Berita

Carsome Academy Hadir di Indonesia, Kemenaker Berikan Apresiasi Tinggi

Jakarta — Carsome Academy resmi hadir di Indonesia sebagai lembaga pelatihan bersertifikat dan berorientasi industri di Indonesia. Pembukaan ini pun disambut dan mendapat apresiasi dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia.

Menurut survei yang dilakukan Ketenagakerjaan Nasional atau Sakernas pada 2020 lalu, reparasi kendaraan dan pedagang eceran merupakan penyedia lapangan kerja paling tinggi kedua di Tanah Air di mana mencatat kontribusi hampir 20 persen dari semua sektor.

Carsome Academy

Carsome Indonesia. (Foto: Nadya/Carmudi)

Kemudian, Moh. Saeful Hasan, ST., MT. selaku Kepala Seksi Perizinan Lembaga, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menyampaikan bahwa dua tahun terakhir, sektor ketenagakerjaan terkena dampak pandemi Covid-19 yang mempengaruhi capaian sasaran nasional.

Kementerian Ketenagakerjaan pun menetapkan sembilan strategi lompatan untuk mengatasi beragam tantangan di sektor ketenagakerjaan, salah satunya melalui pengembangan talenta muda.

“Adapun salah satu strategi utama dalam memberdayakan mereka guna menyukseskan implementasi Industri 4.0, yaitu memberikan program upskilling dan reskilling untuk generasi muda atau calon tenaga kerja, khususnya tingkat umum ataupun vokasi,” ujar Moh. Saeful, Kamis (23/6/2022).

Karena itu, lanjutnya, pihaknya menyambut baik adanya Carsome Academy yang telah mendukung agenda nasional dalam menyiapkan tenaga siap kerja melalui Diklat Kejuruan Teknis (TVET), khususnya pada bidang inspeksi kendaraan.

Kehadirannya di Indonesia pun diharapkan bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi isu ketenagakerjaan yang ada, mengingat tingginya kemampuan daya serap lapangan kerja di sektor otomotif Tanah Air.

Detail Carsome Academy

Carsome Academy

Carsome Academy. (Foto: Nadya/Carmudi)

Carsome Academy menyediakan pelatihan khusus lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat yang berusia 18 tahun ke atas untuk menjadi inspektur kendaraan andal di mana nantinya diharapkan mempunyai keterampilan bertaraf internasional agar siap bersaing.

Lulusannya akan dibekali pendidikan teknis selama tiga bulan melalui modul yang diberikan secara hybrid dan enam bulan pelatihan praktik di Carsome.

Selain itu, para peserta juga akan dibekali teori dan pengalaman praktik berdasarkan standarisasi serta kualifikasi profesional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Tak hanya itu, Carsome turut memberikan peluang pada lulusan Carsome Academy untuk bekerja di Carsome.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/