Kelahiran Honda Brio Baru Sempat Ancam Eksistensi Mobilio
Jakarta – Sebagai model paling murah di keluarga Honda, Brio disiapkan agar memenuhi kebutuhan segmen entry level. Ternyata, kebutuhan mobil 7 penumpang yang cukup tinggi saat itu membuat PT Honda Prospect Motor (HPM) berniat menjadikan Honda Brio baru menjadi mobil MPV murah.
Namun, HPM mengurungkan niatnya tadi karena akan mengancam keberadaan Mobilio. Padahal, cara ini telah digunakan oleh grup Astra dengan menciptakan si kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.
Untuk itu, HPM pun mempertimbangkan soal kapasitas kursi baris kedua supaya tetap lega tapi tidak mengorbankan utilitas penyimpanan di bagasi belakang. Hasilnya, Honda Brio baru memiliki konfigurasi kursi lima penumpang dengan bagasi belakang yang lumayan besar.
“Kita juga sempat berpikir (kursi belakang) Brio dibuat 3 seater apa 2 seater. Lalu mobil sekecil ini apakah bila dibuat 7 seater benar-benar dipakai. Kalau 7 seater akan mengorbankan row kedua,” ujar Jonfis Fandy selaku Marketing and Aftersales Services Director PT HPM saat ditemui di aktivitas Test Drive Honda Brio.
Tidak hanya untuk kebutuhan domestik, HPM juga mengekspor Honda Brio ke beberapa negara diantaranya Filipina dan Vietnam. Padahal, city car ini awalnya hanya dibuat untuk konsumen lokal, khususnya di segmen Low Cost Green Car (LCGC).
Dalam waktu dekat, HPM bakal mengirim Honda Brio generasi kedua ke Filipina dan Vietnam. Ini menandakan bila Brio buatan Indonesia memiliki kualitas memenuhi standar internasional.
“Pengembangan generasi kedua Brio awalnya hanya untuk Indonesia, bukan untuk ekspor. Dari desainnya, Brio row kedua tetap lega dan bagasi tetap lega. Bila ingin yang 7 seater ada Mobilio,” lanjut Jonfis.
Honda Brio Baru Laris Manis
Sekalipun tampaknya penjualan pada trimester pertama 2019 ini kurang bergairah, namun ternyata penjualan Brio tetap kuat. Bahkan, Brio RS ataupun Satya menjadi mobil terlaris Honda dalam dua bulan terakhir. Jonfis menyebut bila penjualan Honda Brio baru naik 12% dibandingkan periode Januari-Februari 2018.
“Honda sendiri cukup baik performance-nya (di segmen LCGC). Brio ini bisa naik 12% dengan penjualan lebih dari 12.700 di Januari dan Februari. Ini merupakan mobil terlaris dalam dua bulan ini,” jelas Jonfis.