Home » Berita » Mengenal Sosok Mobil China Foday Landfort, Mirip Esemka Garuda 1

Mengenal Sosok Mobil China Foday Landfort, Mirip Esemka Garuda 1

esemka garuda 1
Desain gagah Foday Landfort. (Foto: Paultan)

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Mobil Esemka kembali bikin heboh. Setelah tahun lalu muncul Esemka Digdaya, kini giliran Esemka Garuda 1 yang kedapatan tengah diangkut oleh truck towing di jalan raya.

Kemunculan mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini seakan memperkuat pernyataan pemilik PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), AM Hendropriyono.

Mantan Kepala Badan Intelejen Negara itu sempat menyebutkan paling lambat pertengahan tahun ini mobil Esemka akan meluncur.

Dia juga mengakui diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggarap dan memproduksi Esemka yang akan dikenal sebagai mobil nasional (mobnas).

Nantinya mobnas akan dijual dengan harga terjangkau. Mungkin bagi sebagian orang kemunculan Esemka Garuda 1 menjadi suatu kebanggan tersendiri.

Tak lama lagi Indonesia bakal mempunyai produk otomotif yang murni dibangun dan dikembangkan secara lokal. Apalagi keinginan tersebut sudah lama diidam-idamkan oleh Jokowi.

Tapi di sisi lain tidak sedikit orang yang merasa kecewa begitu melihat Esemka Garuda 1, walaupun hanya sebatas melalui foto di media sosial. Kebanyakan dari mereka menganggap Esemka Garuda 1 mirip seperti mobil yang dipasarkan di China, Foday Landfort.

Bahkan ada juga yang menduga Esemka Garuda 1 hanya mengganti label saja (rebadging). Tak berbeda jauh dengan Timor di masa lalu yang cuma rebagding KIA Sephia.

Sampai saat ini belum ada keteragan resmi yang disampaikan oleh PT ACEH terkait kemiripan Esemka Garuda 1 dengan Foday Landfort. Sambil menunggu keterangan resmi dan waktu peluncuran Esemka Garuda 1, yuk simak terlebih dahulu sosok dari Foday Landfort.

esemka garuda 1
Wajah Foday Landfort. (Foto: Paultan)

Foday Landfort Sudah Dipasarkan di Malaysia

Foday Landfort atau dikenal juga dengan nama Lanfu meluncur pada 2014 di China. Model yang sama juga dipasarkan di Malaysia dan sudah diproduksi lokal di Oriental Assemblers, Tampoi, Johor. Pabrik tersebut juga digunakan untuk merakit model Chery di Malaysia.

Mobil dengan kemampuan menampung hingga tujuh orang di kabin ini diposisikan di atas Foday Explorer 6. Foday Landfort memiliki panjang 4.771 milimeter, lebar 1.870 mm, tinggi 1828 mm, jarak sumbu roda 2.790 mm dan ground Clearance 217 mm.

Tampak samping Foday Landfort. (Foto: Paultan)

Mesin dan Fitur Unggulan di Foday Landfort

Seperti dilansir dari Carnewschina, SUV murah dan berdimensi besar sangat populer di China. Maka dari itu Guangdong Foday Automobile selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Foday, begitu percaya diri dalam memasarkan Landfort.

Namun, cukup disayangkan Foday Landfort hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual saja. Tidak adanya transmisi otomatis kemungkinan bisa menghambat penjualan.

Sebagai senjata untuk melawan para pesaing di segmen yang sama, tentunya perusahaan telah membekali Foday Landfort dengan sejumlah fitur unggulan sebagai standar.

Pada sektor eksterior, Foday Landfort sudah dibekali dengan roof rack, wiper kaca belakang, sunroof, Heated and Power Folding Exterior Mirrors, lampu kabut, velg alloy, ‘Follow-me-home’ lights dan lainnya.

Sedangkan interior disematkan lingkar kemudi dibungkus kulit, head unit tujuh inci, Driver Power Seat, jok kulit dan lainnya. Tidak hanya itu, perusahaan juga menyediakan beberapa aksesori tambahan untuk membuat mobil tampil beda.

Esemka Garuda 1
Interior Foday Landfort. (Foto: Paultan)

Peduli akan keselamatan dan keamanan penumpang di kabin, pabrikan juga menambahkan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Child-proof Door Locks, Speed and Crash Sensors, Remote Key dan Rearview Camera.

Dibanderol mulai dari 109.800 yuan atau sekira Rp232 juta sampai 148.800 yuan atau Rp315 jutaan, Foday Landfort ditawarkan dalam enam tipe dengan dua pilihan mesin.

Pertama adalah mesin Mitsubishi 4G69S4N petrol berkapasitas 2.378cc yang diklaim mampu melontarkan tenaga sekuat 100 kW pada 5.250 rpm. Torsinya hingga 200 Nm pada rentang 2.500 – 3.000 rpm.

Kedua berupa mesin D19TCID1 diesel turbocharged berkapasitas 1.850cc, bertenaga 100 kW pada 4.000 rpm dengan torsi puncak 300 Nm pada 1.800 – 2.800 rpm.

Masing-masing mesin ditawarkan dengan transmisi manual lima percepatan dan tersedia dalam sistem penggerak dua serta empat roda. (dna)

Toyota
Previous post
Cara Toyota Perbaiki SDM Bidang Otomotif di Indonesia
Honda Accord
Next post
Honda Indonesia Kali ini Tarik Odyssey dan Accord Untuk Penggantian Switch Door Mirror