BeritaMobilSumber informasi

Jangan Sampai Keliru, Hanya Ini Layanan Toyota Home Service

Toyota Home Service (Foto: Santo/Carmudi)

Serang – Auto2000 dealer mobil toyota terbesar di Indonesia sudah memiliki pelayanan service pangilan atau lebih dikenal dengan Toyota Home Service (THS) sejak 1989. Auto2000 selalu melakukan pengembangan terhadap THS supaya dapat terus memberikan kemudahan bagi pemilik mobil Toyota di seluruh Indonesia.

Tujuan utama hadirnya THS adalah membantu pelanggan yang tidak memiliki waktu ke bengkel untuk melakuan service berkala. Berbeda dari palayanan service di bengkel, THS hanya bisa melakukan pekerjaan ringan saja di rumah, kantor atau sedang berada di tengah perjalanan.

“Karena tidak semua keluhan pelanggan itu terutama pekerjaan yang berat-berat seperti turun mesin dan lainnya enggak bisa dikerjakan di rumah,” ujar Kasiono Kepala Bengkel Auto2000 Serang, Banten, Jumat (9/11).

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pekerjaan yang bisa dilakukan oleh THS, berikut ini penjelasan singkat dari Kasiono:

1. Service Berkala Internal (SBI)

Perawatan pertama pada mobil baru itu sangat penting, apalagi angka di speedometer sudah menunjukkan 1.000 kilometer. Bila tidak sempat ke dealer, langsung manfaatkan saja pelayanan THS.

“Kenapa harus diservice karena bentuk kepedulian sebagai dealer atau Agen Pemegang Merek (APM), jadi kalau ada masalah pada kendaraan secepat mungkin pihak dealer bisa mengetahuinya. Sehingga lakukan pemeriksaan, tentunya pemeriksaan ringan. Kita memberikan waktu dan kesempatan kepada pelanggan bila ada keluhan sebelum melakukan service berkala agar langsung disampaikan,” ungkap Kasiono.

2. Service Berkala Eksternal (SBE)

THS juga bisa dimanfaatkan pelanggan yang hendak melakukan Service Berkala Eksternal (SBE) pada km 10 ribu dan kelipatannya sampai lima kali (10,30,50,70, dan 90 ribu). Menariknya, menggunakan THS pelangan tidak akan dikenakan biaya jasa.

“Setelah 1.000 km pelanggan itu ada service kelipatan setiap 10 ribu kemudian untuk Toyota itu memberikan servis berkala gratis jasa itu 5 kali. Kemudian untuk Auto2000 akan memberikan service berkala ini gratis jasa sampai 5 kali dan tahun-nya tidak terbatas. Misalnya punya mobil sudah 5 tahun belum service 50 ribu di bawa saja ke Auto2000 jasanya gratis,” papar dia.

3. Pekerjaan lain-lain

Ada pekerjaan lain yang bisa dilakukan oleh THS seperti ganti oli, ganti aki, pemeriksaan emisi gas buang, dan special service Campaign. Setiap pengerjaan yang dilakukan oleh tim mekanik THS Auto2000 kurang dari dua jam sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama.

Armada THS 359 Unit

Sejak 1989 sampai 2018, Auto2000 sudah memiliki total 359 unit armada THS yang tersebar di berbagai wilayah. Tiap tahun Armada THS bertambah dan kendaraan yang digunakan semakin beragam.

Kasiono memaparkan, pada saat pertama kali THS lahir, Auto2000 hanya memiliki empat unit saja menggunakan Toyota Kijang Super. Kemudian pada 1992 bertambah drastis menjadi 51 unit masih mengandalkan kendaraan yang sama. Beranjak ke 1995, armada THS berganti kendaraan menjadi Kijang G sebanyak 88 unit.

“Kemudian 2001 ada 94 unit atau kita sebut generasi ke 4. Pada 2004 memang Auto2000 melihat ada kebutuhan untuk daerah-daerah tambang terutama Kalimantan untuk itu ami menggunakan Toyota Dyna. Kalau mobil di tambang jarang keluar jalan ke kota makanya Auto2000 membuat THS Dyna. Jadi di dalamnya ada peralatan service keliling untuk tambang,” jelas Kasiono.

Armada Toyota Home Service (Foto: Santo/Carmudi)

Melompat ke 2014, Auto2000 membuat terobosan baru yaitu dengan menggunakan sepeda motor. Dengan sepeda motor, para mekanik Auto2000 lebih mudah dan cepat untuk melayani pelanggan terutama di perkotaan yang sering dilanda kemacetan lalu lintas.

“Di Jakarta banyak macet menggunakan THS yang pakai mobil pasti pelanggan akan lama menunggu sehingga kita mempunyai THS motor,” tutur Kasiono.

Memasuki 2018 Auto2000 menghadirkan THS premium dengan menggunakan mobil Toyota Fortuner.‎(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts