Home » Tips dan Trik » Daftar Layanan Service Motor Panggilan ke Rumah, Cukup Membantu Saat Pandemi

Daftar Layanan Service Motor Panggilan ke Rumah, Cukup Membantu Saat Pandemi

Service motor
Service motor tidak cuma di bengkel resmi tapi bisa juga panggilan ke rumah (Foto: Carmudi)

Jakarta – Layanan jasa home service beberapa waktu terakhir kian dibutuhkan oleh masyarakat. Pasalnya, kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar membuat bengkel resmi tidak beroperasi secara maksimal. Supaya kondisi motor tetap prima tanpa harus keluar rumah, layanan service panggilan pun menjadi andalan.

Sepeda motor kini menjadi satu sarana transportasi yang paling aman untuk mobilitas harian. Untuk itu, kondisinya harus dijaga supaya tetap prima dan siap digunakan kapanpun. Di tengah kondisi social distancing seperti sekarang ini, kita tentunya akan sedikit kesulitan karena tidak semua bengkel buka atau memberlakukan kuota servis.

Layanan service motor di rumah, pemilik kendaraan tinggal menghubungi nomor hotline dan kemudian mekanik dari bengkel resmi terdekat akan datang. Awal dari kemunculan home service ini karena motor yang Anda miliki tiba-tiba mogok karena belum sempat Anda servis. Sayangnya, layanan service motor panggilan ini hanya melayani servis ringan dan ganti oli saja.

Mekanik yang datang hanya melakukan penggantian komponen fast moving seperti kampas rem, filter udara, busi, v-belt, roller, rantai motor, sampai ganti oli. Servis yang lumayan sulit seperti ganti komstir, atau ganti seher tetap dilakukan di bengkel. Sayangnya, tidak banyak bengkel dan jaringan dealer resmi yang menyediakan layanan home service ini.

Sejauh ini Honda, Yamaha dan Kawasaki yang secara langsung memberikan layanan home service selama PSBB kepada konsumen mereka. Untuk merek-merek lainnya, menjadi kewenangan masing-masing dealer sehingga tidak melayani semua wilayah.

Layanan Home Service Kawasaki

Layanan home service dari dealer Kawansakti (Foto: Facebook KMI)

Bagi kalian pengguna motor Kawasaki yang sudah saatnya servis tapi enggan keluar rumah, tenang saja. Sebab, motor dengan ciri khas warna hijau ini menyediakan layanan home service baik dari diler atau cakupan garansi dari agen pemegang merek.

Pertama, ada Kawansakti Home Service merupakan layanan eksklusif untuk pada pengguna Kawasaki Ninja dari diler Kawansakti. Untuk menikmati layanan ini, kalian cukup menghubungi 021 – 596 9000 selama jam kerja.

Adapun pihak Kawasaki Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek juga menyediakan garansi menyeluruh termasuk dengan layanan darurat di jalan. Layanan yang disebut sebagai Kawasaki Road Service tersedia untuk para pengguna motor Kawasaki yang mengalami masalah di jalan.

KRS untuk pemilik Kawasaki cuma berlaku selama setahun (Foto: Facebook KMI)

Selama masa PSBB, pemilik motor Kawasaki bisa memanfaatkan layanan KRS tersebut untuk servis di rumah. Tim mekanik akan datang untuk masalah ringan seperti ban bocor atau perbaikan-perbaikan motor yang bisa dilakukan di tempat.

Jika masalah pada motor tersebut tidak bisa diperbaiki di rumah konsumen, maka tim mekanik akan memperbaiki di bengkel. Motor akan diangkut towing supaya motor bisa dikirim ke bengkel resmi terdekat.

KRS ini berlaku selama setahun penuh. Apabila KRS sudah habis masa berlakunya, bisa diperpanjang setiap tahunnya. Biayanya Rp 550 ribu per tahun dan layanan KRS ini adalah bentuk klaim asuransi dari JBR.

Prosedur klaim ini tidak sulit. Saat terjadi kecelakaan atau gangguan, pemilik Kawasaki dapat menghubungi JBR dan memberitahukan lokasi kejadian. Selanjutnya, call center Kawasaki akan memberikan konfirmasi mengenai posisi, keadaan, dan lokasi kejadian.

Kalian tinggal menunggu rescuer dari diler terdekat datang. Rescuer ini bisa menggunakan 2 kendaraan, (motor atau truk towing) sesuai dengan deskripsi kejadian

Apabila cukup dengan perbaikan di tempat, maka hanya memakai motor atau datang. Sedangkan truk towing dipakai untuk menderek motor apabila kerusakan cukup parah.

Service Panggilan ke Rumah untuk Motor Yamaha

Yamaha juga menyediakan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) selama masa PSBB. Dengan demikian, konsumen tidak perlu ke bengkel dan layanan SKY ini berlaku untuk semua tipe motor Yamaha.

Untuk layanan SKY oleh dealer Yamaha, program ini bisa ditemukan di sejumlah dealer bersar Yamaha di Indonesia. Kalian bisa menggunakan aplikasi My Yamaha Motor bagi pengguna ponsel Android untuk mengakses layanan SKY.

Apabila tidak memiliki aplikasi tersebut, bisa langsung menghubungi jaringan dealer besar Yamaha seperti di Yamaha Flagship Shop Jakarta, Yamaha Flagship Shop Bali, Yamaha Flagship Shop Jambi, dan beberapa dealer Yamaha lainnya.

Untuk bisa memesan layanan SKY, konsumen Yamaha tinggal menghubungi nomor telepon masing-masing dealer yang memiliki program ini. Sampaikan keluhan atau kebutuhan service untuk motornya, dan selanjutnya atur jadwal service dengan mekanik.

Dealer Yamaha selanjutnya akan mengirimkan teknisi sesuai jangkauan jarak. Adapun tarif servis dan harga suku cadangnya sama seperti ketika kita melakukan perawatan di bengkel resmi.

Layanan Home Service Motor Honda, Bisa Pesan dari Aplikasi Smartphone

Layanan Service Motor Panggilan dari AHASS (Foto: AHM)

Merek dengan penjualan motor terbesar ini menyediakan layanan home service secara terstruktur baik dari agen pemegang merek maupun jaringan diler. PT Astra Honda Motor memiliki layanan Honda Customer Assistance Road Emergency Road Emergency atau Honda Care yang berlaku untuk semua jenis motor Honda.

Jasa servis dan penggantian spare part motor saat service panggilan ke rumah sesuai dengan aturan di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Konsumen dapat menghubungi Honda CARE melalui 1-500-989.

Dikutip dari laman resmi AHM, servis yang dilakukan adalah Paket Servis Lengkap/Ringan/Ganti Oli Plus (servis tune up) atau pekerjaan lain yang waktunya pengerjaannya (termasuk servis tune up) tidak lebih dari 1 jam. Adapun penggantian part yang dikerjakan adalah penggantian sparepart fast-moving sepeda motor Honda.

Layanan home service dari AHASS Bintang Motor (Foto: Bintang Motor)

Selain itu, terdapat layanan servis lainnya, layanan Servis Jemput Antar. Tim mekanik dari AHASS yang akan datang antar jemput motor Anda di rumah atau kantor.

Ada juga layanan Honda Servis Kunjung dari Astra Motor. Ini adalah program servis berkala yang ditujukan untuk perusahaan atau fleet, dimana servis dilakukan di lokasi yang disepakati.

Sepeda motor yang dikerjakan, bisa berupa sepeda motor operasional milik perusahaan, maupun sepeda motor milik karyawan perusahaan. Kalian bisa juga memanfaatkan layanan ini bersama rekan-rekan sekantor sehingga lebih hemat waktu karena tidak perlu antri di bengkel.

PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku main dealer Honda di Jakarta dan Tangerang juga membuat layanan berbasis aplikasi, Wanda. Aplikasi tersebut berisi mulai dari informasi produk terbaru, layanan chatboard, kebutuhan Honda Genuine Parts hingga apparel.

Aplikasi Wanda juga menambahkan layanan home service yang praktis digunakan untuk konsumen. Wahana dalam hal ini menjalankan program untuk melakukan perawatan serta perbaikan sepeda motor Honda konsumen langsung dirumah konsumen.

Layanan service motor panggilan ini tentunya berkualitas standar bengkel resmi. Saat ini layanan home service melalui aplikasi baru berjalan di 16 AHASS di Jakarta dan Tangerang. Adapun syarat lain home service adalah jarak lokasi dengan konsumen maksimal 2 Kilometer.

Service Motor Panggilan Pakai Aplikasi

Go-Mekanik, layanan aplikasi untuk service motor panggilan (Foto: Go Mekanik)

Tidak cuma agen pemegang merek dan jaringan dealer yang menyediakan layanan home service. Kalian yang jauh dari bengkel resmi atau garansi motor sudah habis pun tetap bisa melakukan servis motor di rumah dengan bantuan aplikasi smartphone Go Mekanik. Pada aplikasi tersebut menyediakan layanan untuk service motor panggilan ke rumah khusus untuk wilayah Semarang.

Pilih kendaraan anda, ceritakan masalahnya dan pilih part yang dibutuhkan. Kemudian, pilih tanggal, waktu dan lokasi. Secara sistem akan diberikan beberapa pilihan bengkel yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.  Mekanik kamu akan datang sesuai tanggal, waktu dan tempat pilihan kamu.

Aplikasi ini diklaim memberikan harga yang transparan. Harga yang tercantum pada sistem adalah harga yang harus dibayarkan untuk service dan sparepart.

Apabila dalam proses pengecekan langsung ada penambahan biaya untuk sparepart maka mekanik akan melakukan update data pada aplikasi. Perbaikan motor mendapatkan garansi pekerjaan selama jangka waktu satu minggu.

Konsumen dipersilahkan untuk melakukan komplain melalui fasilitas menu yang ada di aplikasi. Ini cuma berlaku apabila ada yang dirasakan kurang dan berkaitan dengan servis yang dilakukan sebelumnya.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Resmi, Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Tembus Rp 112,9 Juta
Next post
Akhirnya, SUV Pertama Aston Martin Mulai Diproduksi Massal