Sepeda motor

Harga Honda Vario 150 Bekas Mulai Terjangkau, Skutik Lain Juga Menggiurkan

harga vario 150

Honda Vario 150 Livery Repsol (Foto: BSH)

Jakarta – Harga Honda Vario 150 baik yang baru maupun bekas cukup menggoda dan masih banyak orang yang mau membelinya.

Di bursa motor bekas, Honda Vario 150 tak sendirian karena Honda BeAT juga kerap jadi incaran lantaran harga bekasnya pun ikut-ikutan menggoda.

Selain harga bekas Honda Vario 150 dan BeAT yang mulai sangat terjangkau, konsumsi BBM-nya yang irit dan spare part sangat melimpah menjadi alasan lainnya. Tak heran, unit produksi baru kedua motor ini menjadi tulang punggung penjualan Honda motor di Indonesia.

Terlebih di saat pandemi seperti ini, banyak pedagang menurunkan harga agar penjualan lebih lancar. Menyusul efek ekonomi yang menjadi sangat lesu.

Berdasarkan penelusuran di situs web listing milik Carmudi, harga motor matik bekas terpantau mengalami penurunan. Terlebih untuk motor produksi 2000-an awal, harganya jadi sangat murah.

Berikut adalah beberapa pilihan alternatif sepeda motor matik bekas, termasuk Vario 150 dan BeAT.

Yamaha Mio

Yamaha Mio, skutik yang sangat laris di awal 2000-an ini punya banderol harga yang sangat terjangkau. Di pasaran, untuk Yamaha Mio produksi 2005-2010 hanya Rp4 jutaan.

harga vario 150

Yamaha Mio Series kini harga bekasnya bisa di bawah Rp 5 jutaan (Foto: Carmudi)

Harga ini tentunya sangat menggiurkan bagi penikmat kendaraan bekas. Tapi untuk membuat kondisinya bugar kembali, jangan lupa menyiapkan dana perbaikan, ya.

Honda Vario 150

Seperti yang disebutkan sebelumnya, harga Honda Vario 150 terpantau juga mengalami penurunan. Harga Vario 150 tahun produksi 2016 misalnya kini berada di kisaran Rp11-15 jutaan.

Lain lagi dengan harga Vario 150 produksi tahun 2018, harganya sedikit lebih tinggi mencapai Rp17 jutaan.

harga vario 150

Honda Vario 125 warna Advance White (Foto: Honda)

Model ini sudah cukup baru, sehingga tampilannya masih diminati. Namun dengan banderol bekas ini jelas membuat sebagian orang lebih baik memilih membeli motor bekas dari pada motor baru yang harganya sendiri masih berada di atas Rp25 jutaan.

Selisih harga yang masih sangat jauh rasanya sangat lumayan kalau ditabung.

Honda BeAT

Lain lagi dengan harga Honda BeAT yang juga terpantau mengalami penurunan dan menjadi salah satu motor incaran.

Modelnya kecil, kompak, irit bahan bakar, dan sparepart-nya sangat murah jadi alasan motor ini banyak diburu orang.

Harga Honda BeAT keluaran 2010 yang masih memakai karburator misalnya. Harga kisarannya sudah mencapai Rp4 jutaan. Sedangkan untuk Honda BeAT tahun produksi 2017 ada di kisaran Rp9-10 jutaan.

Modifikasi motor beat

Lalu untuk harga Honda BeAT bekas tahun produksi 2018 sampai 2020 masih berada di kisaran Rp11-13 jutaan.

Kalau dibandingkan dengan harga Honda Vario 150 bekas jelas selisihnya cukup jauh. Namun, untuk dipakai harian, motor bekas ini rasanya masih sangat layak.

Yamaha Fino

Motor lain yang bisa dipilih adalah Yamaha Fino. Harga Yamaha Fino bekas juga cukup menggiurkan karena untuk produksi 2019 ada di kisaran Rp10 jutaan saja.

Yamaha Fino Luxury Red (Foto: Yamaha)

Harga Yamaha Fino bekas keluaran 2012 sendiri berada di kisaran Rp16 jutaan. Lebih mahal sedikit dengan Honda BeAT generasi awal yang masih memakai karburator.

Honda Scoopy

Bicara Yamaha Fino kurang lengkap kalau belum menyebut Honda Scoopy. Harga bekas Honda Scoopy tahun 2010 misalnya, sudah ada di angka Rp4 jutaan saja.

Harga ini tentunya tergantung kondisi dari motor itu sendiri, ya. Sedangkan Honda Scoopy produksi 2012 harga bekasnya ada di kisaran Rp5 jutaan.

Harga Honda Scoopy edisi kemerdekaan tidak naik

Sedangkan untuk Honda Scoopy produksi 2018 sampai 2020 harga bekasnya ada di kisaran Rp14-19 jutaan. Harga ini termasuk cukup tinggi, mengingat Honda Scoopy juga jadi salah satu motor yang cukup favorit.

Penyakit Honda Vario 150

Bagi kamu yang sangat meminati Honda Vario 150 bekas dibandingkan pilihan skutik lainnya tadi, perlu waspada dengan penyakit khasnya.

Mulai dari Vario, bahkan motor sekelas PCX dan kini ADV150 pun mengalami gejala getar. Masalah ini disebabkan karena debu sisa gesekan dari kampas ganda ke mangkok CVT.

Solusi yang biasanya dilakukan bengkel resmi yaitu rutin membersihkan bagian mangkok CVT dan kampas ganda setiap servis berkala.

Namun, masih ada cara lain supaya tidak muncul gredek-gredek meskipun jarang servis ke bengkel. Kalian memang perlu sedikit memodifikasi mangkok CVT dengan cara melubanginya supaya ada jalur buangan untuk debu.

Bagian CVT Vario 125 sering bergetar

Nah, sekarang tidak usah repot karena sudah banyak part aftermarket berupa mangkok CVT bolong-bolong. Pemasangannya pun plug and play alias tinggal pasang.

Agar lebih menggigit, maka kampas ganda juga perlu diganti. Substitusi part yang pas yaitu memakai kepunyaan Yamaha NMax.

Tapi sebelum dipasang, permukaan kampas ganda yang bergesekan perlu diamplas halus dulu. Solusi ini tidak cuma untuk Vario 150, tapi bisa diaplikasikan juga ke PCX 150 yang rancangan CVT-nya mirip.

Melihat harga bekas Honda Vario 150 di atas, rasanya enggak salah kalau banyak orang masih tertarik membeli motor satu ini. Selain punya durabilitas oke, penyakitnya pun hampir sudah bisa ditanggulangi banyak orang.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Ketahui Harga Motor Bekas Honda 2019, Pilihan Terjangkau Rasa Baru

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts