Sumber informasi

Fungsi Relay pada Mobil, Si Kecil yang Punya Peran Besar

Sering kali para pemilik mobil belum tahu tentang fungsi relay padahal punya peran yang cukup besar. Atau malah Carmudian belum pernah mendengar nama relay pada kendaraan?

Jika belum tahu, simak terus bahasan tentang fungsi relay mobil berikut ini, ya.
fungsi relay mobil

Fungsi Relay pada Mobil

Berbeda dengan fungsi sekring pada mobil, fungsi utama relay lebih kepada pengaturan aliran listrik kendaraan. Hampir semua kendaraan menggunakan relay pada sistem kelistrikannya.

Relay merupakan komponen pada sistem kelistrikan kendaraan yang biasanya terdiri dari dua bagian utama menjadi kumparan dan poin.

Relay pada mobil akan mengendalikan dan mengalirkan listrik pada kendaraan agar tegangannya sesuai dan tidak berlebihan. Jika rusak, akan ada beberapa gejala, salah satunya malfungsi komponen.

Pada umumnya bagian dalam relay terdiri dari empat soket dengan tugas berbeda-beda, yakni 30, 85, 86, dan 87.

Soket 30 dan 87 memiliki fungsi sebagai kontak point, sedangkan 85 dan 86 memiliki fungsi sebagai bagian elektromagnetik.

Agar lebih jelas, berikut kami beberkan di bawah ini.

Berfungsi Sebagai Saklar

Dilansir dari berbagai sumber, sebenarnya ada beberapa fungsi relay pada mobil, salah satunya adalah sebagai saklar.

fungsi relay mobil

Pemasangan relay pada mobil difungsikan sebagai saklar atau elektromagnetik switch yang cara kerjanya dikendalikan oleh magnet listrik. Kumparan pada bagian relay akan menghasilkan gaya magnet saat sedang dialiri listrik yang melewati soket 85 dan 86.

Membuat Saklar Awet

Pada sistem kelistrikan mobil, aliran arus listriknya cukup besar. Aliran listrik yang besar ini nantinya tidak akan langsung melewati saklar berkat adanya relay.

Secara otomatis, hal tersebut akan membuat saklar menjadi lebih awet dan tidak cepat rusak. Jika rusak, maka relay lah yang akan rusak terlebih dahulu dibandingkan saklar.

fungsi relay mobil

Saklar yang ada hanya berfungsi membangkitkan induksi magnet pada bagian relay. Sedangkan arus listriknya akan dialirkan dari aki menuju beban yang ada seperti lampu, klakson, AC, dan lain sebagainya.

Jika suatu saat terjadi kelebihan beban listrik, fungsi relay akan menahan bunga api yang biasanya terjadi pada saklar. Maka dari itu, saklar akan menjadi lebih awet dibanding tidak memakai relay.

Tidak Menyedot Banyak Daya

Umumnya relay akan membuat komponen yang memerlukan listrik tidak menyedot banyak daya. Misalnya klakson, AC, dan lampu utama.

Tanpa adanya saklar, ketiga komponen tersebut akan menyedot banyak daya, sehingga lama-kelamaan bisa mengurangi fungsi aki. Di sinilah relay memiliki fungsi utama pada mobil.

Bisa dibilang relay ini bisa berfungsi sebagai stabilizer pada komponen listrik rumah tangga, namun ini ada pada mobil atau kendaraan sehingga aliran listrik bisa jadi lebih stabil dan tidak memerlukan banyak daya. 

Hal ini tentu akan membuat nyala AC menjadi lebih dingin, lampu menjadi lebih terang, dan bunyi klakson menjadi lebih nyaring. 

Pengaman Saklar Utama

Fungsi lain dari relay di mobil adalah sebagai pengaman dari saklar utama. Ketika sewaktu-waktu terjadi korsleting, maka relay akan memutus aliran listrik.

Sehingga ketika ada arus listrik yang terlalu tinggi maka relay terlebih dahulu yang akan rusak. Hal tersebut membuat relay bisa menjadi pengaman dari saklar.

Jenis Relay Pada Mobil

Umumnya relay pada mobil memiliki jenis yang berbeda-beda. Jenis relay yang akan dipasang harus disesuaikan dengan kebutuhan kelistrikan dari komponen.

Oleh karenanya, pemilihan sakar ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Akan lebih baik berkonsultasi  kepada mekanik yang lebih paham mengenai kelistrikan agar tidak salah memilih relay.

Berikut kami beberkan beberapa jenis relay dilansir dari laman resmi Suzuki.

  • Relay Kaki 3

Relay pertama yang biasanya digunakan pada mobil adalah model kaki 3. Biasanya di bagian dalam terdapat terminal 30, 86, dan 87. 

Komponen di dalam relay ini berfungsi untuk memperlancar aliran arus listrik. Umumnya relay jenis kaki 3 ini digunakan untuk komponen dengan aliran arus listrik yang tidak terlalu besar. 

  • Relay Kaki 4

Relay jenis ini biasanya menjadi dasar dari rangkaian listrik dengan beban tunggal. Tenaga dari relay model kaki 4 ini berfungsi untuk mengatur saklar dari terminal 85.

fungsi relay mobil

Relay punya fungsi besar pada kelistrikan mobil

Pada jenis ini, biasanya aliran listrik yang dihasilkan akan lebih bagus. Umumnya banyak digunakan untuk kebutuhan klakson, fog lamp, dan lampu utama dari mobil.

  • Relay Kaki 5

Selanjutnya ada relay dengan model kaki 5. Jenis relay ini biasanya terdapat terminal tambahan dengan nomor 87a. 

Terminal tersebut memiliki fungsi untuk bisa memberikan output rangkaian beban ganda dalam satu relay. Selain itu, relay jenis ini bisa mencegah hambatan di arus listrik dengan lebih baik.

Tambahan terminal pada relay kaki 5 tentu akan membuat kinerja relay menjadi lebih ringan. Biasanya relay ini digunakan untuk relay tambahan lampu utama atau lampu rem.

  • Relay Kaki 8

Biasanya relay jenis ini digunakan untuk memberikan dua arahan pada satu saklar sekaligus. Sayangnya, relay dengan kaki 8 ini sudah mulai ditinggalkan.

Namun bukan berarti sudah sulit mencari relay jenis ini di pasaran. Hanya saja relay jenis ini umumnya sudah tidak dipakai oleh mekanik.

fungsi relay mobil

Salah satu fungsi relay pada mobil

Setelah melihat fungsi relay pada mobil, Carmudian bisa melihat kisaran harga dari relay yang banyak dijual di pasaran ini.

Kira-kira berapa ya kisaran harga relay untuk mobil?

Kisaran Harga Relay Mobil

Relay kaki 3 Rp4.000 – Rp200.000
Relay kaki 4 Rp5.000 – Rp150.000
Relay kaki 5 Rp5.000 – Rp250.000
Relay kaki 8 Rp6.000 – Rp100.000

Harga di atas merupakan harga relay yang kami temukan di berbagai toko online yang ada di Indonesia. Harga tersebut tentunya akan berbeda jika Carmudian membelinya di bengkel atau toko khusus alat listrik.

Setidaknya harga relay mobil di atas bisa menjadi acuan ketika hendak membeli. Jika menelisik dari harga, memang harga yang ditawarkan sangat murah.

Kemampuan relay juga sangat besar dan bahkan cukup vital. Jika relay rusak, maka beberapa komponen akan malfungsi dalam sekejap.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts