Berita Sumber informasi

Nissan Indonesia Beri Sinyal Akan Luncurkan Beberapa Produk Baru di 2018

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Nisan dan Datsun telah lama “puasa” rilis model baru ke pasar Tanah Air. Sekedar mengingatkan NMI terakhir kali meluncurkan Datsun GO hatchback pada Agustus 2014, sedangkan untuk produk baru Nissan yang terakhir yaitu city car, March yang diluncurkan pada Februari 2017.

Setelah sekian lama tak menghadirkan produk baru dengan alasan ingin memperluas jaringan dan mengedepankan pelayanan kepada pelanggan. Akhirnya tahun ini NMI memutuskan untuk mengakhiri “puasa” dengan meluncurkan model baru.

Sebagai pembuka, NMI sudah meluncurkan Datsun Cross pada Kamis (18/1/2018). Sebelum resmi meluncur, NMI telah memperlihatkan versi konsepnya dengan nama GO-Cross di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

“Kabar bagus dari Nissan Motor Indonesia puasanya sudah mulai diakhiri. Sudah mulai buka puasa kemarin kami sudah luncurkan Datsun Cross,” ujar Davy J Tuilan Vice President Director of Marketing and Sales, di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Setelah Datsun lanjut Davy pihaknya juga akan mendatangkan model baru untuk Nissan, namun jenis dan modelnya masih dirahasiakan.

“Datsun sudah Nissan-nya sudah ada (model baru) cuma kan seperti biasa kita belum bisa share. Yang pasti meluncur tahun ini. Jadi saya belum bisa share kapan tapi yang jelas kita tahun ini akan agresif. Jadi puasanya sudah selesai, sekarang mulai buka puasa yaitu mulai dari Cross yang berikutnya Nissan cuma saya enggak bisa share detail,” papar dia.

Strategi Nissan Datsun di 2018

NMI berpatokan pada tahun fiskal (April-Maret) sehingga belum bisa menetapkan secara bulat strategi yang akan dijalankan tahun ini. Seperti produsen otomotif lain, untuk merangsang penjualan strategi yang biasa disiapkan adalah menghadirkan produk baru dan melebarkan jaringan.

“Pertama ya yang jelas product action sudah terbukti dari kemarin yang dibuktikan Datsun Cross, kedua jaringan penjualan. Produknya baru berikutnya dealer, itu menandakan kita sangat agresif di 2017,” terang Davy.

Namun dirinya belum bisa menjelaskan secara rinci berapa dealer yang bakal diresmikan tahun ini, sebab masih direncanakan dan dikumpulkan.

“Karena itu kan di drive dari target penjualan, untuk target penujalan tahun fiskal 2018 kan belum kita susun, nanti dari situ akan kita turunin semua sampai ke jumlah oulet,” tambah dia.

Sementara itu terkait lokasi pendirian diler, pihaknya juga masih belum bisa membeberkannya. Ketika ditanya apakah NMI berencana melebarkan jaringan di pinggir-pinggir kota, Davy menjawab pihaknya telah memiliki beberapa diler di pinggir kota.

“Sebenarnya jaringan penjualan di pinggir kota lebih untuk memastikan layanan after sales kepada konsumen Nissan Datsun yang ada di pinggir kota. Jadi mereka enggak perlu 3 sampai 4 jam nyari bengkel terdekat. Pembukaan dealer di pinggir kota kita akan lihat sesuai kebutuhan units in operation (UIO) dari masing-masing wilayah,” pungkas Davy. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts