Reviews

Review All New Honda BR-V 2022: Impresi Eksterior dan Interior

Review All New Honda BR-V kali ini akan mengulas impresi atau kesan yang kami dapat setelah melihatnya secara langsung di Dreams Cafe, Jakarta.

Selain tampilan dan spesifikasi yang berubah, pastinya BR-V generasi kedua juga menyuguhkan pengalaman baru ketika berada di dalam kabinnya.

Singkat kata terkait penampilannya, mobil ini berubah total jadi lebih elegan. Tidak ditemukan adanya kemiripan dengan BR-V generasi pertama.

Review All New Honda BR-V 2022

(Foto: Honda)

Untuk diingat, BR-V sejatinya adalah Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Mobil ini dipasarkan untuk bersaing dengan para rivalnya, seperti Toyota Rush, Suzuki XL7, atau Mitsubishi XPander Cross.

Sudah bukan rahasia, LSUV adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) yang didandani ulang biar terlihat lebih garang. Oleh karena itu mayoritas mobil LSUV masih menyisakan aura MPV.

Hal ini bisa dilihat pada BR-V generasi pertama. Bahkan dulu ada anggapan BR-V tak ubahnya Mobilio ganti baju.

Tapi sekarang kasusnya berbeda. All New Honda BR-V menggunakan basis yang sepenuhnya baru.

Honda ibarat merancangnya lagi dari nol. Oleh karena itu penampilan All New Honda BR-V terkesan jauh lebih fresh.

Walaupun, spekulasi kami mungkin saja nantinya platform All New Honda BR-V juga digunakan pada mobil Honda lainnya.

Eksterior Terlihat Mewah

Review All New Honda BR-V

(Foto: Honda)

Terkait desain All New Honda BR-V kami melihat perubahan ke arah yang lebih mewah dan elegan. Kesan sporty pada generasi lama sudah ditinggalkan.

Setuju atau tidak, wajah All New Honda BR-V lebih mirip Odyssey dibanding produk SUV Honda lainnya, seperti CR-V atau HR-V.

Walau tidak seratus persen sama, tapi kami melihat pendekatan yang sejalan dengan desain MPV premium tersebut.

Bukan hanya dari segi bentuk, melainkan juga finishing pada ornamennya, yaitu krom. Mulai dari gril utama sampai gagang pintu semuanya menggunakan warna krom.

Penggunaan warna krom memang cara paling cepat untuk membuat mobil jadi terlihat lebih mewah, tapi sayang musimnya sudah lewat.

Di samping itu, ornamen krom juga bukan selera semua orang. Untungnya penggunaan warna krom pada eksterior mobil ini porsinya masih wajar.

(Foto: Honda)

Masih dari sisi penampilan, nampak lampu-lampu All New Honda BR-V sudah mengikuti zaman dengan penggunaan LED untuk DRL dan lampu utama.

Sedangkan lampu kabut LED baru bisa ditemui pada varian E ke atas.

Bergeser ke samping, proporsi bodi mobil terlihat pas dan cukup jangkung dari permukaan tanah. All New Honda BR-V punya ground clearance 220 mm yang artinya naik 19 mm.

Adapun dimensi keseluruhan mobil ini ialah P 4.490 mm x L 1.780 mm x T 1.685 mm dengan wheelbase 2.700 mm. Semua sisi mobil ini melar dibandingkan generasi sebelumnya.

Kebetulan, mobil yang kami jumpai adalah varian tertinggi alias Prestige CVT with Honda Sensing.

Itu artinya sektor kaki-kaki menggunakan pelek berukuran 17 inci seperti halnya juga varian Prestige non Honda Sensing. Sementara untuk varian S dan E menggunakan pelek lebih kecil, yaitu 16 inci.

Impresi Berada di Bangku Pengemudi

Impresi Berkendara BR-V

(Foto: Carmudi)

Untuk mobil sekelas BR-V mayoritas pemilik masih mengendarainya seorang diri. Oleh karena itu suguhan di balik lingkar kemudi patut mendapat banyak perhatian.

Mulai dari akses masuknya. Walau kini BR-V lebih jangkung, tapi ketinggian lantai interior masih wajar. Tidak terlalu tinggi seperti yang bisa dirasakan pada Rush.

Pada varian Prestige joknya sudah menggunakan bahan kulit begitu juga dengan lingkar setir.

Saat berada di bangku pengemudi, posisi duduk relatif rendah untuk ukuran LSUV. Kecuali Anda mengatur jok di ketinggian maksimum.

Walau begitu, rasa commanding masih tetap ada. Hal ini terlihat dari posisi garis jendela yang masih berada di bawah bahu kanan kami.

Jok pengemudi bisa diatur empat arah ditambah recline dengan cara manual. Kemudian, kami sempat berharap adanya kejutan ketika berusaha mengatur posisi lingkar setir.

Berharap lingkar setir All New Honda BR-V sudah mendukung pengaturan telescopic, namun ternyata masih sebatas tilt alias naik turun.

Hal ini bisa dimaklumi untuk mobil sekelasnya walau sudah diadopsi Xpander Cross.

Bangku pengemudi All New Honda BR-V sendiri tergolong nyaman. Dimensinya lebar sehingga menopang tubuh dengan baik.

Interior Depan BR-V 2022

(Foto: Honda)

Berdasarkan pengamatan, desain headrest mendapat revisi dengan bentuk yang lebih condong ke depan.

Perubahan kecil ini patut diapresiasi karena kepala tidak terlalu mendongak ketika bersandar. Terasa rileks sekaligus pemandangan ke arah depan tetap terjaga.

Rasa nyaman saat berkendara kini juga ditunjang handrest berbahan kulit di antara jok depan.

Posisi handrest pada mobil ini terasa pas. Karena ada sebagian mobil yang handrest depannya justru terlalu rendah atau terlalu ke belakang, tapi tidak pada All New Honda BR-V.

Sementara untuk siku tangan kanan bisa bersandar di lekukan door trim yang kebetulan juga dilapisi bahan kulit khusus untuk bagian ini.

Selebihnya, door trim masih didominasi bahan plastik. Begitu juga dengan dasbornya.

Namun, untuk dasbor ada sedikit bahan kulit di sisi penumpang depan yang dikombinasikan dengan warna piano black.

Dasbor BR-V 2022

(Foto: Honda)

Bicara fitur, di sisi ini Anda akan menjumpai AC digital dan head unit layar sentuh 7 inci. Di bawahnya ada sumber tenaga berupa dua buah lubang USB dan satu power outlet 12V.

Desain panel instrumen mobil ini baru dengan tambahan layar TFT di tengah-tengahnya.

Sedangkan lingkar kemudi diisi tombol audio steering di sisi kiri dan cruise control serta fungsi-fungsi Honda Sensing di sebelah kanan.

Bangku Baris Kedua Juga Tambah Mewah

Bangku Tengah BR-V 2022

(Foto: Honda)

Secara keseluruhan All New Honda BR-V memiliki kapasitas penumpang 7-seater.

Salah satu keunggulan bangku baris tengah mobil ini ialah adanya tiga buah headrest adjustable. Hal ini tidak dimiliki oleh Xpander Cross dan XL7.

Pada generasi terbaru ini pun bangku baris kedua BR-V turut dilengkapi handrest. Persis seperti dua rivalnya tersebut. Tinggal Rush saja yang belum memiliki fitur ini.

Terlepas dari hal tersebut, jok tengah All New Honda BR-V bisa diatur maju mundur ditambah juga pengaturan recline.

Ruang kepala bukan masalah bahkan untuk awak redaksi yang memiliki tinggi badan 180 cm. Sementara untuk ruang kakinya tergolong wajar.

Untuk aspek kenyamanan, ada AC double blower yang memang sudah wajib tersedia pada mobil tiga baris bangku.

Penumpang di bangku tengah juga kebagian satu buah power outlet 12V yang posisinya berada di konsol tengah. Kemudian setiap penumpang pun masing-masing mendapatkan sabuk pengaman tiga titik.

Mencoba Bangku Baris Ketiga All New Honda BR-V

Bangku Baris Ketiga BR-V 2022

(Foto: Carmudi)

Dalam review All New Honda BR-V kali ini, kami tak lupa turut mencoba rasanya duduk di bangku baris ketiga.

Akses menuju ke bangku paling belakang tergolong mudah. Karena bangku tengah bisa dilipat hanya dengan satu tarikan tuas yang posisinya berada di sisi samping jok.

Posisi bangku baris ketiga tidak dapat diatur maju mundur. Tapi untungnya masih bisa recline walau rebahnya tidak terlalu banyak.

Untuk ruang yang tersedia dapat dilihat sendiri pada foto di atas. Anggota tim redaksi Carmudi yang ada di foto tersebut memiliki tinggi badan 180 cm.

Rasa duduk di bangku baris belakang masih tertolong dengan adanya headrest adjustable.

Baris Ketiga Honda BR-V

(Foto: Carmudi)

Penumpang di bangku belakang ini pun kebagian satu buah power outlet 12V yang berada di dekat jendela sebelah kanan.

Penumpang di bangku belakang juga masing-masing mendapatkan sabuk pengaman tiga titik.

Pelipatan Bagasi Rata Lantai

Bagasi BR-V 2022

(Foto: Honda)

Pada generasi ini akhirnya bagasi BR-V bisa dilipat rata lantai. Menyaingi kepraktisan yang lebih dulu ditawarkan rivalnya, yaitu Xpander Cross dan XL7. Lagi-lagi, tinggal Rush yang belum mengadopsinya.

Untuk melipatnya, pengguna tinggal menarik tali yang berada di belakang bangku baris ketiga.

Kalau mau lebih lega lagi tinggal lipat juga baris tengahnya. Maka mobil ini akan menyediakan ruang kargo yang sangat besar dengan permukaan relatif rata.

Kesimpulan Review All New Honda BR-V 2022

Honda BR-V 2021

(Foto: Honda)

Honda BR-V jelas berubah banyak dari generasi sebelumnya. Aspek kenyamanan meningkat dan kepraktisannya pun bertambah.

Soal desain yang menjadi lebih elegan tergantung selera orang yang menilai.

Namun yang pasti All New Honda BR-V memberi banyak kelebihan. Apalagi sekarang LSUV ini juga dilengkapi fitur keselamatan aktif Honda Sensing.

Pada aspek performa juga ada pengembangan. Kini BR-V menggendong mesin 1.500 cc yang telah mengadopsi teknologi DOHC.

Mesin yang identik dengan milik City Hatchback tersebut dapat menghasilkan tenaga tertinggi 119,3 hp (121 ps) serta 145 Nm.

Pabrikan menyediakan opsi transmisi CVT dan manual 6-kecepatan.

Hanya saja pabrikan belum membeberkan harga All New Honda BR-V. Dengan begitu belum diketahui jelas posisinya dalam peta persaingan LSUV yang makin memanas saat ini.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts