BeritaEventMobilProdukSumber informasi

Ingin Membeli Ford Fiesta Bekas? Simak Dulu Kekurangannya

Jakarta – Ford Fiesta menjadi salah satu hatchback yang cukup favorit. Sayangnya, APM Ford sendiri sudah memutuskan untuk angkat kaki dari Indonesia pada 2016 silam. Namun, sebenarnya masih banyak orang yang mencari Ford Fiesta bekas lantaran dinilai memiliki kenyamanan yang cukup baik saat digunakan sehari-hari.

Di Indonesia sendiri, Ford Fiesta ditawakan dalam beberapa pilihan mesin. Mulai dari mesin 1.400 cc, 1.600 cc dan 1.500 cc. Ketiganya dibekali dengan mesin 4 silinder segaris. Namun, selain dari ketiga mesin tersebut, ada juga yang dijual dengan mesin turbo. Namun kapasitas mesinnya lebih kecil, hanya 1.000 cc, 3 silinder. Varian ini kerap disebut dengan nama Ecoboost.

Tips membeli Ford Fiesta bekas

Tips membeli Ford Fiesta bekas/photo: netcarshow

Bagi Anda yang hendak membeli Ford Fiesta bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mobil berpenumpang 5 orang ini memiliki desain yang cukup menarik dibanding hatchback lain yang dijual di Indonesia. Kira-kira apa saja kelemahan dan kelebihan dari mobil dengan desain yang cukup keren ini?

Kelemahan Ford Fiesta

Karena Ford Fiesta merupakan mobil yang sudah tidak ada lagi barunya, otomatis kamu masih dapat membeli mobil ini dengan kondisi bekas. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat kamu hendak membeli Ford Fiesta bekas.

Perhatikan Transmisi

Sebelum benar-benar meminang mobil ini, usahakan kamu sudah mencoba mobil terlebih dahulu. Menurut rekan komunitas, bagian yang paling wajib di cek adalah transmission control modul. Modul transmisi ini dianggap kerap bermasalah sehingga membuat perpindahan transmisi menjadi kurang halus. Biasanya, Ford Fiesta memiliki modul transmisi yang sudah mulai rusak.

Tips membeli Ford Fiesta bekas

Tips membeli Ford Fiesta bekas/photo: netcarshow

Hal tersebut dikarenakan posisi modul transmisi yang berada di samping girboks. Posisi modul transmisi Fiesta ini juga dinilai terlalu rendah. Sehingga kerap terkena air pada saat mobil hendak melewati genangan air. Modul transmisi yang mulai rusak akan memberikan perpindahan gigi yang lambat.

Cek Fungsi Fitur

Ford Fiesta sebenarnya dibekali dengan fitur yang cukup banyak. Mulai dari voice command, audio, hill launch assist hingga sistem kelistrikan lainnya wajib diperiksa dengan teliti. Usahakan semua fitur yang menempel pada mobil masih berfungsi dengan baik tanpa adanya kerusakan.

Selain mengecek fungsionalitas fitur, kamu juga dapat memeriksa sejarah mobil lewat buku servis. Dari buku servis ini kamu dapat mengetahui riwayat perawatan dari pemilik mobil sebelumnya. Dari buku servis ini kamu dapat mengetahui penggantian komponen dan spare part yang sudah diganti oleh pemilik Fiesta sebelumnya.

Melihat Jarak Tempuh Ford Fiesta

Hampir sama dengan membeli mobil bekas lainnya. Dalam membeli Ford Fiesta bekas, kamu juga dapat melihat jarak tempuh sebagai salah satu acuan. Mobil dengan jarak tempuh yang rendah akan lebih baik dibandingkan dengan jarak tempuh yang sudah cukup jauh. Jangan lupa untuk mengecek bagian kaki-kaki, transmisi dan mesin pada Ford Fiesta bekas ini.

Tips membeli Ford Fiesta bekas

Tips membeli Ford Fiesta bekas/photo: netcarshow

Usahakan belilah mobil Ford Fiesta bekas yang kaki-kakinya tidak berisik. Periksa bagian mesin, apakah ada kebocoran atau tidak. Mesin yang kering dan bersih menjadi tanda jika mobil tersebut adalah mobil yang dirawat oleh sang pemilik. Usahakan melakukan test drive agar kamu mengetahui rasa berkendara dari Ford Fiesta bekas ini.

Tips Membeli Suku Cadang Ford Fiesta Bekas

Karena APM resminya sudah hengkang dari Indonesia, bukan berarti suku cadangnya sulit dicari. Memang ada beberapa bagian yang sulit dicari, tetapi untuk komponen fast movingnya sendiri masih cukup banyak terutama di kota besar seperti Jakarta. Di Jakarta, terdapat beberapa lokasi penjualan suku cadang khusus Ford. Kamu bisa mendatangi Blok M Square, kawasan otomotif Senen Atrium, atau mampir ke kawasan Mangga Besar Jakarta Pusat.

Tips membeli Ford Fiesta bekas

Tips membeli Ford Fiesta bekas

Selain itu kamu juga dapat membeli komponen Ford Fiesta bekas di aplikasi online. Harga komponen fast moving Fiesta ini juga tergolong tidak terlalu mencekik. Sebagai gambaran, fan belt dijual seharga Rp 200-600 ribuan. Kanvas rem dijual seharga Rp 100-400 ribuan di beberapa aplikasi online. Harga tersebut menjadi harga yang sangat terjangkau untuk komponen mobil.

Harga Jual Kembali Fiesta Terjun Bebas

Bagi kamu yang membeli mobil untuk dijual kembali, lebih baik jangan membeli mobil dengan merk Ford. Mobil merk Ford dianggap sudah tak memiliki APM resmi, sehingga banyak orang yang tidak yakin dengan ketersediaan spare part. Mobil bekas Ford di Indonesia bisa dibilang memiliki harga jual yang terjun bebas, atau sangat jatuh. Salah satunya adalah Ford Fiesta bekas.

Tips membeli Ford Fiesta bekas

Tips membeli Ford Fiesta bekas

Kelebihan Ford Fiesta

Mobil ini sebenarnya masih beberapa hal kelebihan diantara kekurangannya. Salah satu kelebihannya adalah kenyamanan. Ford Fiesta bekas ini memiliki kenyamanan yang cukup baik dibandingkan dengan kompetitornya di segmen hatchback Indonesia. Salah satu fitur andalannya adalah voice command yang tidak ada di hathback manapun yang dijual di Indonesia.

Handling dari Ford Fiesta bekas ini juga dinilai sangat baik. Handlingnya cukup impresif. Tak hanya itu, respon mesin pada Fiesta ini juga menjadi incaran penyuka kecepatan. Secara desain, mobil ini memiliki tampilan yang cukup sporty di bagian eksterior. Namun jika melihat bagian interior, tentunya interiornya sudah cukup usang atau ketinggalan zaman.

Tips membeli Ford Fiesta bekas

Tips membeli Ford Fiesta bekas

Dan Kelebihan dari Ford Fiesta yang terakhir yaitu fitur yang sangat lengkap. Tidak hanya fitur interior saja yang lengkap namun untuk fitur keselamatannya pun sangat lengkap. Ya, bisa dikatakan tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara yang menyenangkan, namun Ford Fiesta bekas ini juga menawarkan keselamatan berkendara yang sangat mumpuni. Mobil ini dijual di kisaran harga Rp 90-180 jutaan tergantung varian dan tahun pembuatan.

Bagi kamu yang hendak mencari mobil dengan tampilan keren dan kenyamanan mumpuni, Ford Fiesta bekas ini layak dipinang.

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts