Home » Berita » Mobil Terlaris Suzuki Sepanjang Juni 2020, XL7 Diposisi Kedua

Mobil Terlaris Suzuki Sepanjang Juni 2020, XL7 Diposisi Kedua

Bodi samping Suzuki XL7. (Foto: Carmudi/Dimas)

Jakarta – Memasuki Juni 2020 kinerja penjualan ritel mobil baru mulai menunjukkan peningkatan cukup signifikan bila dibandingkan dengan periode Mei 2020. Peningkatan penjualan turut dirasakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki di Indonesia.

Pabrikan berlogo ‘S’ itu menilai peningkatan penjualan mobil baru dikarenakan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah sehingga kegiatan masyarakat berangsur-angsur pulih. Selain itu, daya beli masyarakat mulai menunjukkan peningkatan setelah sebelumnya menunda untuk membeli mobil baru.

“Banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas. Tapi sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih. Selain itu, penggunaan mobil pribadi menjadi alternatif untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19,” ungkap Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam keterangan resminya, Selasa (21/7/2020).

New Carry Pick Up menjadi kontribusi terbesar penjualan Suzuki sepanjang Juni 2020. Mobil yang bermain di segmen komersial itu berhasil menyumbang 56,8% dari total penjualan Suzuki di Juni. Kemudian diposisi kedua ditempati oleh XL7 sebesar 13,5%, lalu diposisi berikutnya ada Ertiga yang juga turut mendongkrak peningkatan pangsa pasar dengan kontribusi 12,1%.

Model Suzuki lain seperti SX4 S-Cross, Baleno, Jimny dan Ignis memberikan kontribusi 10,1% dari total penjualan Suzuki di bulan ke enam 2020.

“Pangsa pasar Suzuki secara ritel naik dari 12,9% di bulan Mei menjadi 14,1% di bulan Juni,” terang Donny.

New Suzuki Carry menyelamatkan penjualan Suzuki bulan Oktober 2019. (Foto: Carmudi).

Permintaan Mobil Pikap Meningkat

Sejak diberlakukanya PSBB Transisi di wilayah Jakarta, permintaan mobil jenis pikap mengalami pertumbuhan. Imbasnya, cukup dirasakan oleh New Carry Pick Up. Dimana mobil  andalan Suzuki itu berhasil meraih penjualan lebih tinggi ketimbang kendaraan penumpang.

Kemunculan UMKM yang membutuhkan kendaraan operasional, serta kegiatan logistik dan pengiriman yang meningkat menjadi faktor utama permintaan mobil pikap begitu tinggi. Selain itu, dukungan dari perusahaan leasing juga mempengaruhi pembelian mobil.

Donny mengungkapkan kalau kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi.

“Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL7. Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah memilih produk Suzuki selama 50 tahun keberadaan Suzuki di Indonesia. Kami akan terus mendampingi masyarakat dengan menyediakan mobil berkualitas dan sesuai kebutuhan,” tutup Donny.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Hyundai Kona Electric
Previous post
Bakal Masuk Indonesia, Penjualan Hyundai Kona Electric Sudah Lebih 100 Ribu Unit
Porsche Taycan segera mengaspal di Indonesia
Next post
Porsche Taycan Mobil Paling Inovatif di Dunia, Kok Bisa?