuai dengan ciri khas khas Datsun diapit oleh sepasang fog lamp, lalu penerangan utama dipercantik oleh lampu senja dari LED. Lekukan-lekukan yang ada di bumper dan kap mesin memperkuat kesan kukuh yang disandangnya. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts