Berita

Isu Pajak Mobil Baru Nol Persen Tidak Pengaruhi Penjualan Daihatsu

pajak mobil nol persen

Penjualan mobil Daihatsu tidak banyak terpengaruh isu pajak mobil baru nol persen. (Foto: Carmudi)

Jakarta – Beberapa waktu terakhir beredar wacana pemerintah ingin memberikan relaksasi pajak mobil baru nol persen. Dalam wacana tersebut harga mobil baru akan terpangkas hingga 40 persen dari harga yang sekarang.

Adanya wacana tersebut ternyata tidak berdampak besar pada penjualan mobil baru sepanjang September 2020. Angka penjualan retail terus naik bila dibandingkan Agustus.

“Kalau kita lihat setiap bulan, hasil market ditunggu-tunggu. Seperti di bulan Mei akan terjadi kurva V shape. Pasar otomotif Indonesia september kemarin lebih baik dari Agustus, market otomotif naiknya 15,5% di September,” beber Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International, Daihatsu Sales Operation, saat sesi webminar beberapa waktu lalu.

Hingga September 2020, penjualan otomotif nasional masih mengalami kondisi pasang surut. Kondisinya belum menunjukkan pergerakan kenaikan secara signifikan saat kondisi pandemi Covid-19.

Secara nasional, sejak awal tahun hingga YTD Sep-2020, capaian wholesales ada pada kisaran 372 ribu unit dan retail sales sekitar 407 ribu unit. Total market year to date market Indonesia mengalami penurunan 46,4%.

“September bulan yang menegangkan buat kita, sedangkan bulan-bulan sebelumnya biasa saja. Begitu mulai September banyak isu, seperti PSBB jilid 2 dan ada isu relaksasi pajak. Meskipun ada isu besar, penjualan tetap naik,” ungkap Hendrayadi.

Pengaruh Isu Pajak Mobil Baru Nol Persen Tidak Signifikan

pajak mobil baru nol persen

New Daihatsu Ayla dan Sirion (Foto: Daihatsu)

Terkait retail sales, penjualan Daihatsu YTD Sep-2020 mencapai 73.488 unit. Terjadi peningkatan market share menjadi 18 persen. Sementara itu kenaikan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 16,8%.

Artinya, penjualan kendaraan tetap bertumbuh saat pandemi dan beredar isu pajak seperti sekarang ini.

Sekalipun penjualan kendaraan baru terus naik, pihak Daihatsu tidak menampik bahwa bisa saja ada dampak dari isu pajak mobil nol persen. Namun, mereka belum bisa mengetahui seberapa besar pengaruhnya.

“Impaknya ada, tapi ternyata pasar September naik. Impak seberapa besar kita tidak tahu, karena belum mengetahui bagaimana cara menghitungnya,” tutur Amelia Tjandra, selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

6 Mobil Bekas dengan Pajak Murah

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts