BeritaMobilSumber informasi

Dijual Bulan Depan, Ini 5 Kelebihan Toyota Corolla Sport

Toyota Corolla Sport (Foto: Toyota)

Tokyo – Toyota Corolla Sport pertama kali diluncurkan pada Maret 2017 bersamaan dengan digelarnya ajang New York International Auto Show. Kini Toyota Motor Corporation (TMC) secara resmi membawanya masuk ke Jepang. Rencannya TMC akan mulai menjualanya kepada konsumen mulai bulan depan.

Toyota Corolla Sport merupakan Toyota Auris hatchback yang mengalami perubahan nama. Terlepas dari itu, Corolla Sport terbaru hadir dalam balutan desain yang lebih modern.

Sebelum resmi dilempar ke pasaran, Rupanya Toyota melakukan serangkaian pengujian terhadap Corolla Sport, salah satunya uji jalan di lima benua. Total perjalanan yang sudah dilalui Corolla Sport mencapai satu juta kilometer. Dengan begitu siapa pun di dunia dapat mengendarainya dengan nikmat meski berbeda-beda musim dan kondisi cuaca.

Disamping itu, Toyota juga telah menyematkan lebih banyak fitur, dan mengadopsi sejumlah teknologi terbaru. Lantas apa saja kelebihan dari Toyota Corolla Sport terbaru, berikut ini uraian singkatnya sebagaimana dikutip dari website resmi Toyota:

1. Hybrid dan Turbo

Pelanggan Toyota di Jepang akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin untuk Corolla Sport yaitu bensin 1,2 liter dengan turbo dan 1,8 liter empat silinder yang dipasangkan dengan motor listrik (hybrid). Untuk mesin yang dilengkapi dengan turbo, Toyota mengklaim tenaga yang dihasilkan mencapai 114 hp dan torsi puncak 185 Nm torsi.

Toyota Corolla Sport (Foto: Toyota)

Sedangkan untuk mesin 1,8 liter bertenaga 97 hp, lalu motor listriknya mampu mengeluarkan daya sekuat 71 hp. Bila keduanya bekerja secara bersamaan maka tenaga maksimal yang dihembuskan sekira 120 hp.

2. Transmisi Otomatis 10 Percepatan

Pada masa awal pemasaran, baik itu Corolla Sport versi mesin 1,2 liter turbo maupun 1,8 liter dengan motor listrik akan ditawarkan dalam satu pilihan transmisi yaitu otomatis Super CVT-i dengan 10 percepatan sport sequential shiftmatic. Sementara itu sistem penggeraknya roda depan untuk Toyota Corolla Sport versi mesin 1,2 dan empat roda pada versi mesin yang lebih besar.

Pada Agustus nanti, Toyota berjanji akan menghadirkan satu pilihan transmisi lagi yaitu manual atau Intelligent Manual Transmission (iMT) dengan 10 percepatan. Versi mesin turbo juga akan tersedia dalam sistem penggerak empat roda.

3. Mobil Terhubung

Toyota menyematkan teknologi canggih berupa data communication module. Dengan adanya fitur tersebut memungkinkan mobil terhubung dengan pemilik kendaraan. Jadi pemilik kendaraan bisa memantau mobil dari jarak jauh seperti melakukan diagnosa kendaraan, perawatan yang optimal berdasarkan jarak tempuh, dan masih banyak lagi.

Bagasi belakang Toyota Corolla Sport (Foto: Toyota)

Menariknya fitur tersebut baru diterapkan di Toyota Corolla Sport sedangkan model lainnnya belum ada sama sekali.

4. Emblem ‘C’

Umumnya setiap mobil keluaran Toyota akan memiliki emblem tiga elips yang menempel pada grille depan. Namun khusus Corolla Sport, pabrikan mobil asal Jepang itu justru menyematkan emblem lain berbentuk huruf ‘C’. Mungkin pemberian emblem ‘C’ sebagai tanda atau ciri khas utama dari Corolla Sport.

Disamping emblem, tampilan luar dari Toyota Corolla Sport begitu mencolok dan memiliki nuansa sporty sama seperti nama belakangnya. Terdapat delapan pilihan warna untuk body Corolla Sport, termasuk Oxide Bronze Metallic yang merupakan warna baru.

5. Kabin Hadir Dengan Desain Sporty

Menyempurnakan bagian eksterior, Toyota juga menghadirkan nuansa sporty di kabin Corolla Sport. Joknya jenis bucket yang telah dikembangkan khusus supaya pengemudi dan penumpang merasa nyaman. Menambah menambah kenyamanan di dalam kabin, Toyota telah memasangkan sistem hiburan berupa head unit layar sentuh berdimensi tujuh inci.

Interior Toyota Corolla Sport (Foto: Toyota)

Toyota Corolla Sport akan ditawarkan dengan harga mulai dari 2,332,800 yen atau sekira Rp299 juta sampai yang termahal 2,689,200 yen atau Rp345 jutaan.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

  1. di lihat dari penampilan aja memang sudah tampak sport banget dengan kapasitas mesin yg begitu besar menurut saya mobil ini akan bisa laris di pasaran

Comments are closed.