HomeBeritaMeluncur 2021, Daihatsu Rocky Diduga Sedang Uji Jalan

Meluncur 2021, Daihatsu Rocky Diduga Sedang Uji Jalan

Daihatsu Rocky Uji Jalan di Indonesia
Daihatsu Rocky diduga sedang uji jalan di Indonesia (Foto: Instagram/@Indra_Fathan)

Jakarta – Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan penampakan mobil SUV kompak yang tengah melintas di jalan raya. Tidak sedikit yang menduga bahwa mobil tertutup stiker kamuflase berwarna putih itu adalah Daihatsu Rocky yang sedang uji jalan di Indonesia.

Foto penampakan Daihatsu Rocky diunggah oleh akun Instagram @indra_fathan. Selain foto, pemilik akun juga menuliskan bahwa SUV kompak tersebut diperkirakan sedang berada di wilayah Tanjung Priok, dekat pabrik sekaligus kantor pusat PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Platnya juga putih merah tipikal buat mobil tes. Dari foto ini, yang kelihatan di unit tes ini ada handle pintu, pilar A, spion, desain pelek. Dan kalau lihat ada segitiga atas itu buat antena shark fin,” tulis akun tersebut.

Dirinya juga menyebutkan, kemungkinan besar saudara kembar dari Toyota Raize ini bakal diproduksi di dalam negeri.

Itu artinya Daihatsu Rocky akan menjadi model pertama dengan paltform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang diniagakan di Indonesia.

Daihatsu Rocky Dipastikan Meluncur Tahun Depan

Rumor masuknya Daihatsu Rocky ke Indonesia sebenarnya sudah beredar sejak awal 2020 dari penyataan Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani.

“Daihatsu Rocky produk kedua dari DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang akan disebut Rocky A-SUV, direncanakan akan diperkenalkan di Indonesia pada 2021,” ungkap Ashitani dalam kata sambutannya di acara Daihatsu National Technical Skill Contest 2020, Februari lalu.

Daihatsu Rocky Uji Jalan di Indonesia
Interior Daihatsu Rocky (Foto: Daihatsu)

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Rocky punya tiga fitur utama dan paling baru yang dimiliki oleh Daihatsu.

“Pertama, platform DNGA, hal yang baru untuk pasar luar negeri kami. Kedua, transmisi D-CVT, CVT yang digerakkan oleh sabuk dan roda gigi pertama di dunia, dan ketiga teknologi keselamatan yang canggih,” terangya.

Kendati sudah dapat dipastikan meluncur tahun depan, namun Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM masih menutup rapat keran informasi jadwal peluncurannya.

“Sampai saat ini saya belum bisa memberitahukan, nanti pada waktunya pasti akan Daihatsu informasikan,” ucapnya dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual, Juni lalu.

Spesifikasi Singkat Daihatsu Rocky

Di Jepang, Daihatsu Rocky dibekali mesin 1.0 liter berkonfigurasi tiga silinder segaris DOHC, intercooler turbo dengan hasilan tenaga sebesar 96 Hp/6.000 Rpm dan torsi maksimal 140 Nm/4.000 Rpm.

Panjang mobil ini sekira 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm dengan wheelbase 2.525 mm.

Daihatsu Rocky uji jalan di Indonesia
Tampilan belakang Daihatsu Rocky yang akan meluncur pada 2021 (Foto: Paultan)

Rocky dibangun menggunakan platform DNGA dan telah dilengkapi dengan teknologi keamanan Smart Assist System untuk menghindari tabrakan. Teknologi ini pula lah yang menjadikan Rocky sebagai kendaraan dengan tingkat keselamatan tertinggi.

Selain itu, Rocky juga memiliki desain yang tangguh, kabin interior luas, kemampuan manuver yang handal, sehingga mobil ini cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Daihatsu Indonesia Akui Permintaan Rocky Sangat Luar Biasa

Previous post
Pandangan Penjualan Mobil Honda Sampai Akhir 2020
Next post
Honda Anggap Kehadiran Mobil Listrik Belum Tepat