Berita Mobil

Gila, di Cina “Lamborghini Urus” Dibanderol Mulai Rp220 Juta

Huansu Hyosow C60 (Foto: Paultan)

Beijing – Soal tiru meniru, pabrikan Cina jagonya. Tidak hanya meniru barang berbentuk kecil saja, mobil yang sudah beredar luas di pasaran juga bisa dibuat kembarannya.

Rata-rata mobil yang ditiru buatan pabrikan otomotif terkenal. Seperti yang baru saja terjadi di mana pabrikan mobil asal Cina, Huansu Auto, anak perusahaan dari BAIC Motor Corporation Limited meluncurkan Huansu Hyosow C60.

Sekilas bentuk dan penampilan mobil tersebut mirip sekali dengan Lamborghini Urus. Jika diperhatikan secara detail, kesamaan antara Huansu Hyosow C60 dengan Lamborghini Urus terletak pada ventilasi  di fender, garis-garis tajam di body samping dan desain lampu belakang.

Ini bukan hasil kloningan berskala 1:1 dari wujud asli Urus, tetapi cukup jelas bahwa Huansu meniru desain Urus. Sebagaimana dilaporkan Carscoops, meski mobil tiruan tapi Huansu Auto tidak membanderolnya dengan harga tinggi, justru sebaliknya.

Diperkirakan Huansu Hyosow C60 akan dijual dengan harga mulai dari 100.000 hingga 150.000 yuan atau sekira Rp220-Rp331 juta. Rencananya pengiriman pertama Huansu Hyosow C60 ke konsumen dimulai pada akhir tahun.

Huansu Hyosow C60 (Foto: Paultan)

Perbedaan Huansu Hyosow C60 dengan Lamborghini Urus

Meski berhasil meniru, namun apa yang dilakukan oleh Huansu Auto tidak bisa sesempurna Lamborghini Urus. Ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok di antara keduanya.

Mulai dari ukuran tubuh, Huansu Hyosow C60 memiliki panjang 4.820 milimeter, lebar 1.915 mm, dan tinggi 1.660 mm. Sedangkan Lamborghini Urus memiliki dimensi panjang 5.112 mm, lebar 2.016 mm, dan tinggi 1.638 mm. Bila disimpulkan,

C60 lebih pendek jika dibandingkan dengan Urus. Bicara performa, C60 sudah dibekali dengan mesin bensin 2.0 liter empat silinder dengan turbocharged.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 181 hp dan torsi puncak 285 Nm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual enam percepatan atau otomatis delapan percepatan.

Lamborghini Urus (foto: Paultan)

Sementara itu Lamborghini Urus dilengkapi dengan mesin V8 twin-turbo 4.0 liter. Dengan kemampuan mengeluarkan daya sekuat 641 hp dan torsi 850 Nm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke empat roda lewat transmisi otomatis 8 speed. Dengan mesin itu pula membuat Lamborghini Urus memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,6 detik dengan kecepatan maksimal 305 km/jam.

Untuk diketahui Lamborghini Urus resmi diperkenalkan pada Desember 2017 di Bologna Italia, Italia. Salah satu mobil SUV tercepat di dunia ini sudah dibekali dengan sejumlah fitur unggulan sebut saja salah satunya adalah mode berkendara.

Lamborghini memasangkan enam mode berkendara yang bisa memberikan kenikmatan bagi pengemudinya. Di antaranya Strada, Sport, Corsa, Neve (salju), Terra (off-road) dan Sabbia (pasir).

Mobil yang mampu menampung hingga lima orang penumpang di kabin ini, dibangun menggunakan MLB platform dari Volkswagen Group. Platform yang sama juga dipakai untuk membangun audi Q7, Bentley Bentayga, dan Porsche Cayenne.

Lamborghini Urus (foto: Paultan)

Di Eropa, Lamborghini Urus dibanderol dengan harga mulai dari 171.429 Euro atau sekira Rp3 miliar.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/