Home » Berita » Dua Versi Hyundai Tucson 2016 Hadir di Jenewa Motor Show

Dua Versi Hyundai Tucson 2016 Hadir di Jenewa Motor Show

Pembukaan ajang Jenewa Motor Show 2015, ternyata memberikan kejutan tersendiri. Beberapa pabrikan mobil memerkenalkan teknologi dan produk-produk terbaru andalan mereka, tak terkecuali dengan Hyundai. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut menghadirkan mobil SUV berbadan sedang terbaru andalannya, Hyundai Tucson 2016, yang juga diperkenalkan dalam versi hybrid, Hyundai Tucson 48V hybrid.

Hyundai Tucson 2016
Hyundai Tucson 2016

Secara garis besar, tampilan luar Tucson terbaru ini mirip dengan Hyundai Santa Fe. Desainnya sudah mengalami banyak perubahan dibandingkan pendahulunya, di mana kini sudah disematkan lampu LED dan juga krim yang dibalut krom dengan tampilan seperti hidung ikan hiu. Pengaruh Santa Fe memang lebih banyak terlihat di sektor eksterior, sedangkan di area kabin lebih banyak mendapatkan sentuhan material yang lebih lembut.

Meski begitu, Hyundai juga tetap tak melupakan segi kepraktisan yang terdapat pada Hyundai Tucson 2016. Tucson terbaru ini dihadirkan dengan kapasitas bagasi yang cukup besar, yang mampu menampung hingga 513 liter dan terletak di area jok belakang. Fitur-fitur tambahan juga dihadirkan pada Tucson terbaru ini seperti beragam sistem keselamatan dan membantu dalam mengemudi, lalu rem darurat, dan pendeteksi area blank spot.

Performa Hyundai Tucson 2016

Hyundai Tucson 2016
Mesin Hyundai Tucson 2016

Ada dua pilihan mesin berbahan bakar bensin 1.6 GDI yang disodorkan untuk Hyundai Tucson 2016, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 133 bhp untuk versi standar, dan 173 bhp untuk versi yang menggunakan turbocharger. Keduanya dibekali dengan transmisi manual 6-percepatan, tapi untuk yang menggunakan turbocharger juga diberikan opsi transmisi dual-clutch 7-percepatan.

Sementara untuk Tucson yang mengusung mesin diesel, ada tiga varian mesin yang disodorkan. Mesin diesel standar berkapasitas 1.7 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 113 bhp, dan dua varian mesin diesel berkapasitas 2.0 liter yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 133 bhp dan 180 bhp. Untuk ketiganya, diberikan opsi transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan.

Tak hanya itu, penggerak rodanya juga disodorkan dalam dua pilihan, penggerak roda belakang (RWD) atau penggerak empat roda (4WD). Meski begitu, untuk penggerak 4WD sepertinya hanya disediakan untuk Tucson bermesin diesel dan memiliki kapasitas mesin 2.0 liter.

Performa Mesin Hyundai Tucson 48V Hybrid

Hyundai Tucson Hybrid 2016
Hyundai Tucson Hybrid 2016

Selain menghadirkan Tucson terbaru, Hyundai juga memerkenalkan Tucson 48V hybrid. Mobil hybrid ini menggunakan mesin diesel bertenaga 136 dk dan motor elektrik 14 dk, yang menggunakan transmisi manual 6-percepatan. Kombinasi dari mesin diesel dan motor elektrik sanggup menyemburkan tenaga hingga 150 dk, dengan torsinya mencapai 413 Nm. Emisi gas buang dari mesin hybrid ini mencapai 109 g/km. Sistem ini sudah termasuk generator starter hybrid, inverter, converter DC/DC, dan batere ion lithium. Hasilnya, bobot Tucson versi hybrid ini meningkat sekitar 20 kg.

Kesimpulan

Berada di segmen kendaraan SUV kompak, Hyuncai Tucson 2016 akan bertarung dengan para kompetitor di segmen yang sama seperti Kia Sportage, Honda CR-V, dan juga Nissan Juke. Untuk pemasarannya sendiri, Hyundai menyatakan akan melepasnya pada pertengahan tahun 2015 ini.

Previous post
Tiga Porsche Macan 2.0 Siap Dikasih Gratis
Harley-Davidson Strap Tank 1907
Next post
Harley-Davidson Strap Tank 1907 Dilelang di Las Vegas