Home » Mobil » Daftar 13 Mobil Bekas Seharga Rp30 Jutaan, Dapat Apa Aja Sih?

Daftar 13 Mobil Bekas Seharga Rp30 Jutaan, Dapat Apa Aja Sih?

Balai lelang Auksi (Foto: Auksi)

Jakarta – Pernah terbayang tidak kalau untuk membeli mobil dengan harga yang murah? Murah ini bisa bersifat relatif, karena tingkat murah setiap orang pasti berbeda-beda. Tapi bagaimana kalau Anda membayangkan kalau mobil bekas seharga Rp30 jutaan. Anda pasti akan berpikir apakah ada mobil bekas seharga itu? Jawabannya, ada kok!

Kalau Anda beranggapan tidak ada, anggapan Anda kurang tepat. Kami bakal coba memberikan informasi beberapa mobil bekas yang punya harga Rp30 jutaan. Kalau dipikir-pikir, harga mobil bekas ini lebih murah dari sepeda motor matik 150cc modern yang ada saat ini ya. Malah lebih mahal itu motor dibanding mobil bekas ini. 

Tapi Anda jangan memandang remeh dulu mobil-mobil bekas yang punya harga lumayan menggiurkan ini. Tidak semua mobil punya kondisi yang bobrok kok, banyak juga yang kondisinya masih bagus dan layak pakai. Tapi, Anda juga harus pintar dalam memilih mobil bekas dengan harga tersebut. Kira-kira, pilihan mobil bekas di harga segitu dapat apa aja ya? 

Hyundai Trajet

Bagi sebagian orang, rasanya mobil yang satu ini cukup asing terdengar. Tapi bagi para pecinta otomotif, Hyundai Trajet sempat jadi salah satu mobil yang cukup populer di awal era 2.000-an. Hyundai Trajet merupakan mobil keluarga dengan pintu geser. Bangku di dalamnya pun ada yang menggunakan model captain seat, cukup mewah di eranya. 

Sekarang, mobil satu ini punya harga yang cukup murah. Bahkan di pasaran mobil ini banyak dijual dengan harga Rp20 jutaan sampai Rp30 jutaan. Tentunya ada harga ada kualitas. Alias kalau mau membeli yang kondisinya segar, tentu harganya akan lebih mahal. Jika dilihat dari usia, tentu mobil ini sudah memasuki usia hampir 20 tahunan.

KIA Carnival

Mobil satu ini merupakan rival terdekat dari Hyundai Trajet. Ada juga yang menyebut jika kedua mobil ini saling berbagi platform. Padahal, kedua mobil ini memiliki perbedaan.

Sepintas desainnya memang agak mirip. Bentuknya terlihat seperti melonjong dan besar di bagian belakang. Model jok tengahnya pun ada yang captain seat, sehingga sempat menjadi mobil mewah di zamannya. 

Peugeot 306

Mobil bekas seharga Rp30 jutaan lainnya adalah Peugeot 306. Sedan asal Perancis yang satu ini diketahui memiliki harga pasaran yang cukup murah. Ketersediaan spare partnya pun juga terbilang masih cukup aman ditemui. Biasanya penyakit yang melanda Peugeot 306 adalah temperatur mesin yang cepat panas, alias mudah overheat. Sebenarnya hal tersebut dikarenakan faktor usia. 

Peugeot 306, Wikipedia
Peugeot 306, Wikipedia

Cooling system mobil tua jarang diperhatikan oleh pemilik sebelumnya, sehingga mobil menjadi cepat panas. Dengan desain yang kompak dan cukup mungil, Peugeot 306 rasanya lumayan oke dijadikan mobil harian atau mobil hobby. Dengan harga yang murah, sudah bisa dapat mobil Eropa yang lumayan oke nih. Apalagi kalau sudah dimodifikasi, tentu akan jadi lebih keren.

Mazda Familia

Pernah mendengar Mazda Familia? Kalau belum, coba deh kalian browsing mobil yang satu ini. Mazda Familia sebenarnya punya desain yang oke dan nggak kelihatan murahan banget kok. Mazda Familia merupakan sedan yang dibuat di era 1990-an hingga 2.000-an awal. Secara tampilan, menurut kami modelnya tidak terlalu kelihatan jelek kok. Masih punya nilai sporty dan elegan kalau dilihat dari depan.

Biaya perawatan dari mobil ini juga terbilang murah, serta sparepartnya pun punya harga yang murah. Nggak salah juga sih kalau mobil ini dijadikan mobil harian. Apalagi mobil Jepang dikenal punya mesin bandel, konsumsi bbm yang nggak terlalu boros. Harga pasaran mobil ini mencapai Rp30 jutaan. Masih oke lah buat anak muda belajar main mobil. 

Opel Blazer

Buat anak 1990-an, nama Opel Blazer nggak asing banget deh. Mobil yang punya desain ala-ala SUV Amerika Serikat ini jadi salah satu mobil mewah yang ada di tahun 1990-an. Bodinya besar, dengan interior yang cukup mewah dan elegan di zamannya. Sekarang, Opel Blazer sudah punya banderol bekas yang lumayan murah. 

Sayang, ketersediaan spare part dari mobil ini saat ini sudah cukup sulit ditemui. Tetapi, bengkel spesialis Opel Blazer ini biasanya juga terbiasa menangani Chevrolet. Karena spare part Opel Blazer sama dengan beberapa mobil Chevrolet yang ada di Indonesia. Mungkin karena sama-sama satu group, jadi bisa saling substitusi komponen deh. 

Daihatsu Espass

Buat anak 1990-an, nama Daihatsu Espass juga pasti nggak asing didengar nih. Mobil yang pernah populer dan laris manis di era 1990-an ini dikenal jadi salah satu mobil keluarga andalan selain Isuzu Panther. Pintu yang dipakai pada bagian tengah menggunakan model geser, bisa dibilang ini jadi salah satu cikal bakal mobil pintu geser di Indonesia. Desain depannya seperti hatchback, tidak memiliki hidung yang panjang. 

Malah kalau dilihat mobil ini kelihatan mirip Suzuki Carry, karena sama-sama memiliki bagian depan yang terlihat rata. Daihatsu Espass merupakan generasi penerus dari Daihatsu Zebra Astrea. Mobil ini memang didesain sebagai mobil keluarga dengan harga yang murah. Soal perawatan, di masanya mobil ini termasuk mobil yang rewel dan tahan banting. 

Toyota Cressida

Mobil bekas seharga Rp30 jutaan ini juga jadi salah satu sedan mewah yang ada di tahun 1970-an hingga 1990-an. Bisa diiblang Toyota Cressida punya fitur yang lumayan keren di masanya, karena sudah menggunakan istrumen cluster model digital. Indikator kecepatan, rpm, bahan bakar semuanya model digital, keren kan? Karena usianya sudah cukup tua, mobil ini pun tentunya punya harga bekas yang juga sudah murah.

Di 2020, harga bekas dari Toyota Cressida ini berkisar di angka Rp20 jutaan sampai Rp30 jutaan. Jika ingin membeli mobil ini, tentunya sudah harus melakukan penyegaran di berbagai sektor agar performa semakin optimal. Banyak juga nih anak muda yang membeli Toyota Cressida untuk dimodifikasi. 

Toyota Corolla Twincam

Toyota Corolla Twincam boleh jadi masuk ke dalam daftar mobil bekas seharga Rp30 jutaan. Sedan yang satu ini dikenal punya performa mesin yang kencang dan tampilan yang sporty. Mobil ini juga pernah menjadi mobil gaul anak muda di tahun 1990-an sampai 2.000-an. Sekarang, mobil yang ada dari tahun 1980-an akhir sampai 1990-an ini sudah punya harga yang lumayan murah. 

Toyota Corolla AE92, biasa disebut Corolla Twincam
Toyota Corolla AE92, biasa disebut Corolla Twincam

Buat anak muda yang sedang mencari mobil yang bisa dimodifikasi, Corolla Twincam bisa dipilih. Komponennya pun masih mudah ditemui, dan aliran modifikasi dari mobil ini juga lumayan banyak pilihan. Bahkan di tahun 2020 ini, masih banyak juga anak muda yang mengincar mobil ini untuk mengenang memori di masa kecil. 

Toyota Starlet Kotak

Mobil kecil yang satu ini beberapa tahun belakangan kembali naik daun lagi. Karena banyak yang membeli dan melakukan restorasi, nggak heran kalau harganya sekarang kembali tinggi. Tapi, Toyota Starlet dengan bodi kotak ini juga ada yang harganya Rp20 jutaan sampai Rp30 jutaan. Tapi dengan kondisi yang bagus, ada juga yang harganya lebih dari Rp60 jutaan. 

Toyota Starlet Kotak EP71

Untuk sekadar melakukan restorasi dan mengembalikan kenangan masa lalu, rasanya mobil ini boleh juga nih dipelihara. Selain konsumsi bbmnya irit banget, harga spare partnya pun juga murah. Alias mobil ini nggak bakalan nyusahin buat dipelihara, asalkan kondisinya dijaga dan dirawat. 

Mazda Interplay

Mobil bekas seharga Rp30 jutaan yang lainnya adalah Mazda Interplay. Sedan yang satu ini punya harga bekas di kisaran Rp25 jutaan. Desainnya memang kelihatan cukup tua, maklum saja karena mobil ini merupakan mobil yang lahir di era 1990-an awal. Artinya, sudah lebih dari 26 tahun melanglang buana bersama berbagai pemiliknya. 

Instrumen cluster ini bisa dibilang hampir sama seperti Toyota Cressida, karena sudah memakai model digital. Indikator bensin, rpm, kecepatan dan temperatur mesin sudah memakai digital. Sayang, kondisinya banyak yang kurang terawat sehingga membutuhkan penyegaran di berbagai sektor. 

Mazda Vantrend

Kalau kalian suka sama station wagon, dan pengen station wagon yang harganya murah, mobil ini bisa jadi jawabannya hehe. Yup, Mazda Vantrend merupakan station wagon yang populasinya lumayan banyak di Indonesia. Mobil tahun 1990-an ini emang salah satu mobil terlarisnya Mazda di era itu. 

Tapi sayangnya, sekarang Mazda Vantrend dianggap jadi salah satu mobil yang kurang diminati. Entah karena desainnya yang dianggap jadul, atau kondisinya yang lebih banyak yang mengenaskan ketimbang yang mulus. Tapi, buat yang mau melakukan restorasi, Mazda Vantrend ini sebenernya oke juga kalau dibuat ala-ala restomod atau modifikasi ringan. 

Volvo 960

Sedan asal Swedia ini jadi salah satu sedan Eropa yang punya harga lumayan murah, terutama seri 960. Volvo 960 punya tampilan yang boxy, alias kotak banget bentuknya. Kap mesinnya lebih pipih dibanding bagasinya. Mobil satu ini dikenal punya karakter mesin yang bandel dan lumayan badak, alias kuat buat disiksa. 

Tapi sayangnya, interior dari Volvo jadi yang paling rentan kalau dibandingin sama sedan Eropa lain di usianya. Interiornya gampang retak, pecah, dan ngebuat pengemudi jadi nggak nyaman. Soal harga, Volvo 960 ini punya harga yang tergolong murah di kisaran Rp30 jutaan. Tapi, harus pintar-pintar memilih supaya nggak dapat unit yang busuk ya.

Mercedes-Benz W124

Mobil yang lebih dikenal sebagai Mercy Boxer atau Mercedes-Benz dengan kode bodi W124 ini merupakan salah satu pilihan terakhir. Soal harga, memang ada juga Mercy Boxer yang dibanderol Rp30 jutaan. Tapi, kondisinya tentu saja cukup mengenaskan dan butuh banyak perbaikan.

Mercedes-Benz 300E, Mercy boxer
Mercedes-Benz 300E, Mercy boxer

Sedan Eropa satu ini juga punya kenyamanan yang luar biasa jika kondisinya sangat sehat. Nah, itu tadi merupakan mobil bekas seharga Rp30 jutaan yang bisa kamu pilih. Jika tidak suka dengan model di atas, tentunya kamu harus mencari mobil dengan bajet yang sesuai dengan keinginan. So, selamat memilih!

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Promo Pembelian Mobil Baru Wuling, Cuma Berlaku Agustus
terjebak banjir
Next post
Ingat Lagi, Cara Berkendara dengan Aman Saat Hujan