HomeReviewsKonsumsi BBM Suzuki XL7, Irit Berkat Mesin Ertiga

Konsumsi BBM Suzuki XL7, Irit Berkat Mesin Ertiga

Promo Suzuki
Konsumsi BBM Suzuki XL7 dinilai irit. (Foto: Carmudi/Dimas)

Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Suzuki di Indonesia telah resmi meluncurkan XL7 pada Februari 2020 kemarin. Mengusung mesin yang sama dengan Ertiga dan Jimny, berapa konsumsi BBM Suzuki XL7?

Suzuki XL7 ini dibenamkan mesin tipe K15B dengan kapasitas 1.500 cc, 4 silinder, DOHC, MPI, VVT. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 103,3 hp pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Di sisi lain, mesin XL7 ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Selain itu, Suzuki XL7 memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 45 liter agar bisa dibawa berkendara dalam jarak jauh.

Konsumsi BBM Suzuki XL7

Berdasarkan pengujian Suzuki XL7 varian Alpha AT yang dilakukan oleh reviewer Carmudi, mobil tersebut memiliki tingkat konsumsi BBM 12,7 km per liter dengan jarak pengetesan 350 km.

Rute yang diambil merupakan rute kombinasi dalam kota, tol, idle saat pengambilan gambar, jalanan macet, dan tes akselerasi.

Selain itu, XL7 juga mencatat angka konsumsi ECO driving sebesar 22,4 km per liter dengan jarak pengetesan 90 km. Rute yang diambil adalah tol dengan kecepatan maksimal 90 km per jam.

Dengan demikian, Suzuki XL7 memiliki konsumsi bahan bakar sangat irit di kelasnya. Ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki mobil tersebut.

Bagi yang sedang mencari mobil medium SUV (Sport Utility Vehicle) dengan konsumsi BBM irit, XL7 bisa menjadi pilihan tepat. Sebagai informasi, konsumsi bahan bakar Suzuki XL7 mirip seperti Ertiga karena memang dibenamkan mesin yang sama.

Akselerasi Suzuki XL7

Test drive Suzuki XL7 ala komunitas pengguna Ertiga. (Foto: Carmudi/Dimas)

Masih berdasarkan sumber yang sama, dari 0 sampai 60 km per jam, Suzuki XL7 bisa melesat dalam waktu 5,8 detik, sedangkan dari 0 hingga 100 km per jam, mobil tersebut mencatat angka waktu 12,6 detik.

Selain itu, saat melaju di kecepatan 40 sampai 80 km per jam, XL7 mencatat waktu di angka 5,2 detik, dan pada kecepatan 0 hingga 402 meter, mobil ini dapat melesat dengan catatan waktu 19 detik.

Jika dibandingkan dengan Ertiga, akselerasi Suzuki XL7 dinilai masih di bawahnya. Selain karena rasio dan setting-an output mesin yang diubah pabrikan, XL7 juga memiliki beberapa body kit serta penggunaan pelek berukuran besar membuat akselerasinya jadi lambat.

Namun, XL7 ini tetap terasa nyaman dibawa berkendara. Perlu diketahui, mobil tersebut memiliki kecepatan maksimal berkisar 170 km per jam.

Menghitung Konsumsi BBM

Terdapat dua cara untuk menghitung konsumsi BBM mobil, yaitu dengan menggunakan trip meter di cluster dan cara full to full.

Jika ingin mendapatkan angka konsumsi BBM yang akurat, disarankan untuk menggunakan cara full to full. Caranya pun dinilai mudah.

Sebelumnya, Carmudian perlu mencatat angka kilometer terakhir. Kemudian, Carmudian bisa mengisi bahan bakar mobilnya sampai penuh.

Lalu, kendarai mobil tersebut sampai indikator bahan bakarnya mau habis. Jika sudah, Carmudian isi bahan bakar mobilnya lagi hingga penuh.

Jangan lupa untuk mencatat berapa liter yang dibutuhakan dan kilometer terakhir setelah mengisi bahan bakar. Carmudian sudah bisa menghitung konsumsi BBM-nya; kilometer terakhir dikurangi dengan kilometer awal.

Misal, kilometer awal adalah 148.900 dan kilometer terakhir 149.756. Carmudian bisa menghitung 149.756 dikurangi 148.900 dan hasilnya adalah 856 km.

Kemudian, angka 856 tersebut dibagi dengan jumlah bahan bakar yang diisi terakhir hingga penuh. Misal, 856 km dibagi 37,5 liter. Hasilnya adalah 22,8 km per liter untuk konsumsi BBM dengan jarak tempuh 856 km.

Teknik Berkendara ECO Driving

Teknik berkendara ECO driving dengan mobil Suzuki. (Foto: Carmudi/Dimas)

Saat ini, masih banyak pengemudi yang mengeluhkan konsumsi bahan bakar mobilnya boros. Sebagian besar dari mereka tidak menyadari bahwa gaya mengemudinya yang menjadi salah satu penyebab utama konsumsi bahan bakar mobilnya jadi boros.

Sebenarnya, terdapat berbagai cara untuk menghemat konsumsi bahan bakar mobil, salah satunya dengan menerapkan teknik ECO driving saat berkendara.

Ada beberapa cara untuk berkendara ECO driving. Berikut Carmudi rangkum dari berbagai sumber.

  1. Mengurangi penggunaan Air Conditioner (AC) yang berlebihan
  2. Memanaskan mesin dengan tepat, yaitu berkisar 3 menit
  3. Mengurangi akselerasi dan deselerasi
  4. Memperhatikan tekanan udara ban
  5. Jangan membiarkan mesin menyala saat idle (kondisi diam)
  6. Tidak membawa muatan yang melebihi daya angkut mobil
  7. Menghindari tempat parkir yang illegal agar tidak melalui jalan macet

Spesifikasi Suzuki XL7 2020

Suzuki XL7 dan Ertiga
Suzuki XL7 yang dinilai mirip dengan Ertiga. (Foto: Carmudi/Dimas)

Dimensi dan Eksterior Suzuki XL7

Dari segi dimensi, Suzuki XL7 memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.710 mm. Menggunakan platform yang mirip dengan Ertiga, mobil ini memiliki wheelbase 2.740 mm.

Meski terlihat sama, XL7 mengusung spesifikasi yang cukup berbeda dengan Ertiga. Pada bagian depan, terdapat gril berwarna hitam serta krom yang memanjang dari bagian kiri sampai kanan.

Selain itu, di bagian bawahnya, disematkan garnish dengan kelir berwarna silver. Turut disematkan lampu depan yang sudah mengadopsi lampu LED serta DRL berwarna putih dan bergaya kekinian.

Tidak ketinggalan, lampu ini sudah disematkan fitur auto ON. Pada bagian belakang, sekilas terlihat mirip dengan Ertiga di bagian buritan.

Namun, bumper belakang di bagian bawah dan pintu belakangnya sedikit berbeda dengan adanya aksen krom.

Interior Suzuki XL7
Interior Suzuki XL7. (Foto: Ilustrasi)

Interior Suzuki XL7

Untuk bagian interior XL7, terlihat tidak berbeda dengan interior Ertiga. Bagian dasbornya pun sama di antara kedua mobil tersebut dengan adanya AC yang bisa diatur secara digital pada bagian tengah.

Perbedaannya terletak pada aksen kayu di dasbor Ertiga, sedangkan XL7 menggunakan bahan karbon. Tidak ketinggalan, terdapat juga fitur Smart E-Mirror yang hanya disematkan pada XL7 varian Alpha.

Fitur Suzuki XL7

Di bagian fitur, Suzuki XL7 dinilai memiliki fitur kemananan yang cukup lengkap. Fitur keamanannya mulai dari sasis atau platform.

Seperti diketahui, Suzuki XL7 sudah mengandalkan platform HEARTEC yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan dengan mengusung bodi ringan. Selain itu, terdapat juga Hill Hold Control untuk menahan rem saat mobil berada di jalanan tanjakan.

Tidak hanya itu, XL7 turut dibenamkan berbagai fitur keselamatan, salah satunya airbags atau kantong udara sebanyak 2 buah untuk melindungi pengemudi dan penumpang yang duduk di depan.

Di sisi lain, mobil ini menggunakan struktur bodi yang terbuat dari NVA dan tect bodi. Kedua fitur tersebut bisa membuat sasis lebih senyap serta mencegah kerusakan parah jika mobil mengalami kecelakaan atau tabrakan.

XL7 juga sudah dibekali dengan sistem pengereman Electronic Brake Distribution (EBD) yang dapat mencegah mobil ini jadi oversteer atau understeer.

Harga Suzuki XL7 2020

Bagi yang tertarik membeli mobil ini, Carmudi telah rangkum daftar harga XL7 On The Road (OTR) Jakarta berdasarkan situs web resmi Suzuki Indonesia sebagai berikut.

  • Zeta M/T Rp232 juta
  • Zeta A/T Rp242,5 juta
  • Beta M/T Rp248,5 juta
  • Beta A/T Rp259 juta
  • Alpha M/T Rp258,5 juta
  • Alpha A/T Rp269 juta

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Suzuki XL7, Punya Fitur Rahasia yang Jarang Diketahui

Mengemudikan mobil
Previous post
Tetap Tenang, Ini Cara Aman Mengemudikan Mobil di Sekitar Truk
Low MPV Hyundai
Next post
Low MPV Hyundai Buatan Indonesia Bernama Staria?