BeritaMobil

Honda HR-V Sport Terbaru Diungkap, Pakai Mesin Turbo

Honda HR-V Sport

Honda HR-Sport di Eropa (Foto: Honda)

Penulis: Santo Evren Sirait

Tokyo – Tak terasa 2018 segera berakhir. Tentunya sejumlah strategi telah dipersiapkan untuk menghadapai persaingan pasar di 2019. Seperti yang telah disusun oleh Honda Eropa.

Pabrikan berlogo ‘H’ itu berencana melakukan pembaruan untuk satu model andalannya yaitu Honda HR-V Sport. Rencananya peluncuran akan dilakukan awal tahun depan. Pembaruan yang diberikan Honda bukan hanya sekedar memperbaiki tampilannya saja, tetapi juga performa.

Diberitakan Paultan, Honda akan fokus pada sektor dapur pacu dengan menjejali mesin 1.5 liter VTEC Turbo empat silinder. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual atau otomatis jenis CVT enam percepatan.

Bila menggunakan transmisi manual mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal 182 ps pada 5.500 rpm, dan 6.000 rpm dengan CVT. Lewat penggunaan transmisi manual pula torsi yang dikeluarkan lebih tinggi yaitu 240 Nm pada rentang 1.900 hingga 5.000 rpm, sedangkan CVT hanya mendapat 220 Nm dari 1.700 hingga 5.500 rpm.

Honda HR-V Eropa

Honda HR-V Sport dengan mesin CR-V (Foto: Honda)

Di samping mesin, Honda juga memasangkan teknologi ‘Performance Damper’ pada HR-V Sport, lalu mobil juga mendapat gril sarang lebah dengan sentuhan aksen hitam. Pembaruan lainnya meliputi splitter depan ramping, side skirts, wheel arch mouldings dan bumper belakang yang lebih agresif.

Semua dibalut dengan warna hitam. Model terbaru ini juga dilengkapi dengan cover kaca spion hitam, pipa knalpot ganda, velg 18 inci dengan desain yang unik, lampu depan LED, black chrome tailgate garnish dan smoked taillights.

Melangkah ke bagian interior, Honda HR-V Sport mendapat jok dengan dua warna hitam dan merah. Aksen warna yang sama juga melekat di pintu dan dashboard.

Produksi Honda HR-V Sport dijadwalkan mulai Desember 2018, dengan pengiriman pertama ke pelanggan di musim semi 2019. Honda mengatakan HR-V Sport model 2019 menyasar konsumen di Eropa yang menginginkan pengalaman berkendara lebih dinamis.

Honda HR-V Eropa

Interior Honda HR-V Sport (Foto: Honda)

Jangan Harap HR-V Turbo Masuk Indonesia

Selain Eropa, HR-V juga dipasarkan di Indonesia. Bedanya di Indonesia belum ada varian HR-V turbo. Sampai saat ini PT Honda Prospect Motor (HPM) belum berencana memasangkan perangkat turbo pada mesin HR-V yang dipasarkan di dalam negeri. Namun Honda tidak menampik bila mobil bermesin turbo sangat cocok digunakan di Indonesia.

“Cocok sekali. Itu juga merupakan tren dunia saat ini untuk teknologi Internal Combustion Engine. Selain bisa menghasilkan tenaga besar, irit bahan bakar, dan juga membuat lingkungan lebih bersih. Dengan begitu konsumen dapat dipastikan akan merasakan kesenangan mengemudi,” ujar Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director HPM beberapa waktu lalu.

Di Indonesia Honda HR-V tersedia dalam 4 varian yaitu tipe 1.8L Prestige CVT, tipe 1.5 E Special Edition CVT, tipe 1.5L E CVT, tipe 1.5L S CVT, dan 1.5L S M/T. Khusus HR-V mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder mampu mengeluarkan tenaga 120 PS pada 6.600 rpm. Torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.600 rpm. Tenaga dikirim ke roda melalui transmisi manual 6 percepatan.

Sedangkan HR-V dengan mesin 1.8 liter SOHC i-VTEC 4 silinder menghasilkan tenaga sebesar 139 PS pada 6.500 rpm. Dengan torsi maksimal 17,2 kg.m pada 4.300 rpm. Honda menjual HR-V dengan harga mulai dari Rp279,5 juta untuk varian terendah sampai Rp395 untuk varian tertinggi. (dna)

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts