Home » Carmudi Jurnal » Ini Dia Keunggulan Pick Up Isuzu Traga yang Bisa Bikin Pengusaha Untung

Ini Dia Keunggulan Pick Up Isuzu Traga yang Bisa Bikin Pengusaha Untung

Isuzu Traga (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kemarin (23/4) resmi luncurkan Isuzu Traga. Kendaraan yang bermain di segmen medium pick up ini memiliki beberapa kompetitor yang sudah lebih dulu merasakan pasar mobil komersial di Indonesia.

Sebagai pendatang baru tentunya IAMI telah mengembangkan produk terbarunya itu sedemikian rupa. Agar mampu bersaing dengan kompetitor terdekatnya.

Pick Up yang dibanderol dengan harga Rp190 juta ini memiliki beragam keunggulan. Ini artinya para pemilik banyak mendapat keuntungan. Berikut ini uraian singkatnya.

1. Empat Konsep Utama

Isuzu Traga diciptakan dengan empat konsep utama. Edy Jusuf Oekasah, Director of Product Planning IAMI dalam presentasinya, menjelaskan yang pertama Isuzu Traga memiliki baknya besar.

“Kenapa baknya besar? Seperti kita ketahui kepadatan lalu lintas mebuat efisiensi kendaraan jadi menurun kita perlu bak lebih besar. Kita perlu angkutan yang lebih besar maka kita buat kendaraan dengan bak-nya lebih besar,” katanya.

Kedua Isuzu Traga sangat tangguh, sehingga para pengusaha tidak perlu memikirkan kendaraannya tapi cukup memikirkan bisnis.

Ketiga irit, mobil ini sudah dibekali dengan mesin legendaris yang sudah dijamin keiritan bahan bakarnya.

“Kita tahu pengeluaran untuk bahan bakar itu sangat tinggi dalam industri transportasi. Sehingga keiritan bahan bakar merupakan hal yang harus di punyai kendaraan komersial,” terang Edy.

Terakhir yaitu kabin. IAMI telah mendesain kabin Isuzu Traga lebih modern mengikuti selera dari masyarakat sekarang ini.

Isuzu Traga (Foto: Santo/Carmudi)

“Kita tahu perkembangan kota-kota modern di Indonesia sangat pesat. Ini untuk memenuhi keinginan generasi milenial jadi desainnya pun harus mengikuti jamannya,” tutur Edy.

2. Bisa Angkut 60 Galon Air

Isuzu Traga memiliki dimensi panjang 2,8 meter, lebar 1,6 meter yang mempunyai luas kargo (bak) 4,6 meter persegi (m2). Besarnya kargo membuat Isuzu Traga bisa memuat lebih banyak barang bawaan ketimbang kompetitornya.

“Kalau ini kita terjemahkan dalam angukutan sehari-sehari, misalnya mengangkut galon air bisa sampai 60 galon air. Sementara kompetitornya hanya 48 galon air. Bagaimana dengan mobil yang menggunakan box dengan volume 6,4 m2. Bisa mengangkut kira-kira 300 kardus mie instan kalau kompetitor hanya 240 kardus mie instan saja,” papar Edy.

3. Mesin Isuzu Panther

IAMI mengerti betul apa yang dibutuhkan oleh konsumennya, salah satunya adalah mesin yang tangguh dan irit bahan bakar.

Untuk itu IAMI membenamkan mesin yang juga digunakan oleh Panther yaitu 4JA1-L di Isuzu Traga. Mesin ini sudah teruji performanya sejak lama.

“Mesin ini cukup memumpuni tenaganya sekira 80 ps di RPM yang cukup rendah 3.500 dan terutama di torsi 19,5 Kg.m pada 1.800 rpm. Dibandingkan kompetitor yang hanya 13,5 Kgmm itu pun hanya bisa di dapat pada RPM yang sangat tinggi yaitu 3,000 dengan demikian keiritan bahan bakar Isuzu Traga bisa di dapat,” ungkapnya.

Mesin Isuzu Traga (Foto: Santo/Carmudi)

Mesin ini juga terkenal dengan keirirtannya. Berdasarkan pengujian internal Isuzu, rata-rata konsumsi bahanbakar Traga sekira satu liter solar dapat menempuh 11,7 (1:11,7) kilometer pada saat kendaraan melaju di jalan datar.

Sedangkan kompetitornya 1:9,3 KM. Jika di jalan tanjakan dengan elevasi 18 persen konsumsi bahan bakar Traga 1:4,6 KM berbeda dengan kompetitornya yang jaraknya sedikit lebih pendek yaitu 1/3,7 KM. “Traga lebih irit 2,5 persen dibanding kompetitornya,” ucap Edy.

4. Kabin Modern

Supaya pengemudi dan penumpang merasa nyaman selama perjalanan, Isuzu membuat kabin Traga luas dan lebih modern. Menariknya mobil ini juga sudah dibekali dengan perangkat hiburan yang bisa menghilangakan rasa bosan di kabin.

“Interiornya berkonsep ergonomis jadi lega dan mudah dioperasikan. Di lengkapi dengan blower. Kita juga lengkapi dengan sistem hiburan yang memilikifitur USB dan sebagainya. Pandangan ke depan cukup luas sehingga sangat aman di dioperasikan di jalan yang sempit dan padat selain itu pengoperasian tuas-tuas dan tombol sangat mudah,” tuturnya.

Interior Isuzu Traga (Foto: Santo/Carmudi)

5. Radius Putar 4,5 M

Dengan radius putar minimal 4,5 membuat Isuzu Traga lebih mudah bermanuver di jalan.

6. Aman

Memiliki pengereman lebih baik untuk keamananserta menggunakan ban radial untuk umur ban lebih panjang. “Roda depan dengan disk brake yang lebih besar dan belakang dengan tromol yang lebih lebar sehingga efisiensi pengereman bisa di capai,” pungkas Edy.(dol)

Previous post
Motor Honda Bagi-Bagi Diskon Selama IIMS 2018
Hyundai
Next post
Tunggu Lampu Hijau, Hyundai Buka Pabrik di Indonesia