Berita

Mazda Berniat Luncurkan 13 Mobil Listrik Hingga 2025

Tokyo – Hampir semua pabrikan otomotif mulai fokus menggarap mobil listrik, seperti yang dilakukan Mazda saat ini. Pabrikan asal Jepang itu sudah memiliki rencana akan meluncurkan 13 mobil listrik hingga 2025 mendatang. ‘

Diberitakan Japantimes, Jumat (18/6/2021), Mazda Motor Corp menyebutkan dari ke-13 mobil listrik yang akan dihadirkan, tiga di antaranya merupakan kendaraan listrik murni, lima kendaraan berteknologi hybrid, dan lima Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Mobil Listrik Mazda

Platform Mazda PHEV (Foto: Mazda)

Peluncuran dari semua model tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan. Fokus utama penjualannya ke beberapa pasar ASEAN, Jepang, Eropa, Amerika Serikat, dan China.

Model-model tersebut dibangun menggunakan platform terbaru Mazda Skyactiv Multi-Solution Scalable Architecture dan sistem hybrid milik Toyota ke dalam beberapa model.

Mazda juga mengatakan akan mengembangkan platform khusus untuk kendaraan listrik dan direncanakan digunakan ke beberapa model keluaran 2025 sampai 2030.

Pabrikan mobil premium itu juga melakukan pengembangan kendaraan listrik secara mandiri menggunakan teknologi yang dibuat Mazda, bersama Toyota dan Denso Corp. Demikian penyataan yang pernah disampaikan oleh Ichiro Hirose Senior Managing Executive Officer belum lama ini.

Ambisi Mazda tersebut merupakan upaya perusahaan untuk mencapai target, di mana seperempat dari model yang dipasarkan menggunakan tenaga listrik pada 2030.

Mazda CX-30 EV

Mazda CX-30 EV (Foto: Paultan)

Mobil Listrik Pertama Mazda

Menandai perjalanan perdana Mazda di segmen elektrifikasi, perusahaan memperkenalkan mobil listrik MX-30 pada 2019 bersamaan dengan ajang Tokyo Motor Show.

Mobil ramah lingkungan tersebut telah dipasarkan ke beberapa negara, seperti Eropa, Amerika Serikat, dan lainnya.

Mazda MX-30 memiliki desain pintu yang unik berkonsep suicide door atau dikenal juga dengan sebutan pintu bunuh diri.

Tampilan eksterior dari mobil asal Jepang itu tampak sederhana, namun terlihat begitu indah dan memberikan kesan kokoh.

Mazda MX-30

Mazda MX-30 (Foto: Motoring)

Interiornya tampak begitu mewah dengan konsol apung dan bahan unik yang dirancang untuk memberikan nuansa lembut dan nyaman.

Sejauh ini belum diketahui pasti apakah Mazda MX-30 akan masuk pasar Indonesia atau tidak.

Mobil Otonom

Selain fokus kepada mobil listrik, rupanya Mazda juga tengah mengembangkan kendaraan otonom (tanpa sopir). Rencannya mobil otonom pertama Mazda akan diluncurkan tahun depan.

Dikabarkan mobil otonom milik Mazda dilengkapi dengan sistem self-driving Level 2 yang mampu mengendalikan kemudi, pengereman, dan akselerasi secara otomatis.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts