Home » Berita » Intip Perbandingan Harga Mobil MPV Pintu Geser Selain All New Nissan Serena

Intip Perbandingan Harga Mobil MPV Pintu Geser Selain All New Nissan Serena

Jakarta – Pasar mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) di Tanah Air memang sangat menjanjikan. Ini dikarenakan masyarakat Indonesia cenderung mengemari kendaraan berdimensi cukup besar dan dapat menampung banyak penumpang serta barang bawaan ke kebin.

Mobil MPV sendiri terbagi dalam empat kategori, mulai dari Low MPV, Medium MPV, Luxury MPV, dan High MPV. Semua kategori MPV sangat menarik untuk dibahas apalagi kalau sudah menyangkut soal harga.

Bertepatan dengan peluncuran All New Nissan Livina beberapa hari lalu, Carmudi sempat membahas soal pasar low MPV. Namun kali ini Carmudi coba membahas mobil di kelas yang sama tapi lebih ke kategori medium hingga high.

Ada banyak mobil dari berbagai merek yang bermain di kategori tersebut, tapi untuk menyederhanakannya hanya difokuskan pada mobil MPV pintu geser yang memiliki bentuk body ‘kotak’.

Mobil MPV pintu geser memang tidak terlalu besar angka penjualannya, tapi peminatnya tetap ada. Rata-rata pembelinya berasal dari konsumen berkantung tebal yang mengedepankan kenyamanan dan privasi yang tinggi.

Setidaknya ada delapan mobil MPV pintu geser dengan bentuk tubuh kotak yang dipasarkan di Indonesia, di antaranya All New Nissan Serena, Nissan Elgrand, All New Toyota Voxy, New Alphard, New Vellfire, Hyundai Starex Mover, New H-1, dan terakhir adalah Mazda Biante.

Masing-masing model menawarkan beragam kelebihan dengan harga yang berbeda-beda. Supaya jauh lebih jelas lagi, berikut ini uraian singkat delapan mobil MPV pintu geser dengan tubuh kotak beserta harga jualnya per varian seperti yang tercantum di website resmi para produsen mobil:

1. All New Nissan Serena

Nissan Motor Indonesia (NMI) Agen Pemegang Merek (APM) baru saja meluncurkan All New Serena. Mobil keluarga yang datang sebagai model 2019 ini telah mendapatkan sejumlah penyegaran baik di sektor eksterior maupun interiornya.

All New Nissan Serena
All New Nissan Serena (Foto: Santo/Carmudi)

Generasi ke lima dari Nissan Serena ini memiliki beberapa tambahan fitur baru seperti Intelligent sliding door . Ini  membantu penumpang untuk masuk dan keluar kabin serta menurunkan barang-barang dengan lebih mudah. Fitur lainnya yang juga merupakan hal pertama di segmennya adalah pintu bagasi ganda yang inovatif dalam menyiasati keterbatasan ruang.

MPV Nissan ini memiliki sistem hiburan yang canggih dengan layar LCD ganda berukuran 7 inci, roof monitor berukuran 11 inci. Layar monitor berikutnya adalah Multi Information Display berukuran 7 inci yang memiliki banyak fitur, termasuk Intelligent Around View Monitor yang terkenal dari Nissan.

Menambah kenyaman, mobil ini juga telah dibekali captain seat pada bangku baris kedua berbalut kulit, dan tujuh colokan USB pada setiap baris kursi.

Mobil ini dipasarkan dalam dua varian yaitu Serena HWS dengan harga Rp 465 juta dan Serena X Rp448 juta.

2. Nissan Elgrand

NMI terakhir kali mendatangkan versi terbaru Elgrand pada 2014. Sampai sekarang belum ada penyegaran sedikitpun yang diberikan oleh Nissan. Kemewahan Nissan Elgrand sudah terpancar dari bagian eksterior berkat bentuk garis yang begitu dinamis dari depan hingga jendela belakang mobil.

Tampilan front grill yang mencolok menegaskan tampilan yang kekuatan dan kesempurnaan. Ini adalah tampilan tegas yang langsung menyiratkan kesan keagungan dan kemewahan.

Nissan Elgrand (Foto: Showroomnissan)

Pada bagian interior tidak hanya menampilkan kemewahan saja tapi juga kenyamanan. Bangku baris kedua dengan konsep captain seat yang didesain all-in-one antara seat cushion dan leg rest seluruh bagian tubuh bersandar dengan sempurna, sehingga membantu menjaga posisi tubuh tetap rileks.

Nissan Elgrand dilengkapi dengan Dual-panel Sunroof yang menghadirkan cahaya matahari dalam kesejukan. Para penumpang pun dapat menikmati malam saat dalam perjalanan. Nissan hanya menawarkan satu pililihan varian saja yaitu Elgrand 2.5L Autech dengan harga Rp1.019.1 miliar.

3. All New Toyota Voxy

All New Toyota Voxy di GIIAS 2017, kehadirannya mampu memikat para pembeli dan berhasil memboyong beberapa penghargaan di dalam negeri. All New Voxy dibekali mesin tipe 3ZR-FAE DOHC mengadaptasi transmisi CVT. Sementara di bagian interior, MPV ini sekilas sama dengan saudara tuanya, Velfire.

Secara keseluruhan permukaan joknya sudah dilapisi bahan kulit. Berbagai fitur menarik telah disematkan di dalamnya, mulai dari cruise control, MID, Optitron Speedometer, pengatur AC 3 zona, dan double moonroof.

Toyota Voxy yang diboyong di ajang GIIAS di Surabaya. Foto/Carmudi Indonesia.

Dari sisi fitur keamanan dan keselamatan, pengemudi dan penumpang All New voxy terlindungi dengan 7 airbags, Stability Control dan Hill Start Assist. All New Voxy dipasarkan dengan banderol resmi Rp462.25 juta

4. New Toyota Alphard dan Vellfire

Toyota Astra Motor (TAM) terakhir kali menyegarkan Toyota Alphard dan Vellfire pada Maret 2018. New Toyota Alphard mendapat penyempurnaan desain, baik eksterior dan interior yang menghasilkan tampilan semakin mewah dan menawan. Sedangkan New Vellfire kian menampilkan gaya khasnya yang lebih berani.

Toyota Alphard
Toyota Alphard tampil dengan wajah baru. Foto/Toyota.

Perubahan yang dilakukan untuk lebih menyempurnakan penampilan, Alphard dan Vellfire, di antaranya headlamp, hood moulding, bumper, grille serta foglamp bezel. Keduanya juga dilengkapi beberapa fitur yang menunjang kenyamanan pada saat berkendara, antara lain Digital Rear View Mirror untuk melengkapi kamera parkir yang sudah ada sebelumnya.

New Toyota Alphard tersedia dalam tiga pilihan varian yaitu 2.5 X A/T Rp959.85 juta, 2.5 G A/T Rp1.114.25 miliar, dan 3.5 Q A/T Rp1.808.05 miliar. Sedangkan New Toyota Vellfire hanya satu varian, 2.5 G A/T Rp1.112.25 miliar.

5. Hyundai Starex Mover

Mobil MPV keluaran Hyundai satu ini memang sangat jarang sekali terdengar. Mobil asal Korea Selatan ini lebih banyak digunakan sebagai ambulans, atau angkutan penumpang (komersial) yang dapat menampung sampai dengan 11 penumpang di kabin.

Dalam website resmi Hyundai Mobil Indonesia, kabin Hyundai Starex Mover bisa dimodifikasi hingga 10 opsi konfigurasi kursi. Ini jelas memudahkan pemiliknya apabila ingin menjadikan Starex sebagai MPV premium atau hanya sekedar mobil angkutan penumpang jarak jauh biasa.

Sejak diperkenalkan untuk kali pertamanya pada kisaran 2011 lalu, Hyundai Starex langsung mendapatkan respons yang cukup positif dari masyarakat. Pengguna mobil-mobil berbasis MPV dan juga para pengusaha yang bergerak di bidang jasa transportasi menyambut baik hadirnya Starex.

Hyundai Grand Starex Masuk Indonesia Jadi Starex Mover (Foto: Hyundai)

Alhasil, mobil multifungsi ini tak hanya dipergunakan sebagai kendaraan keluarga, tapi juga untuk dijadikan kendaraan komersial atau bahkan ambulans karena memiliki kapasitas ruang kabin yang cukup besar dan luas.

PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) menjual Starex Mover dengan harga Rp410.6 juta.

6. New Hyundai H-1

HMI terakhir kali melakukan penyegaran terhadap H-1 pada pertengahan 2018. Eksterior mobil berpintu geser ini berubah drastis hingga hampir tak terlihat sama dengan H-1 terakhir yang meluncur di GIIAS 2017 silam. Bagian wajah dirombak total, kini dengan wajah baru seperti mayoritas Hyundai lainnya.

Selain eksterior yang dirombak, fitur New Hyundai H-1 pun bertambah banyak dibanding sebelumnya. Dari sisi pengemudi, setir akhirnya mendapat pengaturan telescopic setelah sebelumnya hanya selalu tilt saja.

Hyundai tetap menghadirkan tiga varian seperti model sebelumnya. Paling rendah Elegance Rp494 juta, diteruskan XG Gasoline Rp490 juta, XG CRDi Rp520 juta, Royale Gasoline Rp568 juta, dan CRDi Rp604 juta.

Hyundai H1
Hyundai H1 akan segera muncul di GIIAS 2018, dengan banyak perubahan. Foto/Carmudi.

Bicara mesin, Hyundai tetap mempercayakan dua pilihan yaitu bensin 2.400 cc MPi dan diesel 2.500 cc CRDi dengan e-VGT.

7. Mazda Biante

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) distributor tunggal mobil Mazda di Indonesia memiliki satu MPV pintu geser bertubuh kotak yaitu Biante. Dibanderol Rp449 juta, Mazda Biante memiliki panjang 4.715 milimeter (mm), lebar 1.770 mm, 1.835 mm, dan 2.850 mm.

Mazda Biante (Foto: Mazda)

Sumber tenaganya berasal dari mesin tipe SKYACTIV-G 2.0L, In-line, 4-Cylinder DOHC, 16- Valve, berkapasitas 1,997 cc. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sekuat 148 ps pada 6.000 RPM, dan torsi puncak 190 Nm pada 4.100 RPM.(dol)

Datsun Go+
Previous post
Diskon Rp 15-20 Jutaan hingga Cicilan Rp 2 Jutaan, Mobil Apa Ya?
Shockbreaker Honda BeAT
Next post
Shockbreaker Honda BeAT Ambles, Begini Cara Mengatasinya