Berita

Fuel Pump Jimny 3 Pintu Gagal Berfungsi, Suzuki Umumkan Recall

Fuel pump pada Suzuki Jimny 3 pintu keluaran tahun tertentu gagal berfungsi dengan baik atau malfungsi. Suzuki lantas melakukan recall atau penarikan kembali terhadap ratusan unit yang terindikasi mengalami masalah tersebut.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melalui keterangan resminya, Selasa (16/4/2024) mengumumkan kampanye perbaikan unit bertajuk Suzuki Product Quality Update untuk produk Suzuki Jimny 3 pintu.

Fuel Pump Jimny 3 Pintu

Tampilan Suzuki Jimny 3 pintu yang mengaspal di Indonesia (Foto: Carmudi)

Baca Juga: Bikin Kaget! Segini Harga Suzuki Jimny Bekas Keluaran 2019

Total ada 448 unit Jimny 3 pintu yang terindikasi mengalami masalah pada fuel pump. Adapun tahun produksinya mulai 20 November 2017 hingga 29 Agustus 2019 dengan nomor rangka mobil atau Vehicle Identification Number (VIN) JSAGJB74VK5100010-JSAGJB74VK5100469.

Seluruh unit akan mendapatkan pemeriksaan dan penggantian komponen fuel pump atau pompa bahan bakar di bengkel resmi Suzuki.

“Suzuki Motor Corporation telah mengumumkan adanya pemeliharaan kualitas komponen pada Suzuki Jimny untuk menjaga ketenangan dan keamanan pelanggan. Karena Jimny yang ada di Indonesia juga merupakan bagian dari produk global tersebut. Sehingga Suzuki Indonesia juga perlu turut serta dalam kampanye Suzuki Product Quality Update yang saat ini sedang berjalan,” ungkap Hariadi, Asst. to Service Dept. Head SIS.

“Pelanggan tidak perlu khawatir, karena bengkel resmi Suzuki siap untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan secepatnya,” sambungnya.

Fuel Pump Jimny 3 Pintu

Suzuki Jimny 3-door (Foto: SIS)

Cara Mengetahui Suzuki Jimny 3 Pintu Kena Recall atau Tidak

Pemilik Suzuki Jimny 3 pintu yang ingin mengetahui apakah kendaraannya masuk dalam kampanye perbaikan atau tidak, bisa melakukan pengecekan di situs resmi Suzuki Indonesia.

Sebelum melakukan pengecekan, pelanggan terlebih dahulu menyiapkan nomor rangka mobil untuk pencocokan data.

Berikut ini langkah-langkah pengecekan di situs web Suzuki:

  1. Masuk ke website resmi Suzuki www.suzuki.co.id
  2. Pilih laman Service
  3. Pada bagian Suzuki Service Quick Tools, pilih opsi Suzuki Quality Update
  4. Pelanggan memasukkan nomor rangka kendaraannya pada laman Campaign Form
  5. Website Suzuki secara otomatis menginformasikan status terdampak/tidaknya unit pelanggan
  6. Pelanggan yang terdampak dapat langsung memilih untuk menghubungi Halo Suzuki atau bersedia dihubungi oleh Halo Suzuki

Selain pengecekan mandiri, jaringan bengkel resmi Suzuki Indonesia juga secara bertahap akan menghubungi pemilik Jimny 3 pintu yang terdampak untuk menentukan jadwal penggantian parts.

bengkel siaga suzuki

Dampak Bila Tidak Melakukan Pemeriksaan dan Penggantian Komponen

Suzuki Jimny 3 pintu milik pelanggan yang masuk dalam daftar recall fuel pump wajib mendatangi bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan dan penggantian komponen impeller fuel pump atau baling-baling pada pompa bahan bakar.

Komponen tersebut berada di dalam tangki bahan bakar Suzuki Jimny yang berpotensi mengalami perubahan bentuk atau deformasi melebihi standar ketentuan.

Sejauh ini menurut klaim Suzuki Indonesia belum ditemukan keluhan atau kerugian dari para pemilik Jimny 3 pintu akibat malfungsi fuel pump. Meski demikian pelanggan harus tetap melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen kendaraannya.

Bila dibiarkan dan tidak mengikuti arahan yang sudah disampaikan oleh Suzuki besar kemungkinan pompa bahan bakar di kendaraan milik pelanggan tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan menyebabkan mesin mobil tersendat.

Penggantian komponen yang akan dilakukan oleh SIS dapat membuat kinerja komponen tersebut kembali normal.

Baca Juga: 5 Diler Suzuki Terdekat di Jakarta, Tawarkan Berbagai Layanan

Fuel Pump Jimny 3 Pintu

Suzuki menjamin Jimny 3 pintu yang telah mendapatkan perbaikan tidak akan terjadi masalah serupa kembali. Bila terdapat kendala lain, pemilik bisa melakukan pengecekan kendaraan ke bengkel resmi dengan memanfaatkan garansi resmi yang dimiliki.

Durasi Pemeriksaan dan Penggantian Komponen

Kampanye Suzuki Product Quality Update berlaku secara nasional mulai 16 April 2024. Itu artinya pemilik Jimny 3 pintu bisa melakukan pemeriksaan di seluruh bengkel resmi Suzuki yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Setidaknya ada 192 bengkel resmi dan 48 service point di 33 provinsi di Indonesia yang siap melayani pelanggan dalam melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen.

Pemeriksaan serta penggantian komponen ini hanya akan memakan waktu 2 jam, serta akan dilakukan oleh tim ahli dari pelayanan purna jual Suzuki.

Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dan menjaga kualitas pelayanan, penggantian komponen ini, baik barang baru maupun jasanya, tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

“Langkah yang kami ambil untuk melakukan kampanye Suzuki Product Quality Update untuk Suzuki Jimny saat ini merupakan bagian dari komitmen kami menjaga standar kualitas tinggi, serta menjaga kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pelanggan yang merupakan prioritas utama kami,” terang Hariadi.

Fuel Pump Jimny 3 Pintu

Jimny 3 pintu (Foto: SIS)

“Kami sangat menghargai kerja sama dan pemahaman pelanggan selama proses ini, dan terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan agar dapat memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan untuk pelanggan setia Suzuki,” tutup dia.

Informasi lebih lanjut mengenai lokasi bengkel atau booking service dapat dilakukan secara mandiri melalui layanan Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 atau Whatsapp Halo Suzuki di nomor 0811-1993-0800.

Selain itu, Suzuki juga menyediakan fitur live chat yang tersedia di situs web resmi Suzuki Indonesia. Pelanggan akan langsung mendapatkan tanggapan dari tim profesional Suzuki.

Tidak Berdampak pada Suzuki Jimny 5 Pintu

Masalah fuel pump Jimny 3 pintu tidak berdampak pada Jimny 5 pintu yang baru saja meluncur di Tanah Air pada Februari 2024.

Suzuki menyebutkan malfungsi fuel pump hanya terjadi pada 448 unit Jimny 3 pintu dan jumlah unitnya tidak akan bertambah.

Selain itu, pabrikan berlogo ‘S’ itu juga memastikan penjualan Suzuki Jimny 5 pintu tidak mengalami kendala. Pelanggan akan percaya terhadap komitmen Suzuki dalam hal memberikan produk dan layanan yang memuaskan.

Baca Juga: Spesifikasi Suzuki Jimny 5 Pintu, Makin Nyaman Dipakai Off Road

Test drive Suzuki Jimny 5 Pintu

Seperti diketahui, Jimny 3 pintu diperkenalkan ke publik pada Agustus 2018 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Satu tahun kemudian model tersebut resmi diluncurkan sekaligus dipasarkan ke konsumen.

Saat ini Suzuki memasarkan empat varian Jimny 3 pintu. Seluruh varian dibanderol di angka Rp400 jutaan. Berikut daftar varian beserta harga on the road Jakartanya.

  • Jimny 3 pintu MT(Single Tone) Rp447,4 juta
  • Jimny 3 pintu AT (Single Tone) Rp461 juta
  • Jimny 3 pintu MT (Two Tone) Rp450,4 juta
  • Jimny 3 pintu AT (Two Tone) Rp464 juta.

FAQ

  • Kondisi apa yang terjadi pada komponen fuel pump yang masuk dalam program Suzuki Product Quality Update ini?

Suzuki mengadakan kampanye Suzuki Product Quality Update Jimny 3 pintu untuk melakukan penggantian fuel pump set karena terdapat potensi degradasi kualitas pada komponen tersebut setelah penggunaan jangka panjang.

Masalah utama terdapat pada kondisi impeller penyalur bahan bakar pada fuel pump yang terbuat dari bahan resin, yang berpotensi berubah bentuk akibat ketidaksempurnaan kepadatan material.

  • Berapa jumlah unit yang terdampak dari malfungsi fuel pump Jimny 3 pintu?

Total terdapat 448 unit dengan rentang nomor VIN JSAGJB74VK5100010 ~ JSAGJB74VK5100469 yang merupakan produksi 20 November 2017 hingga 29 Agustus 2019.

Jumlah yang secara resmi diumumkan selaras dengan jumlah unit yang diproduksi dalam batch yang terdampak, sehingga jumlahnya tidak akan bertambah.

  • Apa risiko yang mungkin terjadi jika pelanggan tidak mengikuti program Suzuki Product Quality Update?

Kerugian yang diakibatkan oleh malfungsi fuel pump sangat jarang terjadi. Namun, Fuel Pump yang berperan untuk memompa bahan bakar dari tangki mobil ke ruang pembakaran mesin di dalam mobil ini merupakan komponen penting yang perlu diperhatikan.

Dengan kondisi parts fuel pump yang kurang sempurna ini, dikhawatir akan berdampak pada fungsi fuel pump yang tidak normal dalam jangka panjang.

  • Setelah melakukan penggantian, apakah ada potensi masalah serupa dapat terjadi lagi di masa mendatang?

Pemilik Jimny 3 pintu yang telah melakukan Suzuki Product Quality Update tidak perlu khawatir. Sebab Suzuki telah melakukan pengujian terhadap parts pengganti ini dan menjamin ketahanannya sehingga tidak akan terjadi masalah serupa kembali.

  • Apakah seluruh jaringan bengkel resmi Suzuki bisa menangani pengecekan dan penggantian fuel pump Jimny 3 pintu?

Ya, seluruh bengkel resmi bisa menangani pengecekan dan penggantian fuel pump Jimny 3 pintu. Pelanggan dapat tenang dikarenakan seluruh teknisi Suzuki sudah tersertifikasi dengan standar global yaitu Suzuki Service Qualification System (SSQS).

  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penggantian fuel pump?

Pengerjaan penggantian fuel pump set pada Jimny 3 pintu tidak akan memakan waktu lama. Penggantian hanya akan memakan waktu maksimal 2 jam, dan mobil siap untuk digunakan kembali.

  • Apakah program Suzuki Product Quality Update ini berlaku juga untuk pelanggan Jimny 5 pintu?

Pelanggan Suzuki Jimny 5 pintu tidak perlu khawatir. Sebab unit yang terdampak hanya melibatkan 448 unit Jimny 3 pintu dengan periode kedatangan 20 November 2017 hingga 29 Agustus 2019. Sehingga, Jimny 5 pintu yang dipasarkan pada 2024 tidak terdampak.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts