BeritaSepeda motorSumber informasi

Ini Alasan Michelin Tambah Varian Ban di MotoGP Argentina Kemarin

Michelin Sediakan Empat Varian Ban Balap di GP Argentina (Foto: Motorsport)

Buenos Aires – MotoGP seri Argentina yang kemarin usai digelar cukup merepotkan Michelin selaku distributor tunggal ban di MotoGP. Balapan yang berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina.

Pabrikan asal Prancis ini menyediakan empat jenis kompon ban yakni satu kompon soft, dua medium dan satu hard. Alasannya, sirkuit sepanjang 4,8 km itu baru diaspal ulang pada musim lalu. Untuk jenis medium ini tersedia dua varian karena adanya perbedaan struktur kompon.

Michelin merancang ban belakang dengan struktur kompon asimetris, dan sisi kanan lebih keras. Sementara itu, sebagian besar ban depan tersedia dalam desain simetris. Perusahaan dengan logo berjuluk Bibendum ini ingin mengumpulkan data kondisi aspal sebanyak-banyaknya di lintasan yang baru.

“Argentina merupakan sirkuit yang memberi kami sejumlah tantangan selama dua musim balapan di sana. Sirkuit ini treknya bisa sangat panas, namun saat hujan suhu merosot drastis. Jadi, kami harus siap untuk setiap kemungkinan,” papar Michelin Motorsport Two-Wheel Manager, Piero Taramasso sebagaimana dikutip Motorsport.

Michelin Jadi Distributor Tunggal Ban Balap di MotoGP (Foto: Motorsport)

Tugas Michelin sebagai distributor tunggal semakin sulit karena ada bagian-bagian trek yang diaspal ulang. Maka dari itu, Michelin sengaja memberi opsi ban kepada para pebalap sebanyak mungkin.

“Musim ini, ketidakpastian kondisi aspal itu semakin bertambah karena ada bagian-bagian trek yang diaspal ulang. Kami pergi ke sana dengan sedikit pengetahuan tentang hal yang dibutuhkan untuk balap,” tambah Taramasso.

Pilihan Ban Balap Permudah Pebalap Cari Kombinasi Terbaik

Peran ban bagi pebalap sangat penting, karena sangat berdampak pada kemampuan mereka saat berlaga di sirkuit. Pebalap biasanya akan mencari kombinasi ban yang ideal sesuai dengan kondisi aspal dan gaya balap mereka.

Untuk mengakomodir kebutuhan pebalap, Dorna sejak awal musim meminta kepada Michelin menambah alokasi masing-masing empat ban untuk roda depan dan belakang. Belum lagi, kondisi sirkuit dengan aspal baru sulit diprediksi secara akurat.

“Itulah mengapa ketika Dorna meminta kami menambah alokasi ban di awal musim, kami menyiapkan opsi keempat ban depan dan belakang slick [kering] ke Argentina. Dengan demikian kami dapat memberikan kepada semua pembalap kesempata untuk memilih ban yang paling cocok bagi mereka, sesuai dengan kondisi motor dan lintasan berubah-ubah,” jelasnya.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts