Mobil

Kelebihan dan Daftar Harga Honda Jazz 2021 Bekas

Honda Jazz resmi dihentikan penjualannya di Indonesia pada awal 2021. Meski sudah tidak diproduksi lagi, beberapa konsumen di Tanah Air mungkin ingin memiliki mobil tersebut. Satu-satunya pilihan adalah membeli versi bekasnya. Carmudi telah rangkum harga Honda Jazz 2021 bekas.

Honda Jazz sudah digantikan posisinya oleh City Hatchback RS yang diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Maret 2021 dengan status CKD (Completely Knock Down). Dengan demikian, Jazz menghembus nafas terakhirnya pada akhir Februari 2021.

Honda Jazz

Honda Jazz merupakan salah satu mobil hatchback terlaris. (Foto: HPM)

Jika melihat silsilahnya, City Hatchback RS tidak memiliki hubungan dengan Honda Jazz. Garis keturunannya dari Honda City sedan. Tapi, secara keseluruhan, keduanya sama-sama mengusung konsep sporty untuk tampilannya.

Honda Jazz pernah menjadi salah satu mobil hatchback paling laris di Indonesia sebelum dihentikan produksinya. Mobil tersebut mempunyai bentuk yang kompak sehingga menjadikannya mobil pilihan banyak kawula muda.

Jazz sempat mendapat penyegaran pada bagian eksterior dan interiornya yang membuat mobil ini jadi terlihat lebih stylish serta modern dibandingkan dengan model sebelumnya. Untuk mesinnya sendiri, masih sama dengan generasi sebelumnya.

Honda Jazz pun bersaing kuat dengan Toyota Yaris dan Hyundai i20 di kelasnya.

Kelebihan Honda Jazz

Honda Jazz Konsumsi BBM

Kelebihan Honda Jazz. (Foto: YouTube Carmudi)

Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, Honda Jazz juga memiliki kelebihan-kelebihan lainnya. Berikut ini adalah berbagai kelebihan yang dimiliki mobil tersebut sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Ruang Kabin Lega

Kelebihan pertama adalah Honda Jazz mempunyai ruang kabin yang terasa luas. Mobil tersebut memiliki ukuran panjang 3.995 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.524 mm. Mobil ini juga mempunyai jarak sumbu roda 2.530 mm dan ground clearance atau jarak terendah ke tanah 150 mm.

Dengan dimensi tersebut, Honda Jazz dapat memuat hingga lima orang penumpang. Mobil ini juga memiliki head room dan leg room yang luas. Bahkan, dinilai paling luas di kelasnya.

Jazz disematkan fitur ultra seat yang berfungsi mengatur mekanisme kursi duduk mobil tersebut untuk memberikan kelegaan serta kepraktisan ruang penyimpanan secara maksimal di dalam mobilnya.

Honda Jazz memiliki fitur ultra seat. (Foto: Carscoops)

Terdapat empat pengaturan pada fitur ultra seat. Pertama, refresh mode, dimana mode ini dapat membantu pengguna untuk melipat kursi belakang sampai rata dengan lantai mobil.

Dengan demikian, pengguna Jazz bisa menyimpan barang bawaan di dalam mobil ini dalam jumlah banyak, serta dapat ditata dengan rapi. Pengguna juga bisa membawa sepedanya dengan mobil tersebut tanpa harus dibongkar dulu.

Kedua yaitu tall mode. Mode tersebut memudahkan pengguna untuk melipat kursi belakang serta merebahkan bangku penumpang di depan, sehingga tercipta ruang yang panjang.

Pengguna Jazz pun bisa membawa barang yang berukuran cukup panjang, seperti papan selancar atau meja yang ukurannya panjang dengan mobilnya secara mudah.

Ketiga, ada long mode. Dengan adanya mode ini, dudukan kursi baris kedua dapat diangkat ke atas untuk membuat ruang bagasi mobil yang cukup dalam. Pengguna bisa membawa benda berukuran cukup tinggi seperti tanaman tanpa harus dibongkar.

Mode terakhir yakni utility mode. Kursi pengemudi dan penumpang depan dapat direbahkan rata hingga ke dudukan kursi baris kedua. Mode ini berguna bagi pengguna jika ingin beristrirahat dengan tiduran sepenuhnya di dalam Jazz.

Spesifikasi Dimensi Honda Jazz
Panjang3.995 mm
Lebar1.694 mm
Tinggi1.524 mm
Jarak Sumbu Roda2.530 mm
Ground Clearance150 mm

Mesin Cukup Bertenaga dan Irit Bahan Bakar

Mesin Honda Jazz bertenaga, tapi irit bahan bakar. (Foto: Carmudi Indonesia)

Kelebihan kedua yaitu Honda Jazz telah dibenamkan mesin dengan tenaga cukup besar. Mobil tersebut mengandalkan mesin berkapasitas 1.497 cc, 4 silinder yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 118,3 hp pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

Meski tenaga mesin Jazz termasuk cukup besar, namun konsumsi bahan bakar mobil ini sendiri terbilang cukup irit. Jazz menggunakan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) yang cukup berpengaruh pada efisiensi bahan bakar mobil tersebut.

Menariknya, Honda Jazz termasuk salah satu mobil yang mempopulerkan penggunaan transmisi CVT di Indonesia. Transmisi tersebut menggunakan sepasang puli yang dihubungkan oleh sabuk baja.

Rasio gigi bisa sangat luas karena jarak antara pulinya dapat berubah-ubah. Penggunaan CVT ini pun dapat membuat Honda Jazz jadi irit konsumsi bahan bakar karena mesinnya tidak perlu berputar terlalu tinggi untuk melaju kencang.

Ada keuntungan lain dari transmisi tersebut, yaitu pengalaman berkendara dengan Jazz lebih halus karena tidak ada entakan perpindahan gigi.

Berdasarkan pengujian yang pernah dilakukan oleh Carmudi, konsumsi bahan bakar Honda Jazz mencatat angka 11,7 km per liter untuk rute di dalam kota, sedangkan untuk rute di luar kota, angka konsumsi bahan bakarnya adalah 18 km per liter.

Spesifikasi Mesin Honda Jazz
Jenis mesin4 silinder segaris
Kapasitas1.497 cc
Teknologi mesini-VTEC
Tenaga maksimum118,3 hp @ 6.600 rpm
Torsi maksimum145 Nm @ 4.600 rpm
TransmisiCVT
Konsumsi BBM11,7 km/liter (rute dalam kota) dan 18 km/liter (rute luar kota)

Disematkan Fitur Cukup Lengkap dan Canggih

Selanjutnya, Honda Jazz telah disematkan berbagai fitur yang cukup lengkap dan canggih. Sebagai hatchback dengan standar global, harus memenuhi tiga kriteria, yaitu kenyamanan, keselamatan, dan keamanan. Jazz sudah memiliki struktur rangka G-CON + ACE.

Disematkan beberapa fitur keamanan, mulai dari dual SRS front airbags, side impact beam, pedestrian protection, seatbelt adjuster, dan seatbelt 3P ELR dengan pretensioner with load limiter.

Turut disematkan fitur keyless entry, immobilizer, key type berjenis wave type atau smart key, dan fitur alarm system di semua tipe Honda Jazz, kecuali tipe RS CVT limited edition.

Untuk menjamin keamanan pada penumpang usia balita, Honda Jazz juga sudah dilengkapi dengan jok kursi ISOFIX dan tether. Disematkan pula fitur kenyamanan berupa fitur multimedia audio singe din.

Khusus Jazz tipe S dan CVT, terdapat fitur audio double din yang berkualitas. Ada juga layar sentuh (touch screen) seluas 6,1 inci di Jazz tipe RS dan CVT, serta fitur advanced audio-video system 7 inci pada Jazz tipe CVT limited edition.

Pada semua tipe Honda Jazz, sudah dilengkapi dengan layar MID LCD dan auto door lock by speed. Untuk memberikan kenyamanan sempurna bagi pengemudi dan para penumpang, mobil ini disematkan AC double blower agar tidak kepanasan selama perjalanan.

Harga Honda Jazz 2021 Bekas

Honda Jazz

Daftar harga Honda Jazz 2021 bekas. (Foto: Carmudi)

Setelah mengetahui kelebihan-kelebihan yang dimiliki Honda Jazz, rasanya wajar mobil ini termasuk salah satu mobil hatchback terlaris di Indonesia. Jazz menawarkan berbagai kelebihan yang sangat menarik minat para konsumen di Tanah Air.

Dilansir dari situs jual beli kendaraan bekas Carmudi Indonesia, berikut ini daftar harga Honda Jazz bekas.

  • Honda Jazz 2010 berkisar Rp99 sampai 150 jutaan
  • Honda Jazz 2011 berkisar Rp65 sampai 155 jutaan
  • Honda Jazz 2012 berkisar Rp120 sampai 180 jutaan
  • Honda Jazz 2013 berkisar Rp130 sampai 170 jutaan
  • Honda Jazz 2014 berkisar Rp145 sampai 200 jutaan
  • Honda Jazz 2015 berkisar Rp165 sampai 210 jutaan
  • Honda Jazz 2016 berkisar Rp150 sampai 220 jutaan
  • Honda Jazz 2017 berkisar Rp180 sampai 220 jutaan
  • Honda Jazz 2018 berkisar Rp200 sampai 280 jutaan
  • Honda Jazz 2019 berkisar Rp220 sampai 260 jutaan
  • Honda Jazz 2020 berkisar Rp200 sampai 270 jutaan

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts