Berita

Suzuki Dikepung Honda dan Yamaha di 5 Besar Motor Terbaik 2017 Versi FORWOT

Motorcycle of the Year 2017

FORWOT umumkan 5 finalis sepeda motor terbaik di tahun 2017 (Istimewa)

Penulis : Zainal Abidin

Jakarta – Kondisi pasar kendaraan roda dua Tanah Air mengalami kelesuan. Ini ditandai dengan menurunnya tingkat penjualan sepedamotor tahun ini bila dibanding tahun lalu.

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) per Juni 2017, lima merek sepeda motor yang tergabung di bawah AISI dari Januari sampai Juni 2017 (Semester I) menjual sebanyak 2.700.546 unit.

Angka tersebut masih kalah dengan penjualan periode sama pada tahun lalu yang mencapai angka 2,9 juta unit.

Di tengah kondisi tersebut, Forum Wartawan Otomotif Indonesia tidak lantas berhenti dalam usaha mencari model terbaik sebagai referensi kepada masyarakat lewat ajang tahunan FORWOT Motorcycle of the Year (FMY).

Selasa (31/10), forum yang diisi oleh wartawan/jurnalis berbagai media online dan cetak yang melakukan peliputan di bidang otomotif ini mengumumkan lima finalis motor terbaik yang akan menjalani proses penilaian menjadi sepeda motor terbaik versi FORWOT.

Kelima finalis tersebut masing-masing adalah Honda CRF250 Rally, Honda Scoopy, Suzuki GSX-R 150, Yamaha Aerox 155, dan Yamaha XMax 250.

Proses seleksi dilakukan sangat ketat oleh dewan juri terpilih. Sebanyak 37 model sepeda motor berbagai merek berhasil dijaring tahun ini.

Baca Juga : Raih Hasil Penilaian Tertinggi, Honda CR-V Jadi Mobil Terbaik 2017

Baca Juga : BMW i8 Masuk Lima Calon Mobil Terbaik FORWOT 2017

Sebagai catatan, ke-37 sepeda motor tersebut adalah model baru yang diluncurkan di Indonesia sepanjang periode September 2016 hingga Agustus 2017.

“Lima finalis FORWOT Motorcycle of the Year 2017 menggambarkan sikap profesionalisme para anggota FORWOT, dan mengedepankan kemandirian kami. Dari 37 model yang ada di list, masing-masing memilih 5 model favorit dengan melihat berbagai aspek,” ujar Arief Azhari, Ketua Dewan Juri FMY 2017.

9 November Pengumuman FORWOT Motorcycle of the Year 2017

Dengan pengumuman 5 finalis belum mengakhiri tugas Dewan Juri FMY 2017. Selanjutnya mereka harus menentukan mana dari kelima finalis tersebut yang bakal dinobatkan menjadi sepeda motor terbaik.

Sistem penghitungan poin diberlakukan. Setiap Dewan Juri dibekali 25 poin yang harus mereka berikan kepada 5 finalis. Hanya satu model yang bisa diberikan angka tertinggi (10 poin) dan sisanya dihabiskan kepada 4 model lainnya.

Juri juga berhak untuk tidak memberikan poin kepada salah satu model dengan memperhitungkan berbagai aspek, mulai dari desain, performa, fitur, kenyamanan, safety, handling, serta harga.

Model sepeda motor dengan nilai (poin) tertinggi berhak menyandang gelar FORWOT Motorcycle of the Year 2017.

“Penilaian ini diberikan berdasarkan objektivitas para wartawan yang sudah mengetahui, melihat, mencoba bahkan merasakan secara langsung sepeda motor tersebut,” jelas Wakil Ketua Umum FORWOT, Zainal Abidin.

“Masyarakat dan konsumen akan segera mengetahui model sepeda motor apa yang meraih status terbaik tahun ini, karena proses penjurian segera dimulai dan pengumumannya akan dilakukan pada Kamis, 9 November 2017 di Jakarta,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam setiap pemilihan kendaraan terbaik di Indonesia, sepeda motor maupun mobil, FORWOT hanya memilih satu pemenang dari seluruh segmen dan model. Menjadikan ajang tahunan dari FORWOT ini begitu bergengsi.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts