Home » Berita » IIMS 2020 Batal, Suzuki Indonesia Luncurkan Mobil Baru Secara Digital

IIMS 2020 Batal, Suzuki Indonesia Luncurkan Mobil Baru Secara Digital

suzuki ignis facelift
Mobil baru Suzuki yang diluncurkan secara digital disinyalir kuat adalah Ignis facelift. (Foto: Zigwheels)

Jakarta – Tiga minggu jelang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020, Dyandra Promosindo selaku pihak penyelenggara secara resmi membatalkan pameran otomotif tahunan itu. Pembatalan tersebut dikarenakan melihat situasi dan kondisi Indonesia yang tengah dilanda wabah virus corona (Covid-19). Sedianya, IIMS 2020 berlangsung pada 9-19 April di Jakarta.

Berhubung IIMS 2020 batal diselenggarakan, maka beberapa Agen Pemegang Merek (APM) yang seharusnya meluncurkan mobil baru di sana, terpaksa mengalihkan seremonial peluncuran lewat jalur digital. Salah satu APM yang sudah diketahui bakal meluncurkan mobil baru yaitu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM mobil Suzuki di Indonesia.

Tepat pada 9 April mendatang, Suzuki berencana mendatangkan versi penyegaran (facelift) dari satu model Urban Sport Utility Vehicle (SUV). Namun Suzuki tidak menyebutkan secara gamblang mobil baru apa yang dimaksud. Hanya saja, dari tagline yang disebutkan kuat dugaan mobil facelift ini adalah Suzuki Ignis.

“Tadinya Suzuki mau meluncurkan line up terbaru di IIMS 2020, tapi karena kondisi seperti sekarang ini terpaksa peluncuran dilakukan secara digital. Ini merupakan bagian dari strategi marketing. Suzuki bilang ini (mobil baru) Urban SUV. Mobil SUV untuk kaum urban, lebih ke lifestyle. Kamis tanggal 9 April di channel Youtube Suzuki Indonesia pukul 15.00 WIB,” ungkap Rudiansyah, General Manager Head of PR and Digital Strategic Planning Department PT SIS, di Jakarta saat teleconference bersama media, Senin, (5/4/2020).

suzuki ignis facelift
Suzuki Ignis facelift di India. (Foto: Zigwheels)

Sedikit bocoran, dirinya menyebutkan bila mobil baru Suzuki ini akan mengalami sedikit perubahan (minor change) di beberapa bagian baik itu eksterior maupun interiornya.

“Perubahan lebih banyak di eksterior. Seperti gril depan, belakang dan lampu baru. Itu membuat tampilannya lebih gagah dan lebih youthful. Sedangkan interior ada tambahan seat cover lalu ada aksen-aksen baru. Bentuk kunci mobil, defoger, dan difuser,” terang Rudiansyah.

Harga Suzuki Ignis Terbaru

Saat ini SIS masih memasarkan Ignis yang diluncurkan pertama kali pada 2017. Ada empat varian Ignis dan dua varian Sport Edition yang ditawarkan perusahaan ke konsumen. Berikut daftar harga Suzuki Ignis dilansir dari situs resmi Suzuki Indonesia:

  • Ignis GL MT Rp166 juta
  • Ignis GL AGS Rp176 juta
  • Ignis GX MT Rp185 juta
  • Iginis GX AGS Rp195 juta
  • Ignis Sport Edition GL SE MT Rp176 juta
  • Ignis Sport Edition GL SE AGS Rp186 juta.
Suzuki Sport SE
Suzuki Ignis Sport Edition. (Foto: Carmudi).

Sudah Meluncur di India

Sebelum masuk ke pasar Indonesia, Suzuki Ignis terbaru sudah lebih dahulu meluncur di India pada Februari lalu. Tidak cuma segar dari segi penampilan luar dan dalam, Ignis yang dipasarkan di India sudah mengadopsi mesin berstandar emisi Bharat Stage (BS-VI) atau setara dengan Euro6.

Ignis terbaru di Indonesia masih menggunakan mesin bensin K12M 1.2L naturally aspirated. Di atas kertas mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 81 hp dan torsi puncak 113 Nm. Tenaga dikirim ke roda melalui transmisi manual atau otomatis lima percepatan.

Maruti Suzuki selaku APM yang memasarkan mobil Suzuki di India menawarkan dua pilihan penyesuaian tema yaitu Acropolis dan Scorcher terbaru. Perusahaan berlogo ‘S’ ini juga telah memperkenalkan warna eksterior baru untuk Ignis yaitu Lucent Orange dan Turquoise Blue. Ada juga tiga pilihan cat dual-tone baru, yaitu Nexa Blue dengan Black, Lucent Orange dengan atap Black dan Nexa Blue dengan atap Silver.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Beri Program Penjualan Mobil Baru di Tengah Pandemi

Previous post
Toyota Beri Program Penjualan Mobil Baru di Tengah Pandemi
Proses waxing pada mobil, photo: waxing car
Next post
Bosan Akibat WFH, Coba Poles Mobil Sendiri di Rumah, Yuk!