Berita

Menebak Posisi Pajero Sport Buatan Lokal

Jakarta – Di 2017 pasar kendaraan SUV akan semakin panas dengan kehadiran Pajero Sport hasil rakitan lokal yang akan meluncur bulan ini. Mitsubishi Indonesia memang tak main-main, selain melakukan restrukturisasi unit bisnisnya, juga menyiapkan beberapa varian baru hasil pabrik barunya.

Yang paling ditunggu adalah kemunculan small MPV, namun yang menarik juga dalam hal ini adalah kemunculan Pajero Sport produksi lokal. Bahkan kabarnya Pajero sport rakitan lokal dalam line up akan menjadi varian tertinggi dengan penambahan fitur baru.

Osamu Iwaba General Manager Mitsubishi Motor Corporation, Marketing Division Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sempat mengatakan. Pihaknya akan membawa varian yang lebih canggih dengan penambahan fitur safety (keamanan).

Pajero Sport

Pajero Sport akan diproduksi lokal. Foto/Carmudi Indonesia.

“Mobil ini akan kami luncurkan pada saat pembukaan pabrik bulan April 2017. Dan akan menjadi top of the line dari portfolio Pajero Sport,” jelas Osamu beberapa waktu lalu.

Ya strategi ini memang sangat dibutuhkan untuk membuat model yang lebih kompetitif menghadapi Toyota All New Fortuner dan Chevrolet Trailblazer.

Varian Pajero Sport Lokal Bernama Dakar Ultimate?

Seperti diketahui varian paling tinggi Pajero Sport yang ada saat ini adalah Dakar dengan kelengkapan fitur keamanan berkendara yang cukup. Seperti 2 airbag untuk penumpang dan pengemudi, Hill Start Assist, Trailer Stability Assist dan Stability Control.

Untuk varian baru yang diproduksi lokal kabarnya akan menjadi varian di atas Dakar, ini artinya fiturnya akan semakin lengkap. Bisa saja hal ini untuk mensiasati harga Pajero Sport tak ada penurunan harga meskipun di produksi di Indonesia.

“Harga dipengaruhi beberapa faktor, bukan hanya sekadar produksi dipindahkan. Tapi juga ada fitur, apakah fiturnya ditambah atau ada penambahan aksesori dari model standarnya. Itu menjadi pertimbangan dalama perhitungan kita untuk menentukan harga,” jelas Head of MMC Sales Group MMKSI, Imam Choeru Cahya.

Bila akan dilengkapi fiturnya untuk menjadi varian diatas Dakar dimungkinkan Mitsubishi akan menambahkan jumlah airbag menjadi 6 buah. Selain itu juga fitur Lane Departure Warning System (LDWS) yang tak terlalu sulit diaplikasikan pada mobil kelas ini.

Tak menutup kemungkinan fitur lain yang belum ada di Dakar juga akan disematkan seperti Panic Brake Assist, Traction Control System, Lane Departure Warning. Ada juga Forward Collision Alert, Side Blind Zone Alert, Hill Descent Control, Tire Pressure Monitoring System.

Pajero Sport

Foto yang beredar di dunia maya yang disinyalir Pajero Sport bikinan lokal. Foto/Istimewa.

Dan yang paling mengejutkan adalah muncul gambar berupa foto yang disinyalir adalah Pajero sport buatan lokal. Pada bagian belakang terdapat tulisan Untimate tepat di bawah tulisan Dakar.

Saat ini untuk varian Dakar ada 2 yaitu Dakar 4×2 AT dibanderol Rp 496 juta serta Dakar 4×4 AT dibanderol Rp 623 juta. Memang bedanya sangat jauh yaitu sekitar Rp 127 juta. Ini akan menjadi pertanyaan selanjutnya mengenai harga.

Bila akan di taruh di atas Dakar dan harga bersaing Mitsubishi harus memilih salah satu. Yang paling ideal adalah posisinya diantara keduanya, dari segi harga sudah pasti akan bersaing ketat. (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/