Modifikasi

Modifikasi Mitsubishi L300 Bikin Makin Keren, Berapa Kisaran Biayanya?

Modifikasi terhadap Mitsubishi L300 ternyata cukup banyak dilakukan agar jadi semakin keren dan stylish.

Modifikasi ini dilakukan seakan menjawab pertanyaan, siapa bilang mobil pick up tidak bisa keren?

Kalau peruntukannya masih sesuai, rasanya mobil komersial ini masih bisa terkena sentuhan modifikasi.

Bagi sebagian orang, Mitsubishi L300 hanya dianggap sebagai mobil bak biasa yang diperuntukkan membawa barang.

modifikasi l300

Tapi di mata sebagian orang, Mitsubishi L300 ini bisa menjadi kanvas untuk bahan modifikasi dengan aliran tertentu.

Apalagi untuk wilayah luar Jakarta seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, hingga pulau lain di Indonesia.

Gaung mobil ini ternyata juga sangat besar, terutama di kalangan komunitas. Banyak pemilik yang kerap melakukan modifikasi pada mobil satu ini.

Di artikel ini kami akan mencoba membeberkan informasi mengenai hal apa saja yang dapat terkena sentuhan modifikasi dari L300 ini.

Modifikasi Cat Mitsubishi L300

Salah satu cara melakukan modifikasi Mitsubishi L300 yang cukup mudah adalah dengan menggunakan warna-warna terang atau ngejreng.

Banyak para pemilik truk yang mengandalkan warna terang seperti kuning, hijau, biru muda, hingga kuning stabilo.

Komunitas Mitsubishi L300

(Foto: Mitsubishi)

Walaupun bagi sebagian orang terdengar aneh dan tidak masuk akal, tapi harus diakui kalau warna-warna tersebut sudah banyak digunakan lho.

Coba sesekali Anda tengok berbagai event modifikasi khusus truk, tentu warna-warna tersebut dapat dengan mudah ditemui.

Jika Anda berniat melakukan modifikasi, penggunaan cat dengan warna cerah bisa jadi inspirasi nih, ya.

Kaki-kaki Dibuat Ceper

Selain mengandalkan warna-warna ngejreng atau terang, modifikasi L300 ini juga bisa dilakukan dengan cara membuat mobil ini merendah atau ceper.

Emangnya cocok mobil bak dibuat jadi ceper? Tentu cocok dong. Banyak yang mengira mobil ini akan terlihat jelek kalau diceperin.

Padahal, mobil ini juga punya potensi jadi keren kalau kaki-kakinya dibuat jadi pendek seperti modifikasi yang banyak dilakukan sedan.

modifikasi l300

Tapi Carmudian juga harus ingat, kalau mobil yang akan dimodifikasi ini tujuannya hanya untuk show car alias mobil kontes saja.

Kalau dipaksakan bekerja mengandalkan kaki-kaki yang sudah dipendekkan, tentu akan mengurangi kemampuan utamanya.

Untuk melakukan hal tersebut Anda cukup mendatangi bengkel spesialis kaki-kaki untuk memangkas ground clearance supaya jadi pendek.

Bahkan ada juga beberapa mobil yang dibekali dengan suspensi udara supaya bisa mengatur titik rendah dan tinggi mobil.

Wuih, keren ya!

Pasang Bodykit

Cara lain untuk melakukan modifikasi pada Mitsubishi L300 bisa dengan menancapkan aksesoris berupa bodykit.

Bodykit merupakan suatu add-on atau tambahan yang disematkan pada bagian eksterior dengan tujuan memberikan tampilan lebih agresif.

Umumnya aksesoris ini digunakan untuk meningkatkan tampilan maupun menambah aerodinamika mobil saat berjalan.

Namanya mobil komersial, tentu fungsi utamanya adalah dijadikan pekerja membawa muatan pada bagian baknya.

Tapi tidak salah juga kalau mobil ini menggunakan bodykit layaknya mobil sport yang banyak ditemui saat kontes.

Kalau mobil tersebut akan digunakan untuk balap lurus atau drag, penggunaan bodykit tentu akan berpengaruh besar.

Sebab, penggunaan bodi tambahan ini bisa memperkecil aliran angin yang masuk ke bagian bawah mobil.

Material yang sering digunakan untuk pembuatan bodykit pun beragam, pemilik hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan.

Pakai Pelek Keren 

Tren yang banyak diikuti oleh para pelaku modifikasi L300 adalah menggunakan pelek-pelek keren pada mobilnya.

Banyak pemilik yang menancapkan pelek aftermarket maupun pelek dari mobil lain supaya mobilnya terlihat makin keren.

Misalnya menggunakan pelek dengan profil lips yang lebih lebar dan disertai penggunaan ban yang sesuai konsep yang diusung.

Lalu, pelek seperti apa yang kira-kira cocok dipakai pada L300 ini, ya? Jika mengusung konsep elegan bisa memilih pelek motif monoblok.

Kalau tujuannya untuk mengejar ala racing, pelek dengan jumlah palang tipis-tipis bisa menjadi pilihan Carmudian.

Modifikasi Interior dan Sound System L300

Nggak cuma sektor eksterior aja yang bisa terkena sentuhan modifikasi, interior dari mobil bak ini juga bisa dibuat makin keren.

Misalnya dengan mengubah tampilan interior menjadi lebih mewah dan juga elegan seperti mobil modifikasi pada umumnya.

Banyak pemilik yang mengubah interior mobil bak ini menjadi berubah 180 derajat dengan warna-warna nyentrik.

Baca juga: Ribuan Anggota Komunitas Mitsubishi L300 Ramaikan Kopdarnas di Yogya

Contohnya jok dibuat seperti sofa, head unit pakai model layar sentuh, setir diganti, sampai penambahan sunroof.

Umumnya mereka yang melakukan modifikasi pada interior L300 turut memberikan sentuhan audio system yang ‘hedon’.

Malah ada juga beberapa orang yang memenuhi bagian bak belakangnya dengan audio system supaya semakin ramai.

Penggunaan audio pada bak belakang ini biasanya banyak diperuntukkan untuk modifikasi audio dengan konsep SQ, SQL, ataupun SPL.

Sektor Mesin 

Modifikasi lain yang bisa dilakukan tentunya menyasar sektor dapur pacu yang ada pada Mitsubishi L300.

Sekadar informasi, Mitsubishi menanamkan mesin berkode 4N14 dengan kapasitas 2.268 cc, 4 silinder, common rail, VGT turbocharger pada generasi terbaru L300.

Jantung pacu tersebut dikatakan mampu memproduksi tenaga 98 hp dengan torsi maksimum 200 Nm.

Mesin diesel yang sudah mengantongi standar emisi Euro4 ini bisa dibilang memiliki potensi yang sangat besar untuk dibuat kencang.

Tapi ini adalah mesin terbaru yang saat ini digunakan pada L300. Kalau mesin versi lama tenaganya lebih kecil dari yang ada saat ini.

Versi mesin lama menggunakan mesin berkapasitas 2.477 cc, 4 silinder, SOHC, 16 katup bertenaga 86 hp dengan torsi maksimum 201 Nm.

Jika melihat speknya, versi mesin barunya di atas kertas sangat mudah terkena sentuhan modifikasi.

Misalnya dengan mengganti piping, intercooler, atau bahkan memperbesar ukuran turbo hingga boost yang dikeluarkan bisa membuat mobil jadi lebih kencang.

Tak heran kalau banyak orang yang melakukan ubahan pada sektor mesin supaya bisa lebih bertenaga dibanding bawaan pabriknya.

Biaya Modifikasi L300

Nah, sekarang kita bahas mengenai kisaran biayanya, yuk.

Kira-kira bisa habis berapa ya untuk melakukan modifikasi pada L300 ini?

Jawabannya tergantung dari konsep dan penggunaan komponen yang dipilih oleh sang empunya mobil.

Sekitar 1.000 Anggota Komunitas Mitsubishi L300 Ramaikan Kopdarnas di Yogyakarta

(Foto: Mitsubishi)

Menurut penelusuran kami, untuk melakukan modifikasi mobil bak seperti ini tentu bisa keluar uang hingga puluhan juta rupiah.

Tapi tak sedikit juga mereka yang rela merogoh kocek untuk melakukan modifikasi hingga biayanya ratusan juta rupiah.

Semakin rumit modifikasinya, biaya yang dibutuhkan biasanya juga akan lebih banyak dan mahal.

Apalagi modifikasi yang dilakukan meliputi semua sektor mulai dari eksterior, interior, kaki-kaki, hingga mesin.

Kesimpulan 

Untuk melakukan modifikasi pada mobil komersial yang satu ini sebenarnya sah-sah saja dan lumrah dilakukan.

Namun sebelum melakukan langkah modifikasi, tentukan dahulu peruntukan dari mobil ini ke depannya. 

Jika Anda masih membutuhkannya untuk menyokong bisnis dengan menjadikan mobil pick up ini sebagai angkutan barang ringan, maka lakukan modifikasi yang bisa menunjang kinerjanya.

Baca juga: Pengakuan Konsumen Pilih Mitsubishi New Colt L300, Kepincut Performa

Kodratnya mobil ini dilahirkan sebagai teman pekerja yang mampu meringankan pemiliknya untuk menambang uang.

Sebelum melakukan modifikasi, pastikan Anda sudah memiliki konsep yang akan diusung pada mobil berpintu dua ini.

Walaupun komponen subtitusinya banyak, tetapi jika tak memiliki arahan yang jelas maka modifikasi yang dilakukan tidak akan bagus dilihat.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

 

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts