Berita

Mobil Baru Maret 2021, Honda City Hatchback hingga Wuling Almaz RS

Mobil baru kembali berdatangan di Indonesia sepanjang Maret 2021. Ini menandakan bahwa Agen Pemegang Merek (APM) mobil di Indonesia mulai percaya diri bahwa industri otomotif akan bangkit. Terlebih, pemerintah menerbitkan kebijakan relaksasi PPnBM untuk mobil 1.500 cc, demi pertumbuhan ekonomi nasional dan menumbuhkan minat masyarakat membeli mobil baru.

Setidaknya ada lima mobil baru yang meluncur pada Maret 2021. Semuanya datang dari tiga merek mobil yang berbeda, ada Honda, Mazda, dan Wuling.

Mobil Baru Maret 2021

Honda City Hatchback RS, mobil baru yang meluncur diawal Maret 2021 (Foto: Carmudi)

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar mobil baru yang masuk ke Indonesia sepanjang Maret 2021.

Honda City Hatchback RS

Diawali dengan kadatangan Honda City Hatchback RS pada 3 Maret 2021. Versi hatchback dari City ini hadir untuk menggantikan saudaranya, yaitu Jazz yang telah lama merasakan ketatnya persaingan di industri otomotif dalam negeri.

Bila dibandingkan dengan Jazz, City Hatchback RS punya fitur melimpah dan terdepan. Beberapa fitur yang menjadi unggulan, seperti Remote Engine Start, One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition, Multi-Angle Rear View Camera, hingga Ultra Seat.

Selain itu eksterior Honda City Hatchback RS dikemas lebih stylish dan beraroma sporty.

Mobil Baru Maret 2021

Harga Honda City Hatchback resmi diumumkan (Foto: Carmudi)

Di sektor jantung pacu, mobil baru ini dibekali mesin 1.5L 4 silinder segaris DOHC, drive by wire, i-VTEC. Tenaga yang dikeluarkan mencapai 119 hp pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.

Terdapat enam pilihan warna eksterior yang bisa dipilih oleh konsumen, di antaranya Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan Meteoroid Gray Metallic.

Harga Honda City Hatchback RS

  • City Hatchback RS M/T (manual) Rp289 juta
  • City Hatchback RS CVT (otomatis) Rp299 juta (OTR Jakarta)

Mazda CX-5 dan Mazda CX-9

Kurang lebih satu minggu kemudian atau tepatnya pada 9 Maret 2021, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) meluncuran dua mobil baru sekaligus. Keduanya adalah Mazda CX-5 tipe GT dan Mazda CX-9 tipe AWD.

Mazda CX-5 Model Lama

Ada Mazda CX-5 facelift, model lama sudah tidak tersedia di diler (Foto: EMI)

Perubahan yang terjadi dikedua mobil asal Jepang itu tidak terlalu banyak, kendati demikian membuat keduanya kini tampil lebih segar.

Mazda CX-5 tipe GT mendapat ubahan pada sektor eksterior, meliputi pembaruan pada pelek, dan mesin mendapat tambahan teknologi cylinder deactivation .

Interiornya lebih premium berkat pemasangan aksen “metal woods” di beberapa bagian. Kemudian, head unitnya tampil baru dengan layar 8 inci ditambah fitur smartphone integration seperti Wireless Apple Carplay dan Andoid Auto. Head unit terhubung ke sistem audio premium BOSE dengan 10 speaker.

Ada pula penambahan baru di fitur keselamatan atau Active Safety Technology, seperti Active Driving Display (head-up display), Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

PT EMI menawarkan Mazda CX-5 GT dengan harga Rp555,8 juta OTR DKI Jakarta.

Mazda CX-5 dan Mazda CX-9

Mazda CX-9 AWD mendapat penyegaran (Foto: EMI)

Sementara Mazda CX-9 tipe AWD mendapatkan tambahan fitur berupa paddle shift, wireless smartphone charger dan sistem koneksi nirkabel Apple CarPlay, serta sistem audio BOSE 12 buah speaker.

Tambahan lain, jok berlapis Nappa Leather berwarna Brown, dan pelek 20 inci.

Tak ketinggalan ada pula penambahan pada fitur keselamatan seperti Blind Sport Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS) dan Driver Attention Alert (DAA).

Mazda CX-9 tipe AWD terbaru dibanderol Rp998,8 juta OTR Jakarta.

Wuling Confero S terbaru (Foto: Carmudi)

Wuling Confero S dan Wuling Almaz RS

Wuling Confero S dan Wuling Almaz RS meluncur dalam waktu yang berbeda, Wuling Confero S meluncur pada 10 Maret 2021.

Confero S menawarkan desain bumper depan dan grille baru, lampu utama mengusung aksen baru serta Daytime Running Light (DRL).

Dari sisi interior, mobil China ini hadir dalam nuansa gelap dengan aksen jahitan merah.

Wuling Almaz RS (Foto: Wuling)

Mobil ini dibanderol mulai Rp169,8 sampai Rp191,3 juta

Wuling Almaz RS meluncur 29 Maret 2021 dengan beragam pembaruan seperti, penyematan teknologi WISE dan beragam sentuhan baru, mulai dari aksen two-tone, wireless charging pad, built in air ionizer, dan head unit baru. Serta beberapa tombol tambahan pada lingkar kemudi.

SUV medium ini dibanderol mulai Rp340,8 sampai dengan Rp354,8 juta.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts