Sepeda motor

Inikah Motor Listrik Terkencang? Dirancang untuk Pecahkan Rekor Kecepatan

Jakarta – WMC250EV bisa jadi masuk dalam jajaran motor listrik terkencang. Pasalnya, motor ini lahir untuk memecahkan rekor kecepatan dunia.

WMC250EV

WMC250EV bisa jadi akan menjadi motor listrik terkencang jika berhasil memecahkan rekor kecepatan dunia. (Foto: Visor Down)

WMC250EV diproduksi oleh perusahaan bernama White Motorcycle Concepts (WMC). Wujudnya pertama kali muncul ke hadapan publik pada Juni lalu.

Mengutip Visordown, Senin (20/9/2021), WMC dikabarkan sukses menjalani tahap pertama fase percobaan WMC250EV di Bruntingthorpe Proving Ground, Inggris baru-baru ini.

Target yang dikejar ialah memecahkan rekor dunia untuk kecepatan darat. Menurut rencana, hal tersebut akan dilakukan pada musim panas nanti di danau garam Bolivia.

Banyak terobosan yang diterapkan untuk mencapai target tersebut. Salah satunya desain bodi motor yang sangat unik.

Motor ini memiliki terowongan udara di bagian tengahnya. Membuat penampilan WMC250EV terlihat bolong jika ditinjau dari depan atau belakang.

Bukan tanpa maksud, desain tersebut berguna untuk mengurangi hambatan angin saat motor melaju kencang.

Selain itu, desain fairing WMC250EV juga memperlihatkan ini bukanlah motor sembarangan. Bentuk fender dan visor terlihat besar dan sangat mengedepankan aspek aerodinamika.

Motor Listrik Terkencang

(Foto: Visor Down)

Sistem Penggerak Two Wheel Drive

Hal yang tak kalah unik ialah sistem penggerak motor ini. Jika pada umumnya motor menggunakan sistem penggerak roda belakang, WMC250EV justru menggunakan sistem penggerak dua roda.

Artinya baik roda depan dan belakang sama-sama mendapat suplai tenaga untuk membawa motor melajur

Roda depan terhubung langsung dengan motor listrik. Sedangkan roda belakang masih memanfaatkan rantai yang tertutup lengan ayun.

Nah, masing-masing roda itu pun memiliki dua buah motor listrik. Untuk roda depan tenaganya disuplai dua buah motor listrik dengan kekuatan 20 kW.

Sedangkan untuk roda belakang dilengkapi dua buah motor listrik berkekuatan 30 kW.

Sementara itu, untuk baterainya menggunakan adalah lithium ion 15 kW yang memiliki voltase 60V. Untuk saat ini secara total motor memiliki tenaga 100 kW atau sekitar 137 hp.

Spesifikasi tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan powertrain sesungguhnya yang akan digunakan memecahkan rekor nanti.

Yakni powertrain berkekuatan 250 kW yang diharapkan bisa membawa motor ini melaju lebih dari 402,3 km/jam untuk dapat memecahkan rekor kecepatan.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts