Tips dan Trik

Baru Punya Mobil, Langsung Siapkan Deretan Aksesori Penting Ini

Bagi Carmudian yang baru pertama memiliki mobil, segeralah melengkapi kabinnya dengan beberapa aksesori yang penting untuk menunjang perjalanan tetap nyaman dan aman.

APAR Mobil

(Foto: The Brecketeer)

Katakanlah Anda baru saja membeli mobil impian, baik dalam kondisi gres ataupun tangan kedua. Besar kemungkinannya Anda perlu belanja beberapa barang dulu sebelum mobil siap dikendarai sehari-hari.

Setiap pabrikan mobil memang akan membuat produk mengacu pada kebutuhan konsumennya. Namun, dapat dipastikan Anda masih harus melengkapi sendiri beberapa kebutuhan barang.

Contohnya tempat sampah atau lampu senter. Kedua barang tersebut tidak akan Anda dapatkan ketika membeli mobil, tapi keberadaannya sangat penting untuk selalu tersedia di dalam kabin.

Baca Juga: Memilih Aksesori Mobil Harap Selalu Utamakan Fungsi, Bukan Asal Cakep

Aksesori yang Penting untuk Tersedia di Kabin Mobil

Untuk lebih lengkapnya mari simak rekomendasi barang-barang aksesori mobil yang penting untuk dimiliki. Sebagian besar bisa Anda dapatkan di toko aksesori otomotif atau bahkan di toko perkakas.

Tempat Sampah

Aksesori mobil yang penting - tempat sampah

(Foto: Gadget Review)

Barang ini wajib masuk dalam prioritas ketika Anda berbelanja keperluan untuk mobil yang baru dimiliki. Fungsi keberadaannya cukup jelas yaitu sebagai wadah sampah yang dihasilkan selama menjalani aktivitas berkendara, contohnya karcis parkir atau kemasan makanan ringan.

Terdapat beberapa tips dalam memilih tempat sampah untuk di kabin mobil. Tempat sampah biasanya diposisikan di belakang konsol tengah sehingga semua orang di dalam kabin bisa menjangkaunya.

Termasuk pengemudi dari posisi duduknya. Syarat utama memilih tempat sampah mobil ialah dapat dibuka dan ditutup dengan mudah. Kemudian cari yang tidak terlalu tinggi agar tak mudah terguling.

Hal penting lainnya ialah rutin mengosongkan tempat sampah dengan membuang isinya ke wadah yang lebih tempat penampungan yang ada di tempat tinggal Anda. Jika sampah dibiarkan terlalu lama di dalam mobil berpotensi menimbulkan aroma tak sedap terutama yang asalnya dari makanan atau minuman.

Lampu Senter

Akesori mobil yang penting dimiliki - lampu senter

(Foto: SUN Education)

Sebagian dari pemilik kendaraan mungkin berpikir menaruh lampu senter di dalam kabin merupakan hal yang sia-sia. Sebabnya kabin mobil umumnya sudah dilengkapi dengan sistem penerangan yang berada di bagian headliner-nya.

Bukan sekadar untuk membaca atau mencari barang di dalam tas Anda, lampu senter berguna ketika mengalami situasi darurat pada malam hari. Contohnya situasi yang mengharuskan Anda melakukan inspeksi ruang mesin, kaki-kaki, atau kolong mobil.

Hanya dengan barang ini semua bagian tersebut dapat dilihat jelas ketika malam hari atau saat situasi penerangan alami mulai berkurang.

Dalam hal ini, Anda mungkin saja bisa memanfaatkan fitur penerangan yang terdapat di telepon genggam, tapi dapat dipastikan kualitas cahayanya kurang memuaskan.

Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

APAR mobil

(Foto: Flickr)

Bagi mereka yang membeli mobil buatan tahun 2021 dan lebih muda akan langsung mendapatkan APAR di dalam kabinnya.

Hal tersebut seiring dengan disahkannya Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Peraturan tersebut mewajibkan setiap mobil baru untuk dilengkapi alat pemadam api mulai tahun 2021. Beda cerita untuk mobil-mobil yang dibuat pada tahun-tahun sebelumnya.

Meski demikian, pemilik mobil dapat melengkapi sendiri kabin mobilnya dengan APAR. Saat ini barangnya bisa ditemui di toko-toko aksesori mobil baik online atau offline.

APAR terdiri dari beberapa jenis berdasarkan bahan yang digunakan, meliputi air, busa, dan bubuk kimia. Jenis yang terakhir disebut dinilai cocok untuk sebagai persediaan di mobil.

Tak kalah penting ialah memerhatikan kualitas APAR yang akan dibeli. Pemilik mobil sebaiknya membeli APAR yang sudah memenuhi standar SNI dan menghindari produk yang menggunakan gas bertekanan tinggi.

Kabel Jumper

aksesori mobil yang penting dimiliki - kabel jumper

(Foto: Yuasa)

Rekomendasi barang atau aksesori mobil yang penting berikutnya ialah kabel jumper. Keberadaan barang ini akan sangat berguna jika mobil mogok karena aki soak. Hal tersebut berlaku bagi mobil yang dimiliki sendiri atau mobil kepunyaan orang lain.

Fungsi kabel ini pada dasarnya untuk mengalirkan listrik dari mobil yang akinya sehat ke mobil yang akinya soak. Dengan begitu, mesin mobil yang akinya soak dapat dihidupkan.

Meskipun pemilik mobil tidak dapat menggunakannya, ada baiknya kabel jumper tetap selalu tersedia di dalam kabin. Walau sebenarnya penggunaan kabel ini tidak terlalu rumit. Hal terpenting yang harus diperhatikan ialah urutan menghubungkan kabel jumper tersebut.

Untuk pemasangan, urutannya dimulai dengan menghubungkan kabel merah ke kutub positif mobil yang mogok. Dilanjut menghubungan kabel merah lainnya ke kutub positif aki mobil donor.

Kemudian pasang kabel hitam ke kutub negatif aki mobil donor. Terakhir pasang kabel hitam lainnya ke body atau rangka mobil mogok.

Setelah mobil berhasil dihidupkan, kabel jumper juga perlu dilepas dengan urutan tertentu. Lepas kabel jumper hitam dari mobil yang sebelumnya mogok terlebih dahulu. Disusul melepas kabel hitam dari mobil donor. Kemudian dilanjutkan melepas kabel merah dengan urutan yang sama.

Harga kabel jumper mobil di pasaran sangat variatif. Beberapa produk ditawarkan dengan banderol di bawah Rp100, tapi ada juga yang dijual Rp250 ribu ke atas.

Bantal Headrest

bantal headrest

(Foto: Aliexpress)

Posisi berkendara yang ideal sangat menentukan kenyamanan selama perjalanan. Dalam hal ini ada beberapa faktor yang bisa dilihat, salah satunya ialah posisi kepala saat mengemudi.

Mobil yang didesain dengan baik akan dilengkapi jok yang headrest-nya mampu menopang bagian belakang kepala, tanpa harus membuat kepala terlalu mendongak. Dengan begitu pengemudi tetap bisa melihat ke arah depan sambil mengistirahatkan kepalanya.

Sayangnya, tak semua mobil memiliki desain semacam ini. Terutama mobil-mobil entry level yang masih menggunakan jok dengan headrest fixed alias tidak bisa diatur naik turun. Solusi yang bisa diambil ialah menggunakan aksesori bantal headrest yang cukup banyak tersedia di pasaran.

Aksesori ini tersedia dengan model yang sangat beragam di pasaran. Pemilik mobil bisa memilih yang sesuai dengan selera atau desain interiornya mobilnya.

Car Seat Organizer

Car seat organizer

(Foto: Autoguide)

Tak ada salahnya menghadirkan fasilitas tambahan bagi penumpang yang duduk di baris bangku kedua dengan aksesori mobil yang penting berikut ini. Sebagian orang menyebutnya sebagai car seat organizer.

Aksesori ini memiliki kantong-kantong penyimpanan yang bisa digunakan untuk menaruh majalah, tablet, smartphone, atau benda-benda lainnya yang bentuknya pipih. Sebagian bahkan didesain dengan cup holder dan tempat tisu.

Sebagai saran, pilih car seat organizer yang tidak terlalu “ramai” karena keberadaannya akan memakan ruang di baris bangku kedua. Terlebih untuk mobil yang sejatinya memang berdimensi kecil. Selain itu, pilih produk yang bahannya mudah dilepas dan dibersihkan.

Itulah beberapa aksesori mobil yang penting untuk dimiliki. Saat ini jenis aksesori mobil yang bisa ditemui di pasaran memang sangat beragam, tapi tidak semuanya akan dibutuhkan oleh seorang pemilik.

Oleh karena itu penting untuk mengenali kebutuhan terlebih dahulu sebelum memutuskan belanja aksesori. Misalnya, bagi mereka yang memiliki anak kecil, mungkin baby car seat perlu jadi prioritas.

Intinya jangan sampai kabin mobil dipenuhi aksesori yang sebetulnya tidak bermanfaat karena justru akan mengganggu kenyamanan selama berkendara.

>>>>> Dapatkan mobil baru maupun bekas gres dari Carmudi di sini!

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts